Kamis, 18 Agustus 2011

Haiii

Kamis, 18 Agustus 2011
Assalamu'alaikum :) Ya Allah, ini bulan Ramadhan... *ngawang
Banyak banget hal yang sudah terlewatkan di Ramadhan ini, menurut saya *tambah ngawang lagi.
Hem.. saya cuma mau minta maaf saja kalo ada salah (loh maksudnya apa ini?) #galausetelahsahur. yasudahlah, ceritanya saya sudah lama ga nyentuh blog ini karena berbagai masalah melanda *halah. salah satunya adalah ngga punya kuota internet, hehe. ini saja buat posting saya minjem kartu temen kosan saya #dasargamodal

yasudah lah, saya cuma pengen sai helo saja, kangen ngetik spontan di blog, hehe. see yaa 

Delapan Hal Kecil yang Berdampak Besar


Berikut dibawah ini adalah list kegiatan kecil yang bisa berdampak cukup besar pada dunia, halah. Simak ya ^__^

#Matikan kran air setelah menggunakannya dengan rapat, karena setiap air yang menetes tanpa digunakan akan diminta pertanggungjawabannya (hahaha). 
#Matikan lampu selama anda tidur maupun bepergian, karena akan menghemat listrik. Lagipula kalau menyalakan lampu saat tidur dan bepergian itu tidak ada gunanya.
#Jika makan, maka habiskan, jangan sampai ada sisa, karena bila satu butir nasi saja disisakan oleh setiap orang di Indonesia, maka akan ada duaratus juta butir nasi yang terbuang. Itu belum termasuk sampah makanan yang lain seperti sayuran dan lain-lain.
#Jika baterei HP, laptop sudah penuh, cabut kabelnya, karena kalau tidak dicabut akan ada arus yang terbuang percuma.
#Pilih tangga daripada lift, karena tangga selain ramah lingkungan juga bikin sehat. Kecuali kalau mau naik ke lantai sepuluh, lebih baik naik lift atau jika ingin bersenang-senang naik lift setengah lalu dilanjutkan naik tangga setengahnya.
#Bawa botol air minum jika bepergian, karena dapat mengurangi konsumsi air mineral dalam kemasan (berupa botol maupun gelas plastik). Tidak membeli air minum kemasan berarti menghemat plastik dan mengurangi resiko sampah plastik berlebih.
#Membawa plastik sendiri atau tas kain ketika belanja, karena kita harus diet plastik. Tujuan hampir sama seperti poin F.
#Makan di tempat, sebisamungkin jangan dibungkus, karena lebih hemat sampah dan ramah lingkungan. Dengan membeli makanan yang dibungkus anda telah menyia-nyiakan kertas pembungkus serta kantong plastik untuk membawa pulang. Jika ingin dibungkus, sebisa mungkin bawa tempat sendiri yaa (saya juga lagi mengusahakan)

Semangat untuk Indonesia yang lebih baik dan benar ^______^>

Menjadi Penghuni Kos yang baik :)


Sekedar berbagi pengalaman saja ya. Saya akan menuliskan hal-hal yang perlu diperhatikan dan diperdalam (halah) untuk menjadi penghuni kos yang baik. Saya juga dalam proses untuk mencapai hal ini. siipp.

