Selasa, 17 Mei 2011

GEMA ITB: Untuk Senyum Anak Negeri

Selasa, 17 Mei 2011
 Assalamu’alaikum warahmatullaahi wabarokaatuh! Hehee. Sekali-kali pake salam, karena kali ini saya mau cerita tentang kegiatan yang saya dan beberapa orang alami di acara dua GEMA ITB kali ini. Ok, simak yaaa ^_^

Selasa, 17 Mei 2011

Hari ini untuk pertama kalinya saya mengunjungi Rumah Belajar Sahaja. Walaupun saya adalah kru internal, ngga papa kan sekali-kali ngikut kru acara dua?? Hehe. Ok. Rumah Belajar Sahaja ini sendiri terletak di Cimahi, jadi harus ngangkot dulu dari Salman, ke Stasiun Hall, terus naik kereta ke Cimahinya.

#karena saya masih pertamakali ke sana, jadinya ya~ saya kagok begitu~ lagian saya juga ga pintar maen sama anak-anak (haduh, calon ibu yang bagaimana ini ???). Jyahaa~

#Ok, labil-labilan dikit yak. Mau cerita yang agak ngeri dikit lah tadi di dalam kereta, aahaii

”Rahma, aku belum pernah naik kereta, ini,” si Lili anak SITH dan anak internal (satu divisi dengan saya) curhat.
”Ga papa, nyantai aja~” keren juga ini anak. Baru naik kereta pertama udah naik yang ekonomi. Harga tiketnya serebu rupiah lo, haaa. Lebih murah dari ongkos naik angkot ITB-StHall yang duarebu perak ^o^

Pas naek kereta, ya...bisa ditebak lah pasti rame banget. Saya berdiri, dan si Lili dapat duduk. Tapi setelah berhenti sekali, kami berenam (yang Akhwat) alhamudulillah dapat duduk semua. Yang ikhwan beda gerbong (jadi ga bisa yei ane ngeliput yang ikhwan *tapi siapa yang mau diliput sama ente?). pedagang sesliweran terus. Dari yang “Tahu tahu... sapuluh tiga rebuu,” sampai yang, “Upin ipin... dua rebu,”

Dan pengamen juga bejubel. Dari yang ngamen duet sama minta sumbangan, sampai ada mbak-mbak (yang sebenarnya mas-mas) yang karokean. Disinilah hal mengerikan itu terjadi.
“Ape lu tadi?” si mbak-mbak tadi tiba-tiba ngamuk. Siiingg....tiba-tiba (lagi) kereta yang tadi penuh pengamen yang teriak dan pedagang yang ribut mendadak diam.
“Kalo gue emang banci lo mau ngapain?”
Sreekk..bajuku ditarik seseorang. Fiuh. Itu si Lili.
“Rahma....takut, itu kenapa?” haduh, bisa-bisa habis ini dia phobia naek kereta nih.
“Udah, ga papa, diem aja,”
Si mbaknya marah karena dikatain banci sama anak yang masih SMP kelas tiga ato SMA kelas satu lah. Cowok, dan si mbak nya yang semula suaranya lumayan bagus (agak cewek) langsung keluar suara lakinya.

#aduh beneran ini kayak di tipi tipi dah. Inget si Aming pas jadi banci terus suara bass nya keluar. Miriiip banget. Bedanya ini kejadian nyata dan jaraknya cuma tiga meter di depan saya. Siapa yang ga syok, juga??

Akhirnya setelah ada pedagang lain menghampiri dan menenangkan, si mbak mau pergi juga. Sempet ngelepas sepatunya mau dilemparin tuh ke anak tadi. Ngeri. Dan saat dia pergi ngejauh pun sempet tuh naikin kakinya mau nendang kepala si anak (haduh maaf bahasanya agak vulgar). Dan yang bikin ga nahan, si mbaknya pake rok mini (~-_-)~ ga kebayang haduh, syululululu~

#OK. Kembali ke topik awal. Menggalaunya sampai di sini, xixixi.

Memang apa sih kegiatan anak-anak Acara dua di Rubel (Rumah Belajar) ini? OK. Saya tulisin jarkomnya ya:
[ITB PEDULI~GEMA ITB 2011]
Assalamu’alaikum.wr.wb.. akhwat” tangguh, tak terasa ternyata SUPERTALKSHOW kita akan berlangsung beberapa hari lagi, itu artinya adik” kita dari Rumah Belajar SAHAJA (Sahabat Anak Jalanan) Cimahi, akan segera menunjukkan hasil kreativitas mereka di depan seluruh pemuda penggerak bangsa..bagi kaka” yang berkenan meluangkan waktunya untuk membimbing adik” jalanan membuat kreasi mereka, ditunggu ya, Selasa (besok), 170511, di kortim salman pukul 07.15..be there ya..^^

#wahh...jarkomnya panjang banget. Dan, memang ga di singkat kata-katanya ^_^
OK. Apa yang hari ini diperbuat oleh kru acara dua? Agendanya sih ngajarin mereka bikin kerajinan dari botol bekas dan latihan nyanyi juga.

