Selasa, 03 Mei 2011

Hal-hal yang bisa dilakukan mahasiswa, tapi (hampir) ga bisa dilakuin anak SMA

Selasa, 03 Mei 2011
Huaaaa kali ini saya akan membahas kegiatan-kegiatan mahasiswa yang agak acakadul dan kehidupan di kampus.
Yang bisa dilakukan mahasiswa nih, tapi dari sisi negatif yak, :P
a.           Nitip absen
Hayuuu ngakuuu kakak-kakak mahasiswa, siapa yang pernah ngelakuin ini? NGAKU! Hahaha maksa banget. Alhamdulillah, sampai detik ini saya belum pernah nitip absen. Ada teman saya yang pernah nitip, tapi say atolak mentah-mentah. “ga takut sama Allah, apa?” bodoh. Hem… tapi kalau kalian ngertiin dengan konteks ‘toleransi antar teman’, terserah yei. Prinsip ada di tangan masing-masing.
Pernah suatu kejadian, kelas cuma keisi setengah, eh, absennya penuh -,- aneh ngga sih kalau kejadiannya seperti itu? Heu heu. Ehm, biasanya ada juga dosen yang ngabsennya dipanggil satu-satu. Jadi jangan berharap ada yang bisa nitip absen.

b.          Bobok di kelas
Ini nih. Saya hamper pernah ngelakuin. Xixi. Tugas mahasiswa seringkali menyita waktu sampai tengah malam. Hem. Inilah salah satu sebab mahasiswa tidur di kelas. Ada dosen yang cuek ajah kalau ada mahasiswa tidur di kelas, tapi ada juga yang agak sensi kalau ada mahasiswa yang ga merhatiin pelajaran alias tidur.

Ehm. Asal tau aja, dosen lebih seneng kita tidur di kelas daripada kita ramai dan bikin kelas gaduh. “Daripada ramai, anda lebih baik tidur, kasihan teman anda yang ingin memperhatikan, atau anda absen saja terus keluar, saya juga tidak masalah,” dosen KPIP saya sering bilang begitu gara-gara kelas saya rame.

c.           Telat (dalam artian yang berlebihan)
Huaaa siapa yang hobi telat?? Saya. Hahaa.
Pertama kali masuk duluuuu sekali, jam enam sampai jam setengah tujuh paling telat, kelas udah ramai. Tapi sekarang jam tujuh aja, kelas setengahnya pun belum terisi.
Ehm, di kuliah emang absensi ga ketat seperti pas SMA. Coba dulu. Pas hari senin, telat aja kekunci di luar, terus harus minta surat keterangan dari BP juga. Sekarang sih toleransi tergantung Dosen. Ada yang matok, maksimal datang 15 menit dari jam utama, ada yang harus tepat waktu, kalau telat kurang dari 15 menit absen dihitung setengah, dan ada yang ngasih kelonggaran bisa masuk kapan saja asal ga berisik.
Hemm... pastiin masuk sesuai keinginan dosen saja kalau begitu. Saya aja kalau hari senin dari kosan jam tujuh lebih lima, sampai kelas jam tujuh lebih seperempat, dosennya belum datang. Heuuu.... begitulah.

d.          Ngrokok di lingkungan kampus
Ehm. Kalao pas SMA sih ga mungkin dilakuin. Mau dapet skorsing? Mau nginep di ruang BK karena ini? Hoho. Sekarang di kuliah anda BEBAS merokok. Syaratnya cuma satu: anda boleh merokok, tapi asapnya jangan sampai masuk ke hidung orang lain. T_T sayangnya hal ini kurang diperhatikan oleh mahasiswa khususnya anak-anak Teknik di ITB ni. Ayolah, hargai orang lain. Bahaya perokok pasif lebih tinggi dari perokok biasa.
e.           Mbolos yang ekstrim
Ini nih. Setiap mata kuliah, diwajibkan kehadiran minimal 80%. Dan ada beberapa yang sebenarnya kurang dari itu, nitip absen mulu. Bahkan ada teman saya yang ga pernah masuk kelas (beneran!) dan tau-tau nongol pas UTS dan absennya penuh (aga penuh juga sih). Aneh nyaaa...


Ok teman-temaaaan... jangan tiru kebiasaan mahasiswa yang jelek ini yaaa ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

mau bertukar pikiran?:D

アイサ の ノート © 2014