Cara menjadi penghuni kos yang baik adalaaaahhh…

Cara menjadi penghuni kos yang baik adalaaaahhh…
# Usahakan durasi mandi kita tidak lebih dari 20 menit. Apalagi kalo pas hari kerja. Kalo kita mandi kelamaan kan kasihan yang ngantri. Dan pagi hari adalah waktu rawan untuk mandi. Mandilah sepagi mungkin, hehe.
# Sebisa mungkin tidak membuat keributan di kamar kos. Karena, sebagian besar orang memiliki telinga untuk mendengar. Kalau menyetel musik di kamar, perhatikan, apakah kamar sebelah kita merasa keganggu atau tidak. Buat suasana sekondusif mungkin lah~ J
# Saling berbagi antar penghuni kosan. Kalo kita baru saja pulang kampung atau dari jalan-jalan atau membuat sesuatu yang spesial, ga ada salahnya kok untuk berbagi dengan yang lain. Kalo saya sih biasanya tuker-tukeran oleh-oleh sama teman kosan. Kalo bikin jeli juga dibagi-bagi ke tetangga, hehe. Berbagi kebahagiaan dan senyum *halah.
# Hindari mencuci pakaian di pagi hari saat hari kerja. Apalagi dibarengi mandi #pengalaman. Ada tetangga kos saya *maaf ngerasani  -____-* yang pagi-pagi dia mandi dan dengan asyik mencuci di dalam T____T padahal saya masuk pagi dan dia memakai kamar mandi sejam lamanya. Pintu kamar mandi ditutup dan saya ngga mungkin ngetuk pintunya suruh cepetan. Mengetuk pintu kamar mandi yang sedang ada orangnya adalah hal yang kurang sopan. Hanya boleh dilakukan saat sangat sangat sangat kepepet. Alhasih saya telat berangkat deh T___T.
# Saling mengingatkan. Karena manusia adalah manusia, makannya bisa juga melakukan kesalahan. Nah, misalnya pada poin B, tetangga kita nyetel musik keraaasss banget, padahal besok kita UAS, nah, jangan ragun untuk ngetok pintu kosan dan bilang bahwa saya besok mau UAS. Kalo sungkan, lebih baik ke tempat lain saja biar ga tekanan batin #loh.

Mungkin hanya ada lima tips yang bisa saya bagikan. Selebihnya, cari sendiri yaa hahaha.

Oke, see yaaa
*Pesan: jangan lupa diterapkan di kosan ^___^

Melancholy


Pas diklat divisi PROKM caplok (calon taplok) ada satu hari dimana dilakukan tes kepribadian. Tes kepribadian ini digunakan untuk perjodohan kala kami jadi taplok nanti. Tes kepribadian yang dipakai sama seperti tes saat INKM 2010 dulu pas di GKU Timur. Kami para caplok diharuskan menjawab 40 soal selama 15 menit. Setiap soal ada empat pilihan, kami harus memilih salah satu dan wajib diisi. Ga boleh nyontek, hehe.

Oke, bisa ditebak sebelumnya. Saya adalah orang dengan tipe kepribadian Melankolis-Plegmatis. Angka melankolisnya 19, plegmatis 11, sanguinis 7, coleris 3. dari dulu urutannya emang gituuuu aja.

Pas dilihat di kelompok, hampir semua anak tipenya sanguinis, terus coleris, melankolis cuma saya, Cella, sama Aliyyus (panji sejati yang akhirnya jadi bahan olokan~ panji kok melankolis, hehe). Yang plegmatis, si Yanti berjaya.
”Rahma melankolis?” #agak ga percaya.
Saya mengangguk. Oke, menurut tampilan di depan teman saya, saya memang kelihatan seperti orang sanguinis, padahal salah, hehe.

Mungkin bisa dikatakan, saya melankolis dalam pikiran, sanguinis dalam tampilan, plegmatis dalam tindakan, serta coleris nyelip-nyelip *maksa. Jujur, saya emang orangnya sebenarnya sensitif banget, tapi berusaha untuk ga nunjukin ke siapapun. Ntar kalo uda di kamar sendirian, pasti garuk-garuk tembok, ngrobek kertas, banting leptop dan bakar ban #ga segitunya kalee, lebeeh~
Iya sih, kebanyakan anak Solo kan melankolis, dan lembut... kyahhaaaaa (tapi saya ngga kaya putri solo yang super ramah beretika baik dan cantik serta lembut, saya bertolak belakang. Ingat, saya bertampilan sanguinis)

Heeeiii sebenarnya dalam postingan ini akan dibahas apaaa??

