Sabtu, 30 Agustus 2014

Rekomendasi Film Korea *dari kacamata penggemar film jepang*

Sabtu, 30 Agustus 2014

Hah? Katanya ga suka Korea? Engga juga sih. Saya memang ga terlalu cocok dengan drama korea, tapi kalau ada yang bagus ya saya tonton kok. Mungkin memang kalau sudah terlalu sering nonton drama atau film jepang jadinya ga doyan sama Korea. Padahal di tanah air dan seluruh belahan bumi lagi demam korea pun yang pecinta jepang ga akan goyah myahaha.
Ada beberapa film korea yang membuat saya ga bisa bilang itu ga bagus. Saya nonton berkali-kali pun ga bosen. Bukan karena pemainnya ganteng dan cantik -__- tapi karena ceritanya bagus-bagus. Yap mungkin list saya ini bisa membatu bagi kawan-kawan yang mencoba merambah ke film Korea dan ingin menghilangkan kesan bahwa film Korea itu melulu tentang cinta-cintaan dan menye-menye semua.

1.    Hello Ghost
Saya dapat film ini dari tetangga. Udah digadang-gadang ga mau film horror tapi malah dikasih ini. Eh tapi teryata ini bukan film horror walau judulnya ada ‘Ghost’ nya. Cerita berawal dari Sang-Man yang mencoba bunuh diri berkali-kali tapi selalu gagal. Dia merasa hidupnya tidak berarti lagi karena ia juga seorang pengangguran. Nah, suatu ketika di bunuh diri –yang ga berhasil nya yang terakhir, membuatnya dia masuk ke rumah sakit, dia menjadi memiliki kemampuan untuk melihat hantu. Ada empat hantu. Satu perempuan, satu anak laki-laki, dan dua lagi laki-laki paruh baya. Nah, hantu-hantu itu ga mau pergi dari Sang-Man dan terus mengganggunya. Pada akhirnya hantu-hantu itu minta dikabulkan permintaannya sebagai syarat ‘pembebasan’ Sang-Man.

sumber gambar : asianwiki.com


Ceritanya awalnya saya pikir adalah bagaimana si Sang-Man ini bebas dari hantu-hantu yang nganggu dia, tapi ternyata ada alasan dibalik hantu-hantu itu ngganggu Sang-Man. Dan itu juga berkaitan dengan kegagalan Sang-Man bunuh diri berkali-kali. Berkat ketemu hantu-hantu itu, hidup Sang-Man jadi lebih berwarna juga. Film ini ratingnya lumayan tinggi, dan pas di forum-fforum juga banyak yang merekomendasikan film ini.

2.    Miracle in Cell no.7
Tidaaaaak yang ga tahan film sedih jangan nontoooon~~~. Mata saya dibikin bengkak gara-gara nonton film ini :””””””(. Cerita ini membahas tentang hubungan anak dan bapaknya yang memiliki kelainan *sedikit autis apa gimana ya?*. Film ini menggunakan alur maju-mundur, tentang perjuangan seorang anak yang mencoba membersihkan nama ayahnya dari kasus kriminal belasan tahun yang lalu. Ayah Ye-Seung (Park Shin Hye) terkena sebuah kasus tuduhan pembunuhan dan pemerkosaan terhadap anak kecil, dan itu membuatnya dipenjara. Karena Ye-Seung hanya tinggal berdua dengan bapaknya, maka ia dipindah tinggal ke panti asuhan. Di panti asuhan tersebut kerap kali mengisi kerohanian (menyanyi) di penjara tempat ayahnya. Nah, pas Ye-Seung mengisi acara di sana, Ye-Seung diselundupkan ke sel ayahnya (sel nomer 7) dengan bantuan teman satu sel ayahnya. Pas mau balik ke panti, ternyata rombongannya sudah pergi. Jadinya Ye-Seung tinggal di sel ayahnya sampai dari panti mengisi acara lagi.
sumber gambar: asianwiki.com

Beberapa kali Ye-Seung diselundupkan, sampai-sampai sipir penjara pun tau kalo Ye-Seung diselundupkan. Di sini ceritanya happy-happy gitu. Tapi kemudian tiba-tiba Negara api menyerang -_____- *dari kemarin Negara api mulu -__-*. Sidang gugatan keluarga korban untuk menentukan hukuman terberat bagi pelaku akan dilaksanakan. Pada akhirnya ayah Ye-Seung malah mengaku dengan kesaksian palsu demi menyelamatkan masa depan Ye-Seung. Dan begitulah, hukuman terberatpun harus diterima, yaitu … hukuman mati :”””””O. di detik akhir-akhir nya bikin mewek banget sih. Recommended buat yang suka melo drama. *ati ati mata bengkak*

3.    Sseoni (Sunny)
Film ini adalah film korea pertama yang membuat saya nonton berkali-kali dan gak bosen. Mungkin karena tema yang diambil gak mainstream kali ya? Jadinya ga bosen. Banyak komedinya juga dan ga garing. Cerita ini memakai alur maju-mundur dengan latar era-80 an dan sekarang.
sumber gambar : skrinsut film