#ehm OK saya akui, disini saya gabut... syululululuuu~

Nyampai juga akhirnya di Rubel Sahaja setelah melakukan ’perjalanan yang agak mengerikan’. Adek-adeknya masih muka-muka innocent tapi kebiasaan mereka ngga innocent (tapi mereka sopan-sopan lo, cuma punya kebiasaan buruk yang masih dalam tahap dihilangkan, contohnya ngrokok sama ngelem). Sedih, huhuhu, melihat kenyataan yang mereka alami, dan juga ikut ngebayangin apasih yang telah mereka jalani selama ini.

”Saya kabur dari rumah karena bapak pilih kasih,” Anak yang bernama Bayu berbicara di depan handycam saat diminta menceritakan keadaannya dulu.
Si Bayu ini ga tahan sama keadaan keluarganya. Dia tinggal di rumah bareng ayah dan ibu tirinya. Nah, si ibu tiri bawa anak, dan si bapaknya lebih sayang ke anak tiri daripada si Bayu ini. Sedih~
”Asalnya dari mana, Bay?”
”Dari Semarang,”
Buset daahh...
”Kesini naik apa? Kok bisa sampai sini??” penasaran nih, dan ini masih direkam. Bayangkan, dia kabur dari rumah saat dia kelas tiga eSDe, sekarang dia udah 16 tahun. Anak sekecil itu, bisa sampai Bandung (tepatnya Cimahi), sendiri??
”Ya...saya minta surat jalan ke polisi. Bilang aja saya kepisah sama orang tua, terus bilang asalnya dari Bandung. Nah, pak Polisinya ngecek, ternyata emang ada yang kehilangan anak tapi di Cimahi. Terus ya udah saya bisa sampai sini,”
#keluarga broken home. Jadi ngeri~

Kenyataan lain yang ada di tipi-tipi sering dilihat,kan, anak jalanan sering ngelem, ya Allah, saya ngelihat sendiri bagaimana si anak-anak itu sangat terbiasa dengan yang namananya lem Aibon. Astaghfirullah.
”Sekarang mah udah berkurang ngelemnya,” si Emo juga cerita pas direkam.
”Alhamdulillah...” kami serentak bilang hamdalah.
”Alhamdulillah saya sudah berhenti ngelem,” yang satunya cerita lagi, Marvel.
”Alhamdulillaaaaaaahhhh,” hamdalahnya makin kenceng.

#Selain ngasah ketrampilan seperti itu, kami dari GEMA ITB juga mengajari sholat dan mengaji. Di sini tadi saya ketemu sama kak Ipit, mahasiswi dari UPI. Kak Ipit (dan rekan-rekan) ini dari Upi juga punya anak asuh di rumah belajar Ciroyom.

Oiyaaa.... nanti di acara puncak GEMA ITB, yang SUPERGREAT TALKSHOW itu lho, nah, disini anak-anak dari Rubel Sahaja akan menampilkan sebuah pertunjukan nyanyi dengan lagu bikinan mereka sendiri. Saya sudah ndengerin mereka nyanyi langsung dan..... KEREN!!!!!!!!!

Uwaaaaa lagu mereka baguuuuusussss kereeeeeennnnn bangeeeettttt pokoknya harus ndengerin mereka nyanyi! Wajib!!!!! Makannya, datang ya di SUPERGREAT TALKSHOW, Minggu, 22 Mei 2011, hehe #sekalian promosi

OK. Cerita sampai di sini. Pembinaan anak jalanan ini jadwalnya emang selesai setelah GEMA berakhir, tapi anak-anak acara dua pengen pembinaan ini dilakukan selamanya #hahaha, agak lebai seh, maksudnya semampunya ^_^
OK. Great job buat anak-anak Acara Dua (Internal juga hehe), dan kadiv Ikhwan (Alam-FMIPA) serta kadiv Akhwat (Nden-FITB), kalian semua memang hebat. Semoga rangkaian acara GEMA ITB baik acara satu maupun acara dua dan kinerja divisi yang lain-lainnya juga berjalan dengan lancar, amin. OK. Sekian. ^_^
Wassalamu’alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

mau bertukar pikiran?:D

アイサ の ノート © 2014