Okeh, di postingan sebelum-sebelumnya saya kan juga sudah ngungkit-ungkit tipe kepribadian karena itu masuk materi diklat divisi PROKM juga. Gini nih, perlu banget ternyata mengetahui teman secara dalem baik tampilan luar maupun cara berfikir mereka. Coba deh baca postingan saya yang ini, apa semua orang merasa bahagia? Nah, disitu, sebenarnya banyak disguiser-disguiser (ada ga sih kosa kata ini? Maksudnya penyamar, haha, maksa lagi) yang berkeliaran di sekitar kita. Banyak lo sebenarnya dari mereka yang menaruh harapan pada orang lain agar dimengerti dalam situasi apapun. Belum tentu orang yang berkata ”ngga papa” itu biasa aja, yang bilang ”Aku bahagia” itu seneng-seneng aja, yang bilang ”aku benci kamu” mungkin saja dia ingin mengatakan yang lain...

Haduh~ jadi ngelantur -__-

Yasudah lah, saya akhiri saja postingan saya kali ini. Yang penting kalian nangkep kan esensinya?? Sip sip...

Berbagi Yel-Yel


Ini yel-yel ca-medik, ca-taplok, dan ca-keamanan. Saya ga bisa ngasi gerakannya juga, ya, hehehe..

Ca-medik
MEDIK TUNJUKKAN YEL KEBANGGAAN KITA UNTUK PROKM 2011
Tu wa ga pat
Taplok keamanan, dengerin kite…semuee…
Siapa bilang anak medik banyak gabutnye
Jangan anggap anak medik paling sepele, hei!
Anak medik banyak gabutnye katenye
Anak medik cepat sigap tanggap pastinye
Aduh pusingnye, besok pagi, ada diklat medik
Tugas medik kok banyak sekali
Asal jangan bikin kite sakit hati. Kalo ga ada medik, OIIII orang bisa matii..
Iiiieeeaaahahahahaha hihihihihi, yang sakit kita tolong
Ahahaha hihihihi, yang pingsan kita gotong.
MEDIK!
LASKAR SIGAP SEDIA!
(yel ini easy listening banget. Dengerin aja dua kali pasti uda hapal gerakan sama teksnya, hehe)

Ca-keamanan
CA KEAMANAN!! (SIAP!!!)
FOKUS!!
POSISI!!
SATUKAN!!
Kami adalah ca keamanan Bentuk sempurna keberanian
Bentuk persatuan kekuatan Fokus sigap siap terabadikan
Kami adalah ca keamanan Junjung tinggi pengabdian
Keluarga kami persatukan Aman kami perjuangkan
FOKUS!! (SIAP!!) SIGAP!! (SIAP!!)
Tercepat terkuat tak terkalahkan
FOKUS!! (SIAP!!) SIGAP!! (SIAP!!)
Siap hadapi segala rintangan!
CA KEAMANAN!
SATU JIWA SATU RAGA SATU KELUARGA!
UNTUK PROKM 2011!!!
AMAN!!!AMAN!!!AMAN!!! (dengan flow tinggi, kaki terus dihentak. Temponya cepet banget -__- ga bisa ngikutin saat pertama kali denger, cuma bisa ngehentak kaki doang, hehe)

Ca-taplok
Ini yel-yel yang buat taplok ya~ yang caplok kan uda di tulis di postingan sebelumnya, hehe.
TAPLOOKK...
Zep....sssyyyhhhhhhhh (YO) zeppp
MULAI!
Taplok PROKM, taplok PROKM
Taplokk PROKM paling unyu emang taplok paling asik juga taplok
Taplok taplok taplok....
Taplok keren taplok kece taplok rameeee
Taplok PROKM
Kalau galau bilang taplok kalo jomblo lapor taploook....sip.
TAPLOK!!!
RESPECT!
TAPLOK!!!
SIGAP TEGAS!!!
TAPLOOOKK!!!
Sabi boootsss, yeaaaahhhh

Dari ketiga yel ini, taplok berada di puncak yel tergaring abad ini, haha. Tapi bagus kok yel nya, ^___^ semangat ya Taplok PROKM !!