Cerita berawal dari secara tidak sengajanya Na Mi bertemu dengan teman masa SMA nya, Ha Chun Hwa di rumah sakit. Chun Hwa menderita kanker dan diagnosis dokter mengatakan bahwa umurnya tinggal dua bulan lagi. Chun Hwa punya satu keinginan, yaitu bertemu lagi dengan teman-teman masa SMA nya yang sudah tidak diketahui lagi kabarnya: Jang Mi, Su Ji, Jin Hee, Geum Ok, dan Bok He. Mereka dulu punya geng namanya Seonni –ditulis dengan hangul (Sunny). Karena suami Na Mi sedang dinas dua bulan, jadi dia punya waktu untuk membantu mewujudkan keinginan Chun Hwa itu. yang pertama kali ‘ditemukan’ adalah Jang Mi. Na Mi mengetahui nomor Jang Mi saat dia berkunjung ke SMA nya dahulu, dan ternyata beberapa waktu yang lalu Jang Mi juga mengunjungi sekolah dan meninggalkan nomor kontak. Akhirnya Na Mi dibantu dengan Jang Mi menyewa seorang detektif demi menemukan sahabat-sahabat SMA nya dulu.

Ceritanya lucu, sedih, haru, bikin ngakak, dan sebagainya. Lucu aja ngelihat ibu-ibu yang ketemu teman masa SMA terus merasa kembali muda lagi haha. Recommended pokoknya! Saya aja yang ga pernah nonton korea—karena keseringan nonton jepang pun bisa cocok sama film ini lho hoho.

4.    30 Days with Mr. Arrogant
Cerita ini berawal dari seorang siswa SMA bernama Ha Yeong yang tidak sengaja menendang kaleng minuman dan mengenai mobil mewah seorang mahasiswa cowok yang bernama Hyung jun. Nah, Karena Hyung jun meminta ganti rugi terlalu besar yang Ha Yeong ga mungkin sanggupi, makannya Hyung jun memberikan solusi yang lain yaitu menjadikan Ha Yeong sebagai *suruhan* selama 30 hari.
sumber gambar :wikipedia.com

Suatu hari Ha Yeong tau kalo ternyata buat mengganti cat mobil yang baret itu ternyata murah banget. Ha Yeong ga terima jadinya mencoba membalas apa yang sudah Hyung jun lakukan selama beberapa hari jadi suruhannya. Dan cerita pun mulai menarik karena Ha Yeong ga tanggung-tanggung balas dendam nya ahaha.

Cerita ini cocok buat penggemar romance-comedy tapi yang ga berlebihan. Film ini tahun duaribuan awal sih jadinya masih cenderung netral (apa hubungannya coba -__-). Yap, tapi siap-siap ada beberapa scene yang bisa bikin muntah. Jangan nonton sambil makan besar. Plis. Saya aja sampe di skip pas bagian itu -_-“

5.    My Sassy Girl
Kayaknya yang satu ini udah legend banget deh sampai dibikin versi Amerika nya. Nah, saya baru nonton beberapa minggu yang lalu nyahaha padahal ini film jaman kapan -_-. Baiklah, ini cerita berawal dari Gyeon wo yang terpaksa membawa seorang cewek (ga disebutin namanya) ke motel karena cewek itu mabuk di kereta sampai muntahin kepala orang ,__, padahal Gyeon wo sama cewek ini ga kenal satu sama lain. Nah, karena pertemuan itu cerita tentang mereka berdua pun dimulai. Cewek tadi punya sifat annoying, yang mau menang sendiri dan keinginannya harus dituruti. Tapi entah kenapa Gyeon wo seperti ga punya kekuatan buat nolak semua keinginannya
sumber gambar: wikipedia.com

Saya ngikutin cerita dari pertengahan udah mulai agak bosan sih, karena sedikit sebel sama si ceweknya, dan entah kenapa saya rasa ceritanya standar aja. Tapi kenapa bisa diadaptasi ke Amrik?? Dan saya pun menemukan letak istimewanya film ini. Di ending nyaaaa suka banget endingnyaaaa~~~~ kok saya ga bisa nebak ya padahal klu nya ada banget lho pasti ada aja film yang serupa, tapi entah kenapa film yang satu ini bikin saya seneng sama ending yang itu. hoho. Bagus deh bagus film nya :D


Nah, sekian lima rekomendasi film korea yang saya sukai. Dari kacamata pecinta jepang, lima film di atas patut ditonton lho hoho *apaan sih ini -_-*. Ya sudah, selamat menonton :D/

2 komentar:

  1. miracle in cell no 7 ,,,msh nonton separo udh mewek,,,hikz,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. bikin bengkak mata ini film emang :"""")

      Hapus

mau bertukar pikiran?:D

アイサ の ノート © 2014