Sabtu, 23 Agustus 2014

Tamagoyaki Nori-Keju #ala anak kos

Sabtu, 23 Agustus 2014

Ada yang suka tamagoyaki a.k.a. telur gulung? Saya suka banget. Sebenarnya tamagoyaki itu hanya telur goreng biasa sih, bedanya hanya telurnya digulung dan diisi pakai nori atau rumput laut kering dan keju. Kalau di tutorial bikin tamagoyaki, pasti pakainya wajan yang kotak itu. Tapi saya bisa kok pakai Teflon biasa. Nah, mungkin saya akan berbagi tips buat bikin tamagoyaki nori. Karena gampang pake banget bahan-bahannya, jadi label #ala anak kos pun disematkan :3

Bahan  dan bumbu yang digunakan:
1.    Telur 2 buah
2.    Nori ½ lembar besar, potong jadi empat. Atau empat lembar kecil nori yang dijual di bungkus kecil itu.
3.    Keju parut secukupnya
4.    Garam secukupnya
5.    Merica secukupnya
6.    Minyak untuk menumis.

Alat yang digunakan:
1.    Kompor
2.    Teflon
3.    Sumpit/garpu
4.    Sendok
5.    Pisau untuk mengiris

Cara memasak:
1.    Kocok telur. Saran saya pisahkan dulu kuning telur dan putih telurnya. Kocok dulu putih telurnya, setelah berbusa cukup banyak, baru tambahkan kuning telur yang telah dipisah tadi, kemudian kocok kembali. Ini agar telur yang digoreng jadi fluffy fluffy gitu deh. Jangan lupa tambahkan garam dan merica didalamnya.
2.    Panaskan minyak, setelah panas, masukkan adonan telur setengahnya. Taburi keju.
3.    Setelah agak matang, taruh dua lembar nori di atasnya dan siram lagi dengan sedikit adonan telur.
4.    Lipat sedikit ujung telur dengan sumpit/garpu dan sendok. Lalu lipat lagi sampai tinggal tersisa seperempat bagian. *ini bagian paling sulit. Awal awal memang sulit sih, tapi pas di akhir gampang kok*.
5.     Masukkan lagi telur yang tersisa, sisakan sedikit. Taburi keju. Tunggu sampai agak matang *bagian atas masih lembek*
6.    Tempel lagi dua lembar nori yang tersisa, lalu tuang telur sisa tadi.
7.    Gulung lagi sampai habis.
8.    Bolak-balik gulungan telur sampai keras
9.    Angkat, potong-potong, sajikan
10.   Udah.
tampilan nomer dua, yang penting rasa hoho. eh tapi kalo lebih rapi dikit bisa cantik kok. dulu pernah bikin yang bagus tapi ga difoto, yasudahlah


Gampang kaaan??? Iya, enak lagi. Hoho. Selain isi nori-keju, saya beberapa kali pakai keju parut aja atau nori aja, brokoli, saus, atau wortel, atau ga pake isian apapun. Tetap enak kook, namanya juga telur. Hoho. Selamat mencobaa :D/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

mau bertukar pikiran?:D

アイサ の ノート © 2014