Wisuda oh Wisuda


Sabtu, 16 Juni 2011
Hari ini ITB mengadakan wisuda ketiga tahun akademik 2010/2011. Baru pertama ini saya ada di kampus saat ada wisuda. Biasanya sih ngetem di kosan karena ada hari libur ekstra (libur dari kegiatan—sok sibuk). Saya kali ini di kampus karena ada acara danus caplok PROKM 2011 (ini hari ketiga), alhasil saya dan kawan-kawan kelompok sembilan keliling ITB dan masuk kawasan Sabuga untuk menjajakan dagangan kami yang berupa donat JCO, UFO (Unidentified Frying Object—maksa, maksudnya cireng), sama es mambo. Kami bisa njual enam kotak JCO lo haha *anak SBM yang beli, tiga kotak, breeii*. Oke, disini saya ga akan bahas danus PROKM tapi mau bahas tentang wisudanya aja.

Seperti biasa, di ITB ada budaya kampus (lebih khususnya himpunan) untuk ngarak wisudawan S1nya. Jaman bahuela dulu, anak ITB itu ngarak wisudawannya itu sampai keluar-luar, kalau sekarang ada peraturan dari sahabat mahasiswa bernama K3L, sekarang arak-arakan wisuda cuma boleh ada di kampus. Jadi inget cerita dosen kimia saya, zaman beliau itu kalau arak-arakan, mereka ngarak pakai truk, terus berhenti di depan UNPAD, terus bikin keributan di sana sampai anak UNPAD pada ngeliatin banyak, setelah puas, mereka kembali ke ITB lagi, hahaha #ga penting banget.

Hm, biasanya arak-arakan himpunan itu paling kentara ya anak Seni Rupa (SR). Mereka bikin suatu pertunjukan untuk ditampilkan di ITB (biasanya di Plaza Widya nya). Anak SR yang dimana-mana selalu nyentrik dan super kreatif setiap ada wisudaan, mereka bikin tema-tema untuk pertunjukannya. Sebenarnya semua himpunan juga ada tema-temanya sih, tapi biasanya untuk publikasi itu paling keliatan ya si anak SR itu. Tema wisuda SR kali ini adalah DEADLINE (zombie-zombie-an). Wisuda kedua kemarin anak SR temanya Venus bawah laut (pas hari makrab FTSL—saya sakit, tepar di kosan, jadi ga nonton hiks). Anak SR biasanya keluar paling awal dari gedung Sabuga, terus diarak lewat tunnel menuju Plaza Widya untuk melakukan pertunjukan itu.

Hari ini ada sedikit masalah dengan si sahabat mahasiswa. Yang tadi saya lihat sih properti anak-anak SR yang sudah ada di sekitar kolam Intel (Indonesia Tenggelam) *berupa tangan-tangan besar* digotong sama bapak-bapak berpakaian rapi ke arah DPR (dekat gedung TVST). Nah, setelah selesai dipindah tuh ya, anak anak SR jalan deh ke DPR nggotong lagi properti ke sekitar Intel, dan mereka melakukan show seperti yang sudah direncanakan. Tau sendiri lah, mereka bagaimana. Azeeek bangeeett. Keren ^__^b

Selepas dari kegiatan anak SR di Plaza Widya, kami kelompok sembilan dan anak-anka yang laennya mobilisasi ke arah boulevard untuk melihat aksi-aksi himpunan ngarak wisudawannya. Mereka muterin ITB terus berhenti di dekat jam gadang, lalu perform satu-satu per himpunan untuk beraksi. Tadi saya sempet lihat himpunan: HMIF, HME, HMTL, NYMPHEA, HMF, KMKL. Yang seru itu HMF (Himpunan Mahasiswa Farmasi), mereka perform (anak 2010 yang perform, mereka udah OSJUR –sudah masuk himpunan dan fitting Jahim) temanya 1001 malam. Dan teriakannya bikin ga kuat. Suara cewek kalo teriak kan melengking, ga enak bangeeeettt -____-. Ga bisa bayangin ntar pas OSJUR HMTL, dibentak sama kakak cewek, pasti ga enak banget, dah. Kapan ya Teknik Lingkungan banyakan cowoknya??? #ngarep

”Aduh, ngebet pengen wisuda.... mbayangin deh besok uda ke salon, trus pake toga, diarak, haduuuhhh pengeeenn,” temen saya curcol. Terus temennya nanggepin.
”Iyaaa pengen wisudaaaa tapi ga mau TA sama sidang. Maunya wisuda doang, habis wisuda tapi balik lagi jadi mahasiswa, haha,” -_____-a

