Kamis, 28 Agustus 2014

3R : Benang dari Kaos Lama

Kamis, 28 Agustus 2014
Saya selalu berfikir kalau crafting itu lebih baik dari barang bekas. nah, saya kan hobi ngerajut, jadi kepikiran kira-kira gimana ya cara bikin rajutan tapi dari barang bekas? pake rafia? #plaaak -__-. lalu kemudian saya menemukan sebuah artikel tentang daur ulang kaos yang kemudian dijadikan benang rajut. 

hah? serius?

iya, serius. dan proses nya pun ga susah. kalian cuma butuh satu kaos oblong *diusahakan warnanya satu, alias ga bermotif. tapi kalo mau yang motif an ya silakan. selain itu, alat yang dibutuhkan cuma penggaris sama gunting. kalo ane sih ga pake penggaris. ngukurnya pake insting ahaha



jadi pertama kalinya siapkan kaos oblong. karena saya adanya kaos kepanitiaan yang ga polos, jadilah saya pake itu haha. itu lengannya bolong karena kena cairan kimia di lab :3. nah, kaosnya dipotong bagian atas, tarik garis lurus antar perbatasan lengan, dan gunting. jadinya kotak kayak diatas.


Step kedua adalah, kaos tadi ditekuk jadi dua, kemudian di gunting seperti diatas. jangan sampai putus atasnya. kalau di tutorial lebarnya 2 cm, tapi saya ga ngukur. saya mengandalkan insting #plaaak


nah