Kamis, 19 Mei 2011

coretan-ayik

Kamis, 19 Mei 2011
Dulu saat maen internet bareng ayik (kakak juelek), iseng iseng tuh nyari di gugel nama panggiilan kita. Nulis ’rahma’ dan ’ayik’. Tau kan pastinya kalo search namaku keluarnya apa -_______-” gitu deeh... dan saat aku search ’ayik’, list pertamanya itu sebuah blog (http://www.coretan-ayik.blogspot.com) yang lumayan cute desainnya. Setelah itu aku buka lagi.*penasaran, ini blog postingannya dikit tapi kok pengunjungnya udah puluhan ribu, ya?? Dan...aku nyoba baca satu postingannya. Yang agak ’narik’ minat itu judulnya ’jika belum siap, cintai ia dalam diam’ (Haduh maaf ya, saya juga lagi ngalamin, soalnya #hayo-hayo mengenang eSDe nih hahahaha -____- *dasar anak labil). Dan setelah baca postingan itu, subhanallah... kata-katanya ’dapet’ banget, dan postingannya lainnya juga bermutu, huhuhu ga kaya postingan saya yang nyampah, haha. Ok kak ayik, saya ijin postingannya saya tempel di blog saya, ya??? Boleh kaaaannn *__* Ok. Ini ni postingannya...

Bila belum siap melangkah lebih jauh dengan seseorang, cukup cintai ia dalam diam, karena diammu adalah salah satu bukti cintamu padanya. Kau ingin memuliakan dia dengan tidak mengajaknya menjalin hubungan yang terlarang. Kau tak mau merusak kesucian dan penjagaan hatinya. Karena diammu memuliakan kesucian diri dan hatimu, menghindarkan dirimu dari hal-hal yang akan merusak izzah dan iffahmu. Karena diammu bukti kesetiaanmu padanya. Karena mungkin saja orang yang kau cinta adalah juga orang yang telah Allah SWT pilihkan untukmu.

Ingkatkah kalian tentang kisah Fatimah dan Ali? Yang saling memendam apa yang mereka rasakan, tapi akhirnya mereka dipertemukan dalam ikatan suci.

Karena dalam diammu tersimpan kekuatan, kekuatan harapan, hingga mungkin saja Allah akan memuat harapan itu menjadi nyata hingga cintamu yang diam itu dapat berbicara dalam kehidupan nyata. Bukankah Allah takkan pernah memutuskan hamba yang berharap padanya? Dan jika memang ’cinta dalam diammu’ itu tidak memiliki kesempatan untuk berbicara di dunia nyata, biarkanlah ia tetap diam...

Jika dia memang bukan milikmu, toh Allah melalui waktu akan menghapus ’cinta dalam diammu’ itu dengan memberi rasa yang lebih indah dari orang yang tepat... biarkan cinta dalam diammu itu menjadi memori tersendiri dan sudut hatimu menjadi rahasia antara kau dengan Sang Pemilik Hatimu.

Selasa, 17 Mei 2011

GEMA ITB: Untuk Senyum Anak Negeri

Selasa, 17 Mei 2011
 Assalamu’alaikum warahmatullaahi wabarokaatuh! Hehee. Sekali-kali pake salam, karena kali ini saya mau cerita tentang kegiatan yang saya dan beberapa orang alami di acara dua GEMA ITB kali ini. Ok, simak yaaa ^_^

Selasa, 17 Mei 2011

Hari ini untuk pertama kalinya saya mengunjungi Rumah Belajar Sahaja. Walaupun saya adalah kru internal, ngga papa kan sekali-kali ngikut kru acara dua?? Hehe. Ok. Rumah Belajar Sahaja ini sendiri terletak di Cimahi, jadi harus ngangkot dulu dari Salman, ke Stasiun Hall, terus naik kereta ke Cimahinya.

#karena saya masih pertamakali ke sana, jadinya ya~ saya kagok begitu~ lagian saya juga ga pintar maen sama anak-anak (haduh, calon ibu yang bagaimana ini ???). Jyahaa~

#Ok, labil-labilan dikit yak. Mau cerita yang agak ngeri dikit lah tadi di dalam kereta, aahaii

”Rahma, aku belum pernah naik kereta, ini,” si Lili anak SITH dan anak internal (satu divisi dengan saya) curhat.
”Ga papa, nyantai aja~” keren juga ini anak. Baru naik kereta pertama udah naik yang ekonomi. Harga tiketnya serebu rupiah lo, haaa. Lebih murah dari ongkos naik angkot ITB-StHall yang duarebu perak ^o^

Pas naek kereta, ya...bisa ditebak lah pasti rame banget. Saya berdiri, dan si Lili dapat duduk. Tapi setelah berhenti sekali, kami berenam (yang Akhwat) alhamudulillah dapat duduk semua. Yang ikhwan beda gerbong (jadi ga bisa yei ane ngeliput yang ikhwan *tapi siapa yang mau diliput sama ente?). pedagang sesliweran terus. Dari yang “Tahu tahu... sapuluh tiga rebuu,” sampai yang, “Upin ipin... dua rebu,”

Dan pengamen juga bejubel. Dari yang ngamen duet sama minta sumbangan, sampai ada mbak-mbak (yang sebenarnya mas-mas) yang karokean. Disinilah hal mengerikan itu terjadi.
“Ape lu tadi?” si mbak-mbak tadi tiba-tiba ngamuk. Siiingg....tiba-tiba (lagi) kereta yang tadi penuh pengamen yang teriak dan pedagang yang ribut mendadak diam.
“Kalo gue emang banci lo mau ngapain?”
Sreekk..bajuku ditarik seseorang. Fiuh. Itu si Lili.
“Rahma....takut, itu kenapa?” haduh, bisa-bisa habis ini dia phobia naek kereta nih.
“Udah, ga papa, diem aja,”
Si mbaknya marah karena dikatain banci sama anak yang masih SMP kelas tiga ato SMA kelas satu lah. Cowok, dan si mbak nya yang semula suaranya lumayan bagus (agak cewek) langsung keluar suara lakinya.

#aduh beneran ini kayak di tipi tipi dah. Inget si Aming pas jadi banci terus suara bass nya keluar. Miriiip banget. Bedanya ini kejadian nyata dan jaraknya cuma tiga meter di depan saya. Siapa yang ga syok, juga??

Akhirnya setelah ada pedagang lain menghampiri dan menenangkan, si mbak mau pergi juga. Sempet ngelepas sepatunya mau dilemparin tuh ke anak tadi. Ngeri. Dan saat dia pergi ngejauh pun sempet tuh naikin kakinya mau nendang kepala si anak (haduh maaf bahasanya agak vulgar). Dan yang bikin ga nahan, si mbaknya pake rok mini (~-_-)~ ga kebayang haduh, syululululu~

#OK. Kembali ke topik awal. Menggalaunya sampai di sini, xixixi.

Memang apa sih kegiatan anak-anak Acara dua di Rubel (Rumah Belajar) ini? OK. Saya tulisin jarkomnya ya:
[ITB PEDULI~GEMA ITB 2011]
Assalamu’alaikum.wr.wb.. akhwat” tangguh, tak terasa ternyata SUPERTALKSHOW kita akan berlangsung beberapa hari lagi, itu artinya adik” kita dari Rumah Belajar SAHAJA (Sahabat Anak Jalanan) Cimahi, akan segera menunjukkan hasil kreativitas mereka di depan seluruh pemuda penggerak bangsa..bagi kaka” yang berkenan meluangkan waktunya untuk membimbing adik” jalanan membuat kreasi mereka, ditunggu ya, Selasa (besok), 170511, di kortim salman pukul 07.15..be there ya..^^

#wahh...jarkomnya panjang banget. Dan, memang ga di singkat kata-katanya ^_^
OK. Apa yang hari ini diperbuat oleh kru acara dua? Agendanya sih ngajarin mereka bikin kerajinan dari botol bekas dan latihan nyanyi juga.