Fenomena wisuda di ITB ya beginilah. Rame banget. Setiap himpunan tampil di boulevard, mereka perform, salam ganesha, serta mengucapkan sebuah ikrar. Tradisi ucap ikrar baru dimulai pada wisuda kali ini. Ini bunyi ikrar mereka:
kami mahasiswa Institut Teknologi Bandung
Sadar, bahwa kami hanyalah sebagian kecil dari Rakyat Indonesia
Yang berkesempatan untuk menikmati pendidikan atas beban Rakyat Indonesia
Sadar, bahwa kami dituntuk untuk berperan dalam perbaikan dan pembaharuan masyarakat Indonesia

Karenanya:
Kami tidak boleh hanya memikirkan diri sendiri, harus mendahulukan kebutuhan masyarakat
Kami tidak akan menunda nunda tindakan kami untuk berperan dan membuat perubahan dari diri kami sendiri
Kami akan bekerja keras

Ikrar ini segera kami buktikan dalam tindakan nyata dari kami

Kakak-kakak wisudawan dan wisudawati, semoga sukses menapaki masa depan kalian. Semoga menjadi insan yang berguna bagi Indonesia dan mampu berinovasi untuk negeri tercinta ini. Jadilah enterpreneur, karena Indonesia butuh itu. Semangat, kakak kakak!!!!  Saya akan menyusul tiga tahun lagi, amin ^____^.

Diklat Divisi Selanjutnya....

Opening: Haduh, sebenarnya saya posting cerita diklat secara berurutan ini bukan karena ingatan saya yang bagus, tapi karena ngeliat review materi dari buku kelompok yang sudah dibuat sebelumnya. Tapi keadaan sekarang memaksa saya untuk tidak posting acara diklat secara langsung karena buku saya (dan teman-teman caplok lainnya) dibawa kakak pendiklat untuk diperiksa, dan sampai detik ini belum dikembalikan, huaaa….

Pertengahan: Jadi maaf ya… ga bisa cerita secara langsung… ane bener-bener lupa apa yang saya lakukan dan saya perbuat di diklat ke-4,5,6, dan 7. pokoknya ada hari dimana kami perform yel-yel kelompok dan ada hari dimana kami harus pakai dreskod berupa superhero Indonesia, hahaha kocak. Kelompok saya dreskod nya panji manusia melenium, dan kami menjadi *the best costum* keren kaaaannnn??? #cih, sombong, haha
panji 9! ini diambil dari tumblr-nya Ryan, hehe 
Sejak diklat yang menjadi kenyataan, selalu ditanyain kuorum dan cek spek dan lalalalalala, dan PBB, berhitung, digalakin, tugas, fyu fyu fyuuu~ begitulah. Tapi asik, caplok bisa jadi tertib ga kaya diklat 1 dan 2 yang agak ga teratur dan cuma berasa maen-maen. #hoi, kami taplok itu peduli dan sigap!

Oiya, kami caplok 2010 punya yel-yel yang azeeek banget lo kalo diaplikasiin pake gerakan, haha (sayangnya ga mudah buat di diskripsikan). Ini yel-yel caplok PROKM 2011:
♫ Caploook????? (yoi breeeiiii)
Dum dum tak! Dum dum tak! Dum dum tak!
Kami caplok di PROKM ITB duaribu sbelas
SIGAP peduli itu kami, LEMAH sombong BUKAN kami
Tu wa ga pat
Walau cobaan rintangan tantangan menghadang kami slalu SIAP
Caplooookkkk????
HU!!!!! AZEEEKKKK♫

Klosing: Oke, di hari ke-7 ada sedikit masalah di keluarga caplok ini. Karena setiap bagian keluarga harus menutupi aib, maka saya tidak bisa bercerita di sini. Maap yee.... udahan ah, cuma segitu aja yang saya inget. Seee yaaa.... hari diklat ke-7 adalah yang terakhir. Selanjutnya setelah *perjodohan* taplok, kami akan simulasi. Yeeeiiii 
アイサ の ノート © 2014