Senin, 16 Mei 2011

Ngekos, Siapa Takut??? ^_-

Senin, 16 Mei 2011
Hadeh, kalau kuliah kenapa musti jauh dan kenapa musti ngekos??
Mungkn sebagian anak berfikir seperti itu. Atau malah yang seperti ini?
Huaaaa azeekk ngekosss bisa jauh dari orang tuaaa hahaha

OK. Saya akui. Pertama saya memang berfikiran yang poin ke dua. Dasar pikiran nakal, hehe. Ngga juga ding. Dulu pikirnya enak jauh dari orang tua karena saya pengen latihan mandiri. Bukan apa-apa lho, jangan berfikir yang macam-macam. Gini-gini saya bukan tipe anak yang pengen dimanja terus (emang dirumah, ente dimanja? hehe). Sekarang sih, ngekos ya biasa aje tuh...*dengan nada sombong

Ehm gini kawan-kawan. Bagi yang memiliki pikiran seperti di atas, baik yang kesatu maupun kedua, mari kita bahas satu-satu.

Yang pertama, kuliah jauh dan ente harus ngekos.
OK. Jadilah kita mahasiswa ato mahasiswi yang jauh dari orang tua. Biasanya yang punya paradigma ini semester satu rengek-rengek pengen pulang, terus pas pulang ke rumah malah pengen balik lagi ke kosan (loh?). beda sama yang kedua. Sok-sokan kuat tapi malah ntar pengen pulang aje. Alasannya homesik, hahaha.

Tapi tenang saja, masalah ini hampir bisa diatasi saat kita menyelesaikan studi tahun pertama. OK.

Inget aja temenmu yang bahkan ga pulang tuh selama studi di sana. Ada lho, yang habis wisuda baru pulang (ogah kalo gitu). Saya aja masih syukur bisa pulang tiap lebaran dan libur semester. Ada teman saya yang bahkan lebaran pun ga pulang (sedih, ga dapat angpao, hehe)

OK. Kita bahas kehidupan anak kosan sekarang. Walo kita hidup tanpa orangtua (secara teknis maksudnya), jangan harap itu seenak yang dibayangkan pikiranmu sebelumnya.
Wah enak nih bisa keluyuran setiap hari
Wah enak nih bisa tiduran ato maen tanpa dimarahi

Sebetulnya kebebasan itu menyenangkan, tapi jika dirasa, kok kita jadi kangen ya di rumah? Ada yang marahi, terus kalo telat bangun dibangunin, makan disiapin. Di sini boro-boro. Telat bangun ya kesian geto, makan ga makan ya terserah, mau ngapain juga terserah, ga ada yang merhatiin.

Ehm. Disinilah kita mulai mematangkan diri kita sendiri. Kita harus menjadikan diri kita dewasa. OK. Mungkin yang seperti saya, harus memaksa diri untuk dewasa sebelum waktunya (curhat ni ceritanyeee).
Hoi STOP! Ini kan bahas kosan, cui, kenapa topiknya jadi melenceng gini??

Haha.. iya iya maapkeun. Ehm. Tadi bahas apaan ya? OK. Tentang ngekos. Jangan ngurungin niat buat kuliah di beda kota karena ga mau ngekos, ya?? Jangan pandang sebelah mata dulu apa arti ngekos itu. Jabarin atu-atu yaa...
# melatih mandiri
Yups pastinya dengan hidup sendiri kita bisa mandiri. Yang dulu maem harus disiapin, sekarang harus cari sendiri. Bahkan kalo mau, kita bisa latih skill memasak kita lo, hehhe. Terus yang biasanya nyuci pake mesin cuci, bisa tuh latian nyuci konvensional alias pake tangan. Kalo lagi males ato sakit ato sibuk ya nyobain kali-kali loundry lah, ngerelain uang makan buat nyuci, hehe.
# manajemen keuangan
Dengan ngekos, kita seakan-akan punya kehidupan rumahtangga sendiri nih. Dengan ngekos kita bisa ngira-ira uang bulanan yang dikirim itu harusnya dipakai gimana? Terus kalo yang beasiswa, harus nabung juga buat jaga-jaga kalo beasiswanya ga turun-turun.
# koskeeping
Maksudnya plesetan dari housekeeping. Menjaga rumah. Huhu, kalo di rumah pasti suruh bersih-bersih. Nyuci piring lah, nyapu lantai lah, ngepel lah... nah. Berhubung saya sudah terbiasa, ya ngga papa. Yang belum terbiasa, pastikan kosan anda bersih dan rapi. Kalo ada yang maen ke kosan tapi kosan berantakan kan gimana, hayoo (saya banget, pas ada temen mau main pasti pas kosan berantakan, hehe)

Eh, kayaknya aspek ini bersangkutan sama kemandirian ya?

OK. Sebenarnya inti ngekos ya itu aje menurut saya. Dan lagi, kita juga bisa melatih tatakrama hubungan atarmanusia yang bukan keluarga. Di kosan kan kita tinggal sama orang yang mungkin dulu belum saling kenal, kan? Nah dengan ngekos bareng ini rasa kekeluargaan bisa tumbuh lo. Mereka adalah keluargamu kalo ngekos bareng. Jangan lupa buat sekedar say hello ataupun tukeran makanan kalo habis mudik, hehehe.

OK. Masih ga mau ngekos?? Kebangeten deeeuuhh... padahal kan ini juga jadi bekal (berupa pengalaman) untuk kita berumahtangga nanti, hehehe (duile pikirannyaa). OK. See yaaa.....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

mau bertukar pikiran?:D

アイサ の ノート © 2014