Sabtu, 16 Agustus 2014

Memasak di Kos Yuk!

Sabtu, 16 Agustus 2014

Jadi anak kos itu belum tentu jadi anak jajan. Ngekos juga bisa melatih kemandirian, tinggal jauh dari orang tua itu artinya kita harus ngurusin diri sendiri.  Mulai dari jasmani sampai rohani, kita hampir terlepas banget dari peran orang tua. Nah, salah satu cara menjaga jasmani adalah mengatur makan. Selain bisa menghemat, mengatur makan juga berpengaruh sama kesehatan. Kalo jajan terus kan udah boros, bisa ketularan penyakit juga kalo tempat makannya ga higenis. Nah, buat teman-teman yang ngekos tapi pengen masak tapi alatnya terbatas pake banget karena pengen menghemat dan pengen lebih sehat –cieeh –ehm baiklah, karena saya baik hati *abaikan* saya akan berbagi tips-tips masak di kos khusus buat kalian-kalian. Check this out!!
HARUS ada rice cooker
rice cooker, barang wajib nih hoho
Seperti yang sudah pernah saya bahas di tips-tipsasik buat mahasiswa kosan, rice cooker adalah benda berharga *halah* bagi mahasiswa. Rice cooker bukan hanya bisa buat masak nasi, tapi bisa buat masak air, masak mi, numis, bahkan bikin roti. Ga percaya? Klik link ini buat tau masakan apa aja yang bisa dimasak pake rice cooker. Canggih kaan? Rice cooker memang bukan hanya ‘rice’ cooker saja ternyata :D

Ga ada kulkas, harus gimana?
Keknya kulkas adalah salah satu peralatan dapur wajib kalau dirumah untuk mengamankan bahan-bahan dari kebusukan. Nah kalau ga ada kulkas gimana? Gampang, beli lah bahan-bahan makanan seperlunya, jangan menumpuk bahan mentah yang mudah membusuk. Untuk bayangan saja sesuai pengalaman saya:
·      di suhu ruangan, telur bisa tahan dua minggu, wortel bisa tahan 5 hari, brokoli 3 hari, bawang tahan super lama, jagung 4 hari, kangkung atau bayam dua hari, tempe dua sampai tiga hari, dan sawi putih tiga hari.
·      Yang ga tahan lebih dari satu hari contohnya tahu dan daging (sapi/ayam). Saya ga pernah beli ayam karena saya ga pernah bikin kaldu ayam.
·      Untuk sosis, saya mengonsumsi sosis siap makan yang ga perlu disimpan di kulkas.

Alat yang diperlukan dan cara untuk menyiasatinya
Ga semua kosan ada dapurnya, jadi kalau pengen masak ya harus memakai alat seadanya. Kalau ga ada dapur, kompor listrik atau kompor gas kecil adalah alat yang hampir wajib dipunyai. Kalau mau pake rice cooker aja juga ga papa sebenarnya ga ada yang ngelarang #loh. Berikut siasat yang dapat dipraktekkan untuk minimasi alat dapur:
·      Yang pasti harus punya pisau, karena pisau adalah segalanya cieeh. pokoknya harus ada piso, titik. Ga bisa disiasati yang ini. Jangan coba-coba ngiris pake penggaris ato silet yak, apalagi pake kartu mahasiswa -___-
·      Selain pisau, panci sama Teflon juga disarankan punya. Kalo engga punya, terus masaknya pake apa dong ahaha.
·      Mau ngulek tapi ga ada ulekan? Kalo saya hamper ga pernah ngulek sih, kalo butuh banget ngulek buat bikin tumisan, saya parut bawang putih pake parutan keju ahaha. Kalau engga, di masukin ke plastik putih, terus diinjak *bercanda, di pukul pake ganggang pisau sampai hancur.
·      Buat ngaduk biasanya saya pake sendok biasa, bukan pakai sendok sayur.
·      Untuk talenan, saya biasanya beli plastik mika bening yang buat laporan itu, kemudian dijadikan alas untuk mengiris sesuatu. Lantai bersih, dan aman.

Bumbu apa saja yang harus ada?
Nah ini, saya akan berbagi bumbu yang bisa dibilang *wajib* untuk ada di kos. Catet, catet baik-baik!! *tiba-tiba belagu*
·      Garam
·      Gula
·      Kecap manis
·      Saus sambal
·      Bawang putih dan bawang merah *ini tahan lama banget kok, beli satu ons bisa tahan lima bulan
·      Saus tiram *beli yang sachet banyak yang jual kok
·      Kaldu bubuk
·      Merica bubuk, biar ga usah ngulek
·      Ketumbar, kalo butuh.
·      Udah. Eh, jangan lupa, minyak atau mentega juga ya~~

Bahan makanan yang bisa dimasak dengan cara sederhana
bahan-bahan yang sering saya beli dan saya makan muwohoho
Saya sih kalau masak ya itu-itu aja. Kalau bumbu udah ada, bahan makanan yang biasaya saya beli itu telur, brokoli, wortel, sawi putih, bayam, kangkung, tempe, dan akhir-akhir ini jagung. Yak benar, saya nulis ulang dari bahan-bahan berdasarkan ketahanan. Ya saya tau karena saya belinya itu-itu mulu dari dulu -___-. Oh ya, biasaya saya juga beli keju buat menambahkan rasa ke masakan. Masakan apa aja, karena saya suka keju muehehe.


Baiklah, mungkin hanya segini segelintir tips dari saya untuk kalian-kalian yang ingin masak di kosan. Di pos berikutnya saya akan coba pos resep sederhana yang bisa dibikin di kosan. See ya :D/

4 komentar:

  1. gue masak pakek kompor minyak di kamar -_-...jadul banget yaa hahaha.
    makasih tips2 nya,,, selain buku anak kos dodol ini juga bisa jadi referensi. ?^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. serius? greget sekali:"D. hihi sama samaa makasih juga sudah mampirr

      Hapus
  2. Kk bagi resep makanan yg biasa kk buat dari bahan2 yg suka kk beli dong hehehe thankyouu ^^

    BalasHapus

mau bertukar pikiran?:D

アイサ の ノート © 2014