#ehm OK saya akui, disini saya gabut... syululululuuu~

Nyampai juga akhirnya di Rubel Sahaja setelah melakukan ’perjalanan yang agak mengerikan’. Adek-adeknya masih muka-muka innocent tapi kebiasaan mereka ngga innocent (tapi mereka sopan-sopan lo, cuma punya kebiasaan buruk yang masih dalam tahap dihilangkan, contohnya ngrokok sama ngelem). Sedih, huhuhu, melihat kenyataan yang mereka alami, dan juga ikut ngebayangin apasih yang telah mereka jalani selama ini.

”Saya kabur dari rumah karena bapak pilih kasih,” Anak yang bernama Bayu berbicara di depan handycam saat diminta menceritakan keadaannya dulu.
Si Bayu ini ga tahan sama keadaan keluarganya. Dia tinggal di rumah bareng ayah dan ibu tirinya. Nah, si ibu tiri bawa anak, dan si bapaknya lebih sayang ke anak tiri daripada si Bayu ini. Sedih~
”Asalnya dari mana, Bay?”
”Dari Semarang,”
Buset daahh...
”Kesini naik apa? Kok bisa sampai sini??” penasaran nih, dan ini masih direkam. Bayangkan, dia kabur dari rumah saat dia kelas tiga eSDe, sekarang dia udah 16 tahun. Anak sekecil itu, bisa sampai Bandung (tepatnya Cimahi), sendiri??
”Ya...saya minta surat jalan ke polisi. Bilang aja saya kepisah sama orang tua, terus bilang asalnya dari Bandung. Nah, pak Polisinya ngecek, ternyata emang ada yang kehilangan anak tapi di Cimahi. Terus ya udah saya bisa sampai sini,”
#keluarga broken home. Jadi ngeri~

Kenyataan lain yang ada di tipi-tipi sering dilihat,kan, anak jalanan sering ngelem, ya Allah, saya ngelihat sendiri bagaimana si anak-anak itu sangat terbiasa dengan yang namananya lem Aibon. Astaghfirullah.
”Sekarang mah udah berkurang ngelemnya,” si Emo juga cerita pas direkam.
”Alhamdulillah...” kami serentak bilang hamdalah.
”Alhamdulillah saya sudah berhenti ngelem,” yang satunya cerita lagi, Marvel.
”Alhamdulillaaaaaaahhhh,” hamdalahnya makin kenceng.

#Selain ngasah ketrampilan seperti itu, kami dari GEMA ITB juga mengajari sholat dan mengaji. Di sini tadi saya ketemu sama kak Ipit, mahasiswi dari UPI. Kak Ipit (dan rekan-rekan) ini dari Upi juga punya anak asuh di rumah belajar Ciroyom.

Oiyaaa.... nanti di acara puncak GEMA ITB, yang SUPERGREAT TALKSHOW itu lho, nah, disini anak-anak dari Rubel Sahaja akan menampilkan sebuah pertunjukan nyanyi dengan lagu bikinan mereka sendiri. Saya sudah ndengerin mereka nyanyi langsung dan..... KEREN!!!!!!!!!

Uwaaaaa lagu mereka baguuuuusussss kereeeeeennnnn bangeeeettttt pokoknya harus ndengerin mereka nyanyi! Wajib!!!!! Makannya, datang ya di SUPERGREAT TALKSHOW, Minggu, 22 Mei 2011, hehe #sekalian promosi

OK. Cerita sampai di sini. Pembinaan anak jalanan ini jadwalnya emang selesai setelah GEMA berakhir, tapi anak-anak acara dua pengen pembinaan ini dilakukan selamanya #hahaha, agak lebai seh, maksudnya semampunya ^_^
OK. Great job buat anak-anak Acara Dua (Internal juga hehe), dan kadiv Ikhwan (Alam-FMIPA) serta kadiv Akhwat (Nden-FITB), kalian semua memang hebat. Semoga rangkaian acara GEMA ITB baik acara satu maupun acara dua dan kinerja divisi yang lain-lainnya juga berjalan dengan lancar, amin. OK. Sekian. ^_^
Wassalamu’alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh

Senin, 16 Mei 2011

16 Mei 2011

Senin, 16 Mei 2011
Hari ini Hari Senin, tanggal 16 Mei taun 2011.
#Trus ngapain kalo hari ini hari senen????
Ih lo kagak gaul banget sih jadi orang?? Hari ni ntu pengumuman kelulusan SMA, tauk! Itu tandanya temen-temen SMP mu lulusan, dasar!
#Astaghfirullahaladzim....lupaaaa... ehhh... ngga ding bohong. Mana ane bisa lupa, orang dicatet, juga. Ga mungkin lah ane ngabaiin sesuatu yang begini pentingnya!!!
Ye... situ kok marah sih??
#Ehm. Sekarang....Alhamdulillah....teman-teman terbaik dan terdekatku memberi kabar bahagia bahwa mereka lulus SMA tahun ini dan segera menyusul di PTN PTN idaman mereka (sayangnya ga ada yang mau ke ITB, haha). Buat kakak sepupuku, Shofiatu Al Mukaromah, alhamdulillah juga lulus. OK teman temaan... tetap semangat ya, perjuangan kalian belum berakhir. Semangat! がんばって ください  ^_^ hahaha...

Ngekos, Siapa Takut??? ^_-

Hadeh, kalau kuliah kenapa musti jauh dan kenapa musti ngekos??
Mungkn sebagian anak berfikir seperti itu. Atau malah yang seperti ini?
Huaaaa azeekk ngekosss bisa jauh dari orang tuaaa hahaha

OK. Saya akui. Pertama saya memang berfikiran yang poin ke dua. Dasar pikiran nakal, hehe. Ngga juga ding. Dulu pikirnya enak jauh dari orang tua karena saya pengen latihan mandiri. Bukan apa-apa lho, jangan berfikir yang macam-macam. Gini-gini saya bukan tipe anak yang pengen dimanja terus (emang dirumah, ente dimanja? hehe). Sekarang sih, ngekos ya biasa aje tuh...*dengan nada sombong

Ehm gini kawan-kawan. Bagi yang memiliki pikiran seperti di atas, baik yang kesatu maupun kedua, mari kita bahas satu-satu.

Yang pertama, kuliah jauh dan ente harus ngekos.
OK. Jadilah kita mahasiswa ato mahasiswi yang jauh dari orang tua. Biasanya yang punya paradigma ini semester satu rengek-rengek pengen pulang, terus pas pulang ke rumah malah pengen balik lagi ke kosan (loh?). beda sama yang kedua. Sok-sokan kuat tapi malah ntar pengen pulang aje. Alasannya homesik, hahaha.

Tapi tenang saja, masalah ini hampir bisa diatasi saat kita menyelesaikan studi tahun pertama. OK.

Inget aja temenmu yang bahkan ga pulang tuh selama studi di sana. Ada lho, yang habis wisuda baru pulang (ogah kalo gitu). Saya aja masih syukur bisa pulang tiap lebaran dan libur semester. Ada teman saya yang bahkan lebaran pun ga pulang (sedih, ga dapat angpao, hehe)

OK. Kita bahas kehidupan anak kosan sekarang. Walo kita hidup tanpa orangtua (secara teknis maksudnya), jangan harap itu seenak yang dibayangkan pikiranmu sebelumnya.
Wah enak nih bisa keluyuran setiap hari
Wah enak nih bisa tiduran ato maen tanpa dimarahi

Sebetulnya kebebasan itu menyenangkan, tapi jika dirasa, kok kita jadi kangen ya di rumah? Ada yang marahi, terus kalo telat bangun dibangunin, makan disiapin. Di sini boro-boro. Telat bangun ya kesian geto, makan ga makan ya terserah, mau ngapain juga terserah, ga ada yang merhatiin.

Ehm. Disinilah kita mulai mematangkan diri kita sendiri. Kita harus menjadikan diri kita dewasa. OK. Mungkin yang seperti saya, harus memaksa diri untuk dewasa sebelum waktunya (curhat ni ceritanyeee).
Hoi STOP! Ini kan bahas kosan, cui, kenapa topiknya jadi melenceng gini??

Haha.. iya iya maapkeun. Ehm. Tadi bahas apaan ya? OK. Tentang ngekos. Jangan ngurungin niat buat kuliah di beda kota karena ga mau ngekos, ya?? Jangan pandang sebelah mata dulu apa arti ngekos itu. Jabarin atu-atu yaa...
# melatih mandiri
Yups pastinya dengan hidup sendiri kita bisa mandiri. Yang dulu maem harus disiapin, sekarang harus cari sendiri. Bahkan kalo mau, kita bisa latih skill memasak kita lo, hehhe. Terus yang biasanya nyuci pake mesin cuci, bisa tuh latian nyuci konvensional alias pake tangan. Kalo lagi males ato sakit ato sibuk ya nyobain kali-kali loundry lah, ngerelain uang makan buat nyuci, hehe.
# manajemen keuangan
Dengan ngekos, kita seakan-akan punya kehidupan rumahtangga sendiri nih. Dengan ngekos kita bisa ngira-ira uang bulanan yang dikirim itu harusnya dipakai gimana? Terus kalo yang beasiswa, harus nabung juga buat jaga-jaga kalo beasiswanya ga turun-turun.
# koskeeping
Maksudnya plesetan dari housekeeping. Menjaga rumah. Huhu, kalo di rumah pasti suruh bersih-bersih. Nyuci piring lah, nyapu lantai lah, ngepel lah... nah. Berhubung saya sudah terbiasa, ya ngga papa. Yang belum terbiasa, pastikan kosan anda bersih dan rapi. Kalo ada yang maen ke kosan tapi kosan berantakan kan gimana, hayoo (saya banget, pas ada temen mau main pasti pas kosan berantakan, hehe)

Eh, kayaknya aspek ini bersangkutan sama kemandirian ya?

OK. Sebenarnya inti ngekos ya itu aje menurut saya. Dan lagi, kita juga bisa melatih tatakrama hubungan atarmanusia yang bukan keluarga. Di kosan kan kita tinggal sama orang yang mungkin dulu belum saling kenal, kan? Nah dengan ngekos bareng ini rasa kekeluargaan bisa tumbuh lo. Mereka adalah keluargamu kalo ngekos bareng. Jangan lupa buat sekedar say hello ataupun tukeran makanan kalo habis mudik, hehehe.

OK. Masih ga mau ngekos?? Kebangeten deeeuuhh... padahal kan ini juga jadi bekal (berupa pengalaman) untuk kita berumahtangga nanti, hehehe (duile pikirannyaa). OK. See yaaa.....

Sabtu, 14 Mei 2011

(lagi-lagi) Homesick T_T

Sabtu, 14 Mei 2011
~pemberitahuan~ postingan curcol saya yang ga bermutu sudah saya hapus semuanya hahaha *ketawa ala pahlawan bertopeng. 

Tapi tapi tapi kali ini tolong perbolehkan saya untuk curcol ya. Ini lumayan penting kok. Entah kenapa di semester dua ini aku merasa ga nyaman hidup di Bandung (halah). #owalah nduuuukkk umurmu lagi pitulas kok wis stess wae mben dinaaa....
gimana lagi nih. mulai awal semester yang semangatnya lagi meledak, eh, blek! sakit. siapa yang ga sebel juga? di semester kedua ini kuakui, aku jarang sehat alias sering sakit. mulai dari sekedar pusing sampe tepar. si sakit ini rajin banget deh datangnya. apalagi pas musim UTS. alhasil sering ga belajar karena tidur (karena sakit nih, huhu). 

OK. aku pengen pulaaaaannngggg!!!!!

#Ehm. tinggal 12 hari lagi. tahaaannnnn

Haduh. udah ngga betah di sini... T_T. ngakunya dulu pengen ga pulang samasekali. eh, sekarang berubah pikiran. OK, aku akan pulang mungkin dua sampe tiga minggu lalu balik ke sini buat ikut diklat INKM. kalo uda pulang, uda ngga kangen lagi. Entah kenapa disini aku merasa sumpek.

#haduh maaf ya saya curcol lagi

Ya sudah, sekian...nanti saya malah keterusan, hehe.. see yaa... 

just asking ^_^

A British man came to Sheikh and asked, "Why is not permissible in Islam for women to shake hands with a man?"
The Sheikh said, "Can you shake hands with Queen Elizabeth?"
British man said, "Of course not, there are only certain people who can shake hands with Queen Elizabeth,"
Sheikh replied, "Our women are queens and queens do not shake hands with strange men," ^_^

GEMA ITB, wasap?

Kader Muda Gamais (Keluarga Mahasiswa Islam) 2010 ITB mengadakan sebuah acara besar (Pengkaryaan) yang bernama GEMA (Gerakan Edukasi Mahasiswa). GEMA sendiri memiliki dua acara inti, Seminar Talkshow (Acara 1) dan Untuk Senyum Anak Negeri (Acara 2).

Dari nama Acara 1 sudah tahu kan?? hehe. sekarang kita bahas acara dua saja kalau begitu. Acara dua (suntuk senyum anak negeri) adalah acara untuk membuat anak negeri tersenyum. #maksudnyaa???

begini. 
Acara ini bertemakan “La Tahzan Tunas Bangsaku, Karena ITB Peduli”.

ITB Peduli akan menyalurkan donasi dari seluruh masyarakat (masa kampus dan umum) kepada anak jalanan yang berada di Cimahi (melanjutkan program sejenis pada tahun sebelumnya) dan beberapa SD di Bandung berupa pembagian buku gratis. Acara ini berupa rangkaian kegiatan yang sudah dimulai sejak akhir Maret 2011.

Sekelompok anak jalanan yang berada di Cimahi akan diberi fasilitas Rumah Belajar (rubel) sebagai sarana belajar mereka. Selanjutnya mereka akan dibina selama beberapa waktu dan diberi pelatihan karya sehingga menghasilkan sesuatu yang bermanfaat.

Semangat berkarya!!!

kalian bisa visit tumblr-nya si GEMA ini di http://gemaitb2011.tumblr.com/ serta folo folo twitter di @GEMAITB2011 


Ini walau acaranya yang bikin anak 2010, tapi jangan diremehkan yaa... kita punya misi dan kita juga punya visi! *dengan emosi yang meledak*

Di GEMA sendiri ini panitia yang daftar 400-an loh.. (hwa keren!) dan saya masuk internal (pilihan dua, pilihan satunya Acara 1 tapi teralihkan, haha).

Ok Ok... info sampai disini ^_^

source:

Jawa Tengah dan Jawa Timur: Tak Sama juga Tak Serupa

Ehm. Ente-ente anak Jawa? Oke, terserah Jawa mana. Kok rasanya aneh ya, kenapa istilah ’jawa’ itu seperti mengalami penyusutan makna menjadi Jawa Tengah, Jogja, dan Jawa Timur? Bukankah Jawa Barat, Banten, aplagi Jakarte, itu juga ada di pulo Jawa??? *mode sinis: ON.

#hoy tenang soobbbb bukan itu maksudnyaaaaaaa
Lha terus gimanaaa???

Maksud mereka itu, ya orang Jawa itu adalah orang yang bersuku Jawa. Kalo Jawa Barat ya berarti Sunda. Jakarta ya Betawi. Banten ya.... *garuk-garuk kepala, bingung*..ngga tau, hehe.

OK. Kali ini saya akan membicarakan tentang Jawa Tengah dan Jawa Timur. Hem. Kenapa saya milih Jawa Timur? Lha, orang temen (deket) saya aja dari sono semuanyah..hehe.

#saya berbicara (menulis maksudnya) atas nama Jawa Tengah. 
Ternyata disana (orang jawa timur sendiri nih yang ngaku) bahasanya lebih kasar. Mereka cenderung lebih suka to the point dari pada menye-menye (alias menunda-nunda) seperti orang Jawa Tengah. Bahasa kita, walau banyak yang sama, tapi banyak juga yang berbeda lho. Ini kosa kata yang saya kumpulin dari awal semester dua (pengamatan ke Reni sama Nad, hahaha sampai bikin emosi).

Kosa kata yang diketahui Jawa Tengah tetapi (kebanyakan) orang Jawa Timur ngga tahu:
Rembyak (urai), Setut (sabuk), Oglangan (mati lampu), Muthung (marah), Barakan (seumuran), Turah (sisa), Pakpung (mandi), Pekewuh (malu), Mlandhing (petai cina), Menthang (bersebrangan), Sulaya (sakit), Jungkat (sisir), Segawon (anjing = bahasa halus), Wagu (aneh), Sindhap (ketombe), Pit (sepedha onthel), Cethol (kecebong)

Kosa kata yang diketahui Jawa Timur tetapi (kebanyakan) orang Jawa Tengah ngga tahu:
Timba (gayung), Sembuju (selonjor), Mbujuk (bohong), Meneh (besok), Be’e (mungkin), Cakut (baru saja), Lesu (lapar), Ngglembosi (loyo), Joglangan (lubang), Guseb (penghapus), Pancet (tetap), Maeng (memang), Cegeh (ngga mau), Waleh (males), Panjer (tetap)

(Biasanya anak Jatim bilang : Gak, anak Jateng bilang: Ora.)

#Huaaa bagaimana dengan kosa kata bahasa sundamu, Rahma???
Ehm..eh..hehehe..
#ini ceritanya kuliah di Bandung kenapa kosa kata jawa yang nambah???

Ehm. Beidewei, sekedar cerita nih.

Bandung oh bandung.... kenapa dirimu ini??? Di sini kemana-mana selau saja ketemu orang jawa, xixixi. Dan sayangnya di sini orang sundanya sendiri (maksudnya yang seumuran ane) ga bicara sunda.

”Ehm roaming roaming!!!” kalo ketemu anak sunda dan saya sama Nad ato anak jawa lain ngomong, pasti gitu.
”Yei, kenapa kalian ga pernah ngomong sunda?”
”Ya....”

Hayo....

Ehm. Ayo mari nguri-uri budaya Jawa! (loh hahaà lagian ini kenapa labelnya bandung? Ini ga berkaitan sama sekali dengan bandung. Eh, berkaitan ding.. )

Sekian~

1-6-6 FTSL !!! ^o^

Haaaiiii kali ini saya mau bercerita tentang 166 aka FTSL. 166? Kok bisa?
Ehm. Gini nih ceritanya. 166 itu kode fakultas buat FTSL. Kode ini dibuat untuk tiga digit NIM kita. Misal anak FTSL 16610001. 166 kode Fakultas, 10 angkatan (2010), 001 nomor urut. FTSL sendiri ada empat kelas. Itu dilihat dari kelipatan tiga digit terakhir (sistemnya, urut 001 FTSL 1, 002 FTSL 2, 003 FTSL 3, 004 FTSL 4, 005 FTSL 1 dst). Ehm. Kali ini khususnya saya mau ngejabarin apasih kegiatan FTSL 2010 setahun ini??? (huaaa…. Hampir mantan anak FTSL, mau masuk jurusan)

Dulu pas semester dua awal-awal, si ketua angkatan FTSL (Tarung) bikin selebaran. Isinya kita suruh nulis mau masuk jurusan apa dan divisi apa.
“Teman, ini diisi ya agar kita bisa kalkulasi siapa yang mau masuk sipil, KL, sama TL, terus isi juga divisinya biar kalian punya peran. Nanti bisa dilihat sendiri divisinya apa,” kira-kita itu adalah kata-kata si ketua angkatan.

Ehm. Divisinya saya sebutin ya: divisi pengmas (pengabdian masyarakat), media, makrab, dan olahraga. Saya ngisi yang media dan pengmas, namun ga pernah dapat jarkom sama sekali dari keduanya T_T. Oke, saya akui ide ini kreatif, daaaan semua berjalan dengan lancar ^_^. Saya ceritain gimana kinerja mereka. Ok ok cekidot.
a.   TIM MAKRAB
 Satu! Enam! Enam! MAKRAB!!!! Ok Ok. Aku akuin nih. Saya ngga ikut makrab. Kenapa ada apa gerangan??? Karena mahal T_T delapan puluh rebu,, huaaaa. Ini adalah agenda pertama (ngga juga hee) dari FTSL. Nah, makrabnya ada di Lembang dan nginep (dua hari satu malam). Di sana ada games-games dan poto-poto begono. Makrab ini berlangsung tanggal 9-10 April 2011. Emang sih agak telat dibanding sama fakultas lain, tapi kebersamaan kita juga ga kalah kok sama mereka ^_^

b.   TIM PENGMAS
  OK. Ini tim paling kereeeen ^_^ (pengakuan). Mereka sudah ngadain kegiatan seperti baksos dan donor darah. Pas donor darah di labtek V (10 Mei 2011), ada anak (entah angkatan berapa) fakultas lain bilang, ”Waahh...kayaknya anak TPB yang paling ngeksis itu FTSL ya. Habis makrab, baksos, ini donor darah...keren keren...” huaaaa kami tersanjung ^_^. Dari donor darah kemarin yang daftar 59 orang yang tertolak 18 orang. Saya termasuk yang diterima (hehe). Selain donor darah kemarin, ada baksos ke panti asuhan. Keren nih. Tim pengmas kayaknya emang paling banyak anggotanya.

c.   TIM MEDIA
Ini tim yang seharusnya dimana saya berada. Samasekali ga ada jarkom! Pertama sih tugas Media ini buat ngiklanin acara FTSl baik berupa poster tulisan tangan maupun via FB tweet de el el, tapi ga berjalan, hehe. Tapi tapi tapi perlu diakui. TIM MEDIA KREATIF BANGET!!!! 
 ”Teman, tolong dibaca ya ini,” si Zaki, ngasi selebaran kertas yang kemudian dibaca di kelas. 

 Tim media. Ayo bikin yearbook digital!! 

 Lupa gimana tulisannya. Pokoe intine kita bikin yearbook. Ngisi formulir secara onlen fi http://bit.ly/ftsl10 atawa minta form tulis langsung ke Ahu (anak FTSL3). Jangan lupa kirim foto ukuran minimal 600x600 pixel ke ftsl2010@yahoo.com kalo ngga ngirim, anak media akan melancong nyari ke mana-mana entah pose apa. Haha..

 Keren kaaaannnn ^_^ ini ide yang sangat kreatip. Two thumbs up!! d(*_*)b

d.   TIM OLAHRAGA
Ini tim yang kereen juga. Inget yang di atas ada yang bilang gini kan? ”Waahh...kayaknya anak TPB yang paling ngeksis itu FTSL ya. Habis makrab, baksos, ini donor darah...keren keren...” nah, trus ada yang njawab, ”Iya lah... kita malah udah sempet ngadain home tournament lho...” 
 Mantab jaya....

 Home tounament diadain pas weekend. Turnamen yang diadakan itu adalah lomba antar kelas. Ini buat asik-asik sekalian buat refreshing sehabis kuliah yang menjemukan (apa iya lho? haha).


Oke laah... itu sedikit cerita tentang ftsl. Jumpa lain waktu see youuu muaahh haha :D

Sabtu, 07 Mei 2011

Tips Sukses Ngapalin Nama orang en Nambah Kenalan

Sabtu, 07 Mei 2011
Saya mau berbagi tips buat ngapalin nama orang plus nambah kenalan (kaya ane ini  orang yang banyak kenalan aje, ehehe-tapi ga apa lah...bagi bagi)
  • Saat masuk kuliah pertama, lihatin teman-temannya dulu, kenalan sama yang duduk di samping kanan, kiri, depan, dan belakang. setelah itu nanya "di kelas ada yang dikenal ngga? siapa aja? sebutin dong,". nah, apalin muka dan nama orang-orang yang disebut teman pertamamu itu.
  • Saat masuk kuliah kedua, coba duduk di bangku urutan ke tiga ato dua. Pas tandatangan absen digilir, liet siapa aja yang uda tanda tangan. apalin tuh yang uda tanda tangan tadi dan itung probabilitas nama orang itu (ini metode beneran saya lakuin ^_^).
  • Saat masuk kuliah seminggu, ndaftar unit. disana kita akan mengenal banyak orang baik dari fakultas yang sama maupun berbeda. (nambah kenalan kaaaannn)
  • Jadi PJ-PJ contact person buat mesen ini-itu. biasanya mahasiswa baru dikasi kertas pemesanan baik itu kaos lah-jaket lah-pin lah-apa lah-- nah, yang nulis ato mesen (jadi klien kamu) pasti nyantumin nama sama no HP. kenalan tuh.. (pengalaman pribadi, tapi ya ngga neror sms orang yang mesen cowok semua, ceweknya cuma satu, xixi)
  • Saat masuk kuliah satu bulan, coba den ndanus buat apapun... (pengalaman pribadi juga -___-). setiap ada yang beli, bilang,  "makasih yaa ......(diisi sama nama orang)," ngapalin gampang kan??
  • Saat hampir selese semesteran, coba ikut kepanitiaan acara. nah, jadi tuh punya banyak temen, kamu jadi aktif pula.
 Udahan ah tipsnya. kayaknya aneh semua nih -___- maap yaaa... ^_^ tapi bisa dicoba kok... sok atuh hehehe

Jumat, 06 Mei 2011

Disguise

Jumat, 06 Mei 2011
Aku dapat lagu ini dari Haifa. sebelumnya pernah ndenger sih, karena ini ost dorama Taiwan Twins favoritku pas eSDe. coba baca liriknya deh. keren kaan???  <^_^

Have you ever felt some kind of emptiness inside
You will never measure up, to those people you
Must be strong, can’t show them that you’re weak
Have you ever told someone something
That’s far from the truth
Let them know that you’re okay
Just to make them stop
All the wondering, and questions they may have

I’m okay, I really am now
Just needed some time, to figure things out
Not telling lies, I’ll be honest with you
Still we don’t know what’s yet to come

Have you ever seen your face,
In a mirror there’s a smile
But inside you’re just a mess,
You feel far from good
Need to hide, ‘cos they’d never understand
Have you ever had this wish, of being
Somewhere else
To let go of your disguise, all your worries too
And from that moment, then you see things clear

I’m okay, I really am now
Just needed some time, to figure things out
Not telling lies, I’ll be honest with you
Still we don’t know what’s yet to come

Are you waiting for the day
When your pain will disappear
When you know that it’s not true
What they say about you
You could not care less about the things
Surrounding you
Ignoring all the voices from the walls

I’m okay, I really am now
Just needed some time, to figure things out
Not telling lies, I’ll be honest with you
Still we don’t know what’s yet to come
I’m okay, I really am now
Just needed some time, to figure things out
Not telling lies, I’ll be honest with you
Still we don’t know what’s yet to come

Still we don’t know what’s yet to come
Still we don’t know what’s yet to come


source: http://lirikbaru.com/lirik-lagu-lene-marlin-disguise.htm

Trivia ITB (ngambil dari buku OSKM ITB)

  1. Gedung PAU adalah gedung tertinggi di ITB dengan 8 lantai. di lantai ke-7 ada green house. meneropong dari atas PAU dapat melihat keseluruhan Kota Bandung. 
  2. Letak nomor bangunan ITB di Jalan Ganesha nomer 10-12, walaupun lebih dikenal dengan Jalan Ganesha 10. letak nomor 10 ada di batu sebelah kanan gerbang utama, dan nomor 12 ada di tembok batu sebelah kiri gerbang utama.
  3. Bunga di gerbang utama ITB: bunga Bugenvilee di gerbang depan ITB hanya berbunga pada bulan Agustus pda saat penerimaan mahasiswa baru, bunga berwarna ungu mekar di pertengahan semester, sementara itu bunga warna merah mekar di akhir semester.
  4. Kunci Aula Timur belum pernah diganti sejak pertamakali dibangun
  5. Lapangan Campus Center berbentuk Segitiga karena salah perancangan
  6. Di kolam Indonesia tenggelam (Intel) ada dua air mancur. satu di tengah, yang kecil di Bandung (pada peta).
  7. Di kolam Intel yang panjang terdapat spot-spot khusus. itu adalah partitur lagu Indonesia Raya
  8. Di ITB ada titik gaung yang bila berteriak akan menghasilkan suara yang memantul
  9. Lab penerbangan ITB memiliki pesawat sistem hidrolik aero dinamik sumbangan dari Uni Sovyet.
  10. Observatorium Boscha merupakan peneropongan bintang tertua di Indonesia.Tahun 1959 Boscha adalah bagian dari ITB setelah sebelumnya diserahkan oleh pendiri (NISV- Nederlandsch Indische Sterrekundige Vereeniging) ke Republik Indonesia
*dengan sedikit perubahan

Segitiga di ITB

Di ITB sendiri itu ada yang namanya segitiga kesuksesan dimana disetiap sisinya terdapat suatu aspek yang sangat penting. sisi pertama adalah NILAI BAGUS. sisi kedua adalah TIDUR YANG CUKUP. dan sisi terakhir adalah AKTIF SOSIAL. kebanyakan anak ITB yang sukses adalah memilih dua dari tiga di atas dan menjalani peran nya secara baik

Kesiapan Saat Kamu Sudah Masuk ITB (rahma’s version) *kevalidan data tidak dapat dipertanggung jawabkan

Apa kesiapan yang harus ada kalo mau masuk ITB??? Ini daftar yang saya buat untuk adek-adek semua. Baca yang teliti yaakk. Ok lets go.
Kita harus siap untuk....
  1. Ngeluarin uang yang ’lumayan’ buat ngekos dan daftar ulang
  2. kesasar di Bandung
  3. cari buku pinjeman ke kakak angkatan
  4. kuliah lebih awal dari universitas lainnya
  5. merasakan libur yang tidak semestinya
  6. UTS selama tiga bulan tiada henti
  7. Tekanan batin setiap hari
  8. Rambut rontok
  9. Begadang belajar maupun ngegame
  10. Kecanduan kopi
  11. Sakit karena kecapaian
  12. Pulang malam-malam
  13. Jarang mandi sore (ehehehe)
  14. Punya teman ’dewa’ (maksudnya pinter banget)
  15. Punya teman yang berbeda prinsip
  16. Punya teman yang sok pintar tapi memang pintar
  17. Roaming (karena perbedaan bahasa)
  18. Tas jebol karena keseringan bawa buku berat (rata rata per buku >2kg)
  19. Berat badan nambah karena ngemil saat begadang
  20. Dongkol karena dosennya terlalu perfeksionis (ga mau diprotes)
  21. Merasakan libur yang ’keras’
  22. Ngerjain jurnal dan tugas pendahuluan untuk praktikum
  23. OL internet nyari info sendiri
  24. Ngaktifin e-mail dan gabung milis ini-itu
  25. Malam minggu pacaran sama buku
  26. Muka kuyu setiap Jum’at malam (habis UTS)
  27. Nginep di kosan teman buat ngerjain tugas besar (ex: Karya Tulis, RBL)
  28. Ngganti alat karena mecahin barang di LabKimia
  29. Dipotong nilainya saat telat praktikum Fisika
  30. Cucian menumpuk karena kelupaan
  31. Tidur cuma 3-5 jam perhari
  32. Kelaparan karena uang habis (hahaha)
  33. Ngerasain kesenjangan sosial yang sangat tinggi

Tunggu.... kok kayaknya listnya banyak dan ngeri semua yaa (sampe simbol aa bb segala)??? Mana enaknya nih?? Ehm... ga mau bahas ah, biar kalian ngga mau masuk ITB, hahaha... bercanda. Silakan simpulkan kesenangan kalian di ITB setelah menjalaninya. Sip sip ^_^b


~fin~

Rabu, 04 Mei 2011

4mybstfrds

Rabu, 04 Mei 2011
Untuk teman tercintaku:

afifah
amalia nadhifta ulfa
aprillia khasanah
danur annisa murhayanti
faridha cynthia dhewanti
fathin faridah
maya ratih larasati
nanda farhanah

tetap semangat! Aku di sini selalu mendoakan kalian. Sukses!
Percayalah, karena Allah selalu bersamamu ^_^

Tahukah Anta?

Sujud membuat cerdas

Dari sudut pandang ilmu psikoneuroimunologi (ilmu mengenai kekebalan tubuh dari sudut pandang psikologi) gerakan sujud dalam shalat dapat mengantarkan manusia menjadi cerdas. Dengan melakukan ferakan sujud secara rutin, pembuluh darah pada otak terlatih untuk menerima banyak pasokan darah. Pada saat sujud, posisi jantung berada di atas kepala yang memungkinkan darah mengalir maksimal ke otak. Artinya, otak mendapat pasokan darah kaya olsigen yang memacu kerja sel-sel lainnya. Aliran inilah yang mempengaruhi daya piker seseorang. Penelitian yang dilakukan oleh Prof.DR.M.Shaleh ini mendapat pengakuan dari Harvard University, Amerika Serikat.


Asal Uang

Jika kita mengenal uang dalam jenis kertas maupun logam, tahukah Anta? Sebenarnya dulu orang-orang primitif menggunakan alat penukar berupa kulit terang, manuk-manik, gading gajah, bulu binatang, kulit, dan hasil ternak.
Setelah peradaban agak maju, orang-orang kemudian menggunakan emas, perak, dan tembaga. Mata uang tertua diciptakan pada abad ke-7 sebelum masehi, berupa kepingan emas, perak, dan yang sejenisnya. Mata uang dalam bentuk iki digunakan kira-kira 4000 tahun.
Lama kelamaan mata uang dibuat dari bahan logam yang lebih murah seperti timah dan tembaga. Pada abad ke-7M, Cina mulai menggunakan uang kertas. Kemudian pada abad ke-17M, uang kertas menyebar ke negara-negara eropa.

Bukti Bulan pernah terbelah

Beberapa tahun lalu, para astronot Amerika membuat pengakuan mencengankan. Para ilmuwan tersebut menemukan fakta bahwa bulan pada masa dahulu pernah terbelah kemudian melekat lagi. Bekas-bekas yang menunjukkan fakta itu sangat terlihat di permukaan bulan sampai ke dalam perut bulan. Setelah mendengar berita yang disiatkan tersebut, David M Pidcock langsung masuk islam. Pasalnya ia pernah membaca al-Qur’an surat Al Qamar ayat 2: ”Telah dekat datangnya saay itu dan telah terbelah bulan. Dan jika mereka melihat suatu tanda, mereka berpaling dan berkata:’Sihir yang terus menerus’”. David mengatakan,”Begitu mendengar ini saya langsung lompat dari kursi dan berkata dalam hati bahwa sebuah mukjizat telah terjadi pada Muhammad pada 1400 tahun yang lalu. Al-Qur’an telah mentebutkan dengan perincian yang begitu mengagumkan. Ini pasti agama yang benar,” katanya. Ia pun memeluk islam.

Pengaruh mendengarkan lantunan al-Qur’an

Mendengarkan lantunan ayat-ayat al-Qur’an berpengaruh pada kejiwaan seseorang. Orang stress bisa sembuh dan terobati. Sebuah studi di sebuah inoversotas do Washington menyebutkan 65 persen eksperimen mendengarkan lantunan ayal Al-Qur;an memiliki pengaruh cukup signifikan terhadap gejala stres. Sedangkan pada bacaan-bacaan lain selain al-Qur’an semisal buku, novel, majalah, koran, dan sebagainya, hanya berpengaruh sekitar 35 persen saja untuk menghilangkan stres.

Ayat tentang ’laut’ lebih banyak dari ayat ’darat’

Dari Tariq al-Swaidan, dalam Astonishing Facts About Quran, menyebutkan bahwa kata ‘laut’ berjumlah 32, sementara jumlah ayat ‘darat’ hanya ada 13. sehingga ayat ’darat’ dan ’laut’ berjumlah 45. jumlah ayat yang membicarakan laut berarti 32/45x100%= 71,11% sedangkan ayat dengan kata darat sebanyak 13/45x100%=28,88%. Nah, angka yang mencatat bahwa 71,11% bumi ini adalah lautan, sedangkan daratan hanya ada 28,88%

Sumber: Tahukah Anta? Informasi Unik dan Menarik Seputar Dunia Islam

Nyanyian Sunyi

Hey, apa kau dengar itu?
Coba tajamkan pendengaranmu
Kau akan mendengar suara gesekan rerumputan terinjak sesuatu

Sesuatu?

Ya. Sesuatu.

Apa sesuatu itu?

Tunggu. itu jejak langkah sang pemburu
Mereka membawa senapan dan mesiu

JANGAN MENDEKAT!

Kita harus teetap di sini
HARUS tetap disini
menunggu mereka pergi
Atau kita yang akan pergi


Dari dunia



Selamanya

Mata Silinder??

"Pengen periksa mata," Tadi aku iseng pas mau balik ke kosan bilang ke Haifa begituan.
"Eh, iya nih, boleh-boleh-boleh, terakhir aku periksa SMA soalnya," Haifa mbalas.

Di deket Salman di optik Ganesha emang ada klinik buat priksa mata gratis. Akhirnya kami melenggang ke sana.
"Mbak, mau priksa mata," Haifa bilang ke mbaknya. kami berdua ngga mau siapa duluan yang periksa, dan aku menjadi pasien pertama.

Mata ngeliet ke alat dan aku melihat ada gambar rumah yang di dekat-jauhkan. pemeriksaan selesai.
"Wah mbak, ini silinder, satu,"

Beeehhhh.... Ane silindeeeerrrrr

"Ini normal mbak," mbaknya bilang setelah meriksa Haifa.
"Hahaha, mataku hebat ya Ma, aduh kasihan silinder,"

Umiiiii kakaaaakkk ayaaaahhhh aku silindeeeerrr....

Ehm. ini kan pake alat, belum tau kalo pake manual gimana, ehehe. ehm. sekarang copas dulu dah, silinder itu apa ya? check this out 

Astigmatisme atau mata silindris merupakan kelainan pada mata yang disebabkan oleh karena lengkung kornea mata yang tidak merata. Kelainan refraksi ini bisa mengenai siapa saja tanpa peduli status sosial, umur dan jenis kelamin.


Bola mata dalam keadaan normal berbentuk seperti bola sehingga sinar atau bayangan yang masuk dapat ditangkap pada satu titik di retina (area sensitif mata). Pada orang astigmatisme, bola mata berbentuk lonjong seperti telur sehingga sinar atau bayangan yang masuk ke mata sedikit menyebar alias tidak fokus pada retina. Hal ini menyebabkan bayangan yang terlihat akan kabur dan hanya terlihat jelas pada satu titik saja. Disamping itu, bayangan yang agak jauh akan tampak kabur dan bergelombang.Apa yang menyebabkan astigmatisme?


Astigmatisme umumnya diturunkan dan sering muncul sejak anak anak. Selain itu, astigmatisme juga bisa disebabkan oleh tekanan yang berlebihan pada kornea, kebiasaan membaca yang buruk dan kebiasaan menggunakan mata untuk melihat objek yang terlalu dekat.


Apa saja keluhan penderita astigmatisme?


Penderita astigmatisme yang belum diobati akan sering mengeluh sakit kepala, kelelahan pada mata dan kabur saat melihat benda berjarak dekat maupun jauh. Jika mengalami gejala tersebut dalam jangka waktu yang lama, sebaiknya anda segera ke dokter mata untuk melihat kemungkinan terjadinya astigmatisme.


Bagaimana mengobati astigmatisme?


Hampir semua derajat astigmatisme dapat dikoreksi dengan kacamata atau lensa kontak. Pada penderita derajat ringan bahkan tidak memerlukan koreksi sama sekali selama astigmatisme itu tidak disertai dengan rabun jauh atau rabun dekat.


Kaca mata untuk penderita astigmatisme menggunakan lensa silinder. Pilihan lain untuk mengobati astigmatisme adalah dengan operasi, namun tindakan ini sangat terggantung dari kondisi pasien. Operasi dilakukan dengan menggunakan laser untuk memperbaiki lengkung kornea.

Nah. Ok. cukup sampai disini, ehehe. semoga bermanfaat ^_^ wassalam.

Artikel diambil dari : http://www.blogdokter.net/?s=MATA+SILINDER 

Keep Trying!

I don’t care about anything 
Doudemo ii tte kao shinagara
Zutto zutto inotte ita
Nai mono nedari
Chotto ya sotto de manzoku deki nai
Dakara keep trying

Juu-ji no owarai bangumi
Shigoto no tsukare iyashitemo
Hitori ga sukoshi iya ni naru yo
Sou iu no mo daiji to omou kedo

Kyonen yori mendouku sagari ni natteru zo
Chousensha nomi moraeru gohoubi
Hoshii no

I don’t care about anything
Chotto chikoku shita asa mo koko kara
Ganbarou yo
Nandodemo kitai suru no
Baka mitai nanka ja nai
Dakara keep trying

Honto wa dare yori HANGURII
Kimochi no midare kakushitemo
Maiasa yowaki me na sugao utsusu kagami
Taiji shitai yo

Tsuki yo no negai utsukushii mono dakeredo
Hyouteki ni natte doro ni tobikonde
Lady, RETTSUGOO

I don’t care about anything
KUURU na POOZU kime nagara

Mi wo iu to tatakatteta
Taisetsu na inochi
Tottemo ki ni shii na anata wa sukoshi
Yasumi nasai

TAIMU IZU MANEE?
Shourai, kokkakoumuin da nante iu na
Yume ga nai naa
Aijou yori money?
DAARIN ga SARARIIMAN datte ii jan
Ai ga areba

I don’t care about anything
Doudemo ii tte kao shinagara
Zutto zutto inotte ita
Nai mono nedari
Chotto ya sotto de manzoku deki nai
Dakara keep trying

Donburakokko
Yo no naka tsugi shizumi ga hageshii naa
Donna toki demo
Kachi ga kawara nai no wa tada anata

Shounen wa itsumademo itsumademo kataomoi
Jounetsu ni jounetsu ni onedan tsukerare nai
Otousan keep trying, trying
Okaasan keep trying, trying
Oniichan, shashou san, oyomesan keep trying, trying

[ From: http://www.metrolyrics.com/keep-tryin-lyrics-hikaru-utada.html ]

Karunia Allah itu..

Hari ini apa yang telah kau lakukan?

Aku bangun tidur dan menarik nafas. Subhanallah, aku masih bernafas. jantungku masih berdebar, dan ak masih bisa merasakan belaian angin.

Aku melihat sekitar. ya, aku masih bisa melihat. aku memikirkan sesuatu itu berarti otakku masih bekerja. aku mencoba membuka mulut, dan aku  masih bisa bersuara.

Hal yang kelihatannya biasa saja ini,, adalah karunia yang sangat sangat besar. apa kau lupa akan itu?

fabiayyi aalaaaaai rabbikumaa tukadzibaan. Maka, nikmat Tuhanmu manakah yang kau dustakan?

Kadang, manusia lalai akan segalanya. semuanya... sudah jelas.

Selasa, 03 Mei 2011

Galau Galau Galau

Selasa, 03 Mei 2011
Boleh cerita kan?

Boleh dong…

Haha.

Ehm. Ini waktu untuk serius. Ane mau membahas sesuatu. Sesuatu yang sangat sangat sangat penting. Tentang Galaunisme (heuheuu~gaya Retno SAPPK)

Ehm. Apa sih galau itu?

Dulu sih pas SMA kata ini ga sengetren sekarang. Di ITB, sikek sikek galau. Nentuin mau jurusan mana, galau; uang kiriman belum datang, galau; bidik misi telat turun, galau; mau UTS, galau. Huff semua serba galau. T_T. Bahkan cuaca pun ikut galau. Bentar panas, bentar ujan. Bikin gampang sakit, huhu.

Ini aja ane posting juga karena galau (haaa)

Lagi musim UTS, Bray! (walau hampir berakhir seh) Kayaknya anak ITB pada galau karena disini kita tekanan batin (kepanjangan ITB: Institut Tekanan Batin :p). Bayangpun! Nguras otak selama tiga bulan tiada henti. Enak sih enak, kuliah dikit liburnya panjang. Tapi mikirnya itu.. aku belum bisa enjoy sama ini, huhu. (Mode curhat:ON)

Huft. Sudahlah. Galaunisme menggoncang, tapi kita masih harus berjuang yak, melawan ini semua. Ingat bahwa Allah selalu bersama kita ^_^. Jika ragu, pilih yang tidak membuatmu ragu! Kalo ragu dua-duanya? Ya...jangan ragu, hehe. Kalau resah (kata lain galau juga), coba ndengerin muratal atau baca Qur’an. Yang paling majur sih sholat terus doa.

OK OK OK. Postingan sampai di sini. Jangan galau lagi, hehe.

2 Mei

Selamat ulang tahun kakaaaakk... mbakyuku tercinta dan partner bertengkar yang baik.. hahaha

lope you so much

mbak Annisa Nur Pertiwi, yang menjadi sisi resesif dari keluarga, karena akulah yang dominan. hehehe.

Tambah TUA. 20 Tahun itu tua. tua tua tua... :P

Rihlahh!!!

Minggu, 24 April 2011
Hari ini ada rihlah rohis fakultas. RIHLAH! Tau ke mana? Ke Situ Patengan!
“Ga takut cuaca buruk Haifa?” aku agak tidak setuju dengan usul Haifa kala itu. Haifa anak Ukhuwah yang bertugas bikin acara begituan.
“Ohoo tidaak. Kita berdoa akan cerah,”
“Sini sana berapa jam emaang?”
”Dua jam,”

Dan kenyataannya sekarang naik angkot selama tiga jam. Si Nadiyatur pulas tertidur karena mabok. Saya, Haifa, Tri, Umi, dan Mesa semangat main garuda-garudaan. Kalo bahasa jawanya sih maen sompyo. Setiap anak (haha) pas suruh nunjukin jarinya, dilihat ada berapa. Misal ada enam, berarti maen dengan kata berawalan huruf F (haduh maaf ya saya ngga bisa mendiskripsikan ini dengan baik, haha). Permainan berlangsung beberapa jam sampai perut sakit karena kebanyakan ketawa.

Dua jam mulai garing di angkot, satu jam kemudian mulai muak. Daaann tiga jam melelahkan pun terlewati. Akhirnyaaaa nyampai juga di situ patengan ^_^

Sampai di Situ nyari tempat buat bakar-bakar ayam (keren kaaaan haha). Yang akhwat nunggu deket danau, yang ikhwan nyari tempat yang pas.
Tik tik tik...
Hujan mulai turun.
Zaassss
Hujan mulai deras

”Apaan masa rihlah hujan?”
”Di sini memang cuacanya kadang cerah kadang hujan,”
Benar saja. Kemudian cerah lagi.
”Yang ikhwan sudah nemu area yang bagus,”
Akhirnya kami menuju tempat itu. Di tempat terpencil dekat danau. Dekaaat banget. Yang akhwat nyiapin pembakar arang dan mulai nyalain api. Yang ikhwan pasang-pasang terpal buat atap jaga-jaga buat nanti hujan.
”Hui kapan nih selesai bakar ayamnya?” yang ikhwan nanya.
”Bakar gimana? Orang arangnya aja belum merah,” yang akhwat menjawab.
”Haduh lapar,” Dika menghampiri dan melihat ayam yang belum dibakar. ”dimakan gini bisa ga sih?”
”Bisa sih, udah di ungkep. Tapi kan ngga enak kalau ga dibakar. Kalau mau dimakan gitu ya silakan saja,” akhwat entah siapa menjawab.
Akhirnya Dika memilih untuk pergi dan menunggu ayam matang.

Cuaca galau. Bentar cerah, bentar hujan. Dan... dzuhur pun datang.
”Yang ikhwan sholat di sini aja, kan ada karpetnya ni. Wudhunya kan di danau bisa. Air mengalir kan?”
Dan akhirnya ikhwan sholat di bawah terpal, yang akhwat masih bakar-bakar dan uhuk uhuk karena arang belum juga merah (-_-)a. si Ibud bawa kompas bidik untuk menentukan arah kiblat (’o’).

”Mana nih masa dari tadi belum bisa bakar-bakarnya?” yang ikhwan meraung (ngga juga ding).
”Eh, kita kan udah usaha yei,” akhwat membela diri. ”Sekarang gantian ente yang ngipasin plus bakar tuh. Kita sholat dulu di musholla,”

Yang akhwat pergi ke musholla dan setelah balik ternyata semuanya sudah beres. Waaa ikhwan GFTSL hebaaat!!! (prok prok prok à suara tepuk tangan)

Akhirnya setelah perjuangan menyalakan api dari arang ditambah ranting basah serta tanah yang basah, kita bisa menikmati ayam bakar juga.

Zaaasss
Yah... ujan makin deres.
”Yang akhwat ngga ada yang takut gendut kan?” seorang ikhwan nyeletuk saat ayam mulai dibagikan. Umi menggeleng. Ada duapuluh-an potong ayam, padahal yang rihlah cuma 13 anak. Makannya jatah ikhwan akhwat kebanyakan nih.
”Ngga ah, apaan, siapa yang takut?”
Setelah si ikhwan pergi aku menunduk. ”Ah, umiii..” si umi hanya tertawa.
”Hahaha Ma, maap maap,”

Makan saat hujan, bareng teman, bakar ayam, tapi...
“Ih, terpalnya kok kayaknya turun banget ya? Kaya mau jatoh,” kubu akhwat ada yang nyeletuk. Aku melanjutkan makan.

Sedetik kemudian (beneran sedetik)...
“Waaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa!!!!!!” PLAK! Terpal yang dibuat tenda jatuuuh!!!!

Astaghfirullah.... enak-enak nyantap makan baru lima menitan dengan persiapan berjam-jam, hancur begitu saja karena terpal rubuh. Mana hujan lagi deres, lagi.

Akhirnya malah ngga jadi makan dan mobilisasi pakai terpal dibawa bareng-bareng. Dilihatin orang, tapi cuek saja.
“Ini nih ukhuwahnya disini..”
Ukhuwan sih ukhuwah, tapi malu bin capek, haha.

Setelah itu, badan basah kehujanan, menggigil, tapi si Haifa masih pengen naik perahu. Setelah rapat sebentar, akhirnya diputuskan untuk naik perahu bareng-bareng. Naik perahu pas hujan, ndayung sendiri, daaan muter-muter ndak jelas. Sempet syura’ di tengah danau nda ada yang ndayung, dan benar-benar sunyi. >_< huaa kami menggigil kedinginan.

Ehm. Sampai darat, sholat ashar, dan pulang. Pas pulang, uda pada capek jadi ngga maen garuda-garudaan lagi. Dan jalan pulang lebih sebentar, dua jam. Sampai kosan jam setengah tujuh. Wuaaa

Hari yang melelahkan. <^_^

Hal-hal yang bisa dilakukan mahasiswa, tapi (hampir) ga bisa dilakuin anak SMA

Huaaaa kali ini saya akan membahas kegiatan-kegiatan mahasiswa yang agak acakadul dan kehidupan di kampus.
Yang bisa dilakukan mahasiswa nih, tapi dari sisi negatif yak, :P
a.           Nitip absen
Hayuuu ngakuuu kakak-kakak mahasiswa, siapa yang pernah ngelakuin ini? NGAKU! Hahaha maksa banget. Alhamdulillah, sampai detik ini saya belum pernah nitip absen. Ada teman saya yang pernah nitip, tapi say atolak mentah-mentah. “ga takut sama Allah, apa?” bodoh. Hem… tapi kalau kalian ngertiin dengan konteks ‘toleransi antar teman’, terserah yei. Prinsip ada di tangan masing-masing.
Pernah suatu kejadian, kelas cuma keisi setengah, eh, absennya penuh -,- aneh ngga sih kalau kejadiannya seperti itu? Heu heu. Ehm, biasanya ada juga dosen yang ngabsennya dipanggil satu-satu. Jadi jangan berharap ada yang bisa nitip absen.

b.          Bobok di kelas
Ini nih. Saya hamper pernah ngelakuin. Xixi. Tugas mahasiswa seringkali menyita waktu sampai tengah malam. Hem. Inilah salah satu sebab mahasiswa tidur di kelas. Ada dosen yang cuek ajah kalau ada mahasiswa tidur di kelas, tapi ada juga yang agak sensi kalau ada mahasiswa yang ga merhatiin pelajaran alias tidur.

Ehm. Asal tau aja, dosen lebih seneng kita tidur di kelas daripada kita ramai dan bikin kelas gaduh. “Daripada ramai, anda lebih baik tidur, kasihan teman anda yang ingin memperhatikan, atau anda absen saja terus keluar, saya juga tidak masalah,” dosen KPIP saya sering bilang begitu gara-gara kelas saya rame.

c.           Telat (dalam artian yang berlebihan)
Huaaa siapa yang hobi telat?? Saya. Hahaa.
Pertama kali masuk duluuuu sekali, jam enam sampai jam setengah tujuh paling telat, kelas udah ramai. Tapi sekarang jam tujuh aja, kelas setengahnya pun belum terisi.
Ehm, di kuliah emang absensi ga ketat seperti pas SMA. Coba dulu. Pas hari senin, telat aja kekunci di luar, terus harus minta surat keterangan dari BP juga. Sekarang sih toleransi tergantung Dosen. Ada yang matok, maksimal datang 15 menit dari jam utama, ada yang harus tepat waktu, kalau telat kurang dari 15 menit absen dihitung setengah, dan ada yang ngasih kelonggaran bisa masuk kapan saja asal ga berisik.
Hemm... pastiin masuk sesuai keinginan dosen saja kalau begitu. Saya aja kalau hari senin dari kosan jam tujuh lebih lima, sampai kelas jam tujuh lebih seperempat, dosennya belum datang. Heuuu.... begitulah.

d.          Ngrokok di lingkungan kampus
Ehm. Kalao pas SMA sih ga mungkin dilakuin. Mau dapet skorsing? Mau nginep di ruang BK karena ini? Hoho. Sekarang di kuliah anda BEBAS merokok. Syaratnya cuma satu: anda boleh merokok, tapi asapnya jangan sampai masuk ke hidung orang lain. T_T sayangnya hal ini kurang diperhatikan oleh mahasiswa khususnya anak-anak Teknik di ITB ni. Ayolah, hargai orang lain. Bahaya perokok pasif lebih tinggi dari perokok biasa.
e.           Mbolos yang ekstrim
Ini nih. Setiap mata kuliah, diwajibkan kehadiran minimal 80%. Dan ada beberapa yang sebenarnya kurang dari itu, nitip absen mulu. Bahkan ada teman saya yang ga pernah masuk kelas (beneran!) dan tau-tau nongol pas UTS dan absennya penuh (aga penuh juga sih). Aneh nyaaa...


Ok teman-temaaaan... jangan tiru kebiasaan mahasiswa yang jelek ini yaaa ^_^
アイサ の ノート © 2014