Kamis, 31 Desember 2015

Halo 2016, Bye 2015 :)

Kamis, 31 Desember 2015
Halo. Hari ini akhir desember, yang juga akhir tahun 2015. Pada intinya, tahun ini saya banyak mengalami perubahan. Alhamdulillaah, ke arah yang positif. awal tahun dari januari sampai maret merupakan masa yang suram. Iya, suram banget. Meni galau we tiap hari mikirin TA yang enggak selesai selesai. Dan pada akhirnya, saya gak bisa lulus bulan maret. Patah hati karena sesuatu yang salah (hahaha) juga terjadi di bulan ini. Ceritanya ya karena denger gosip gitu tentang seseorang. Hah dasar aku mah apa jarang ikut ngerumpi makanya gak tau apa-apa. Ehm. Balik lagi ke awal. Singkat cerita, akhirnya dengan dukungan orangtua yang ngebelain sampai datang ke bandung buat support saya, “kamu pasti bisa nak nyelesain TA kamu”, dan akhirnya saya berani lagi ngehadap ke dosbing yang bahkan selama lebih dari enam bulan saya gak bimbingan. Iya. Saya gak tau kenapa bisa setakut itu sama dosbing saya. Tapi pada akhirnya saya bersyukur bertemu dengan beliau. Dari beliau saya belajar banyak tentang cara mengadapi orang dengan lebih rasional haha. Juga, saya dapat ilmu berharga banget mengenai cara menulis laporan dengan baik dan benar. Serius. Saya gak bohong. Dan pada akhirnya saya menyesal. Kenapa gak dari dulu ajaaa gue ngadepin hal kayak giniii. Terlalu cemen saya mah. Jiker dipelihara. Iya jiker. Jiwa kerdil. Dengan penuh perjuangan, akhirnya saya sidang tanggal 12 juni 2015. Sidang berjalan lancar, dan revisi juga alhamdulillah lancar. Dan saya wisuda tanggal 1 agustus 2015. Lima tahun kurang dua hari dari pertamakali resmi jadi mahasiswa, akhirnya saya lulus juga. 

Bulan agustus masih euforia. Masih di kosan, main main, tapi udah mulai lamat lamar pekerjaan lewat online. lewat jobfair juga, tapi belum ada panggilan.pada akhirnya, pertengahan september saya dikabari oleh teman saya kalau ada lowongan di konsultan yg dikepalai oleh kakak tingkat angkatan 2007. Singkat cerita, saya masuk ke konsultan tersebut hanya dengan mengirim cv dan datang langsung ke studio nya di alamanda, lalu bercakap sebentar dengan kak 2007 itu. Deal kalo mau jadi karyawan tetap, kemudian mulai kerja deh. udah. Segampang itu. Haha. Tapi ternyata, menjalani nya engga mudah. kalau diambil positifnya sih ya, di sini saya jadi belajar banyak hal. Sekali lagi. Buaaaaannnyyaaaakkk haaalll. Mulai dari bikin daftar isi di laporan, sampai urusan e-faktur dan e-billing. Teman yang tadi merekomendasikan saya, serta ada kakak satu angkatan 2008 akhirnya resign akhir oktober. Sebelumnya mereka bilang ke saya, dan saya juga berniatbuat resign, tapi orang tua saya menentang. Duh mak serius aku kalut waktu itu. Kalutbanget. Antara gak suka, rasa bersalah, sama takut campuradukjadisatu. Dan akhirnya saya bilang ke kak 2007 kalo saya pengen pulang. Ke solo. Saya gak bisa akktif selama seminggu, jadi lebih baik jadi frilens aja. saya kemudian pulang seminggu. Seminggu kemudian, pas sampai studio, ada anak baru ternyata. Cowok, anak unpad, buat ngurus administrasi. Ada juga cewek satu orang buat anak laporan. Total nya ada tujuh orang sekarang. Tugas jadi lebih ringan. Jauuh lebih ringan. Tapi tetep deadline banyak, yang serignya gak manusiawi. Yah namanya juga lagi bulan sibuk. Lagi, bulan november selesai pada akhirnya. Kemudian, kakak yang unpad tadi bawa teman dua orang buat bantu bantu juga. Anak peta, bawa teman juga satu orang. Mereka multifungsi lah bisa diandelin (banget!). Dan kemudian, kebahagiaan bisa dirasakan. Saya merasa teman-teman yang sekarang baiiiiiiiiiiiiiiiiikkkkkk baaaaannnggggeeeeettttttttt. Jujur, selain beban kerjaan yang berkurang, hal yang bikin saya bahagia di tahun ini adalah bertemu dengan orang-orang di kantor ini. Saya merasa jadi kembali ke diri saya beberapa tahun yang lalu, yang ceria, yang (kadang) bisa protes walau masi jiker dan cari aman haha. Saya belajar menjadi dewasa, belajar cara menghadapi orang, dan cara bergurau dengan orang. Bahkan ya, di sini kami galau galauan bersama haha.

Tapi, karena rasa senang ini, saya jadi takut kehilangan mereka. Karena suatu kondisi. Serius. Saya takut banget. dari mereka saya belajar banyak. Saya merasa dihargai. Saya merasa bahwa mereka percaya saya, kalau saya bisa diandalkan. Saya udah gak pernah percaya diri sama kemampuan diri sendiri dari SMA sampe kuliah, bisa jadi percaya diri sekarang. Saya yang dulunya bicara dikit banget dan tertutup banget, bahkan sama sahabat saya sendiri, sekarang sudah lebih terbuka. Banyak yang terjadi di 2015 ini. Banyak yang jadi pembelajaran berharga. Banyaak banget. Tapi yang pasti, di tahun ini saya belajar banyak, belajar mengenai diri saya sendiri.

Buat orang tua, kakak, saudara, teman cantik, teman manis, teman yang suka begadang, teman yang gak tau teman atau bukan (?), kamu (hayoh siapa), kakak-kakak, teman yang tak terlihat (hah?), dan teman-teman lainnya, terimakasih untuk satu tahun ini. Ini tahun yang ruarr biasaaaa ^^9. Semoga tahun 2016 menjadi tahun yang lebih baik, apapun tujuan dan keinginan kalian, dimanapun berada, dengan visi misi yang berbeda, bismillaah. Bismillaah. Semoga bisa menjadi lebih baik, aamiin. 
アイサ の ノート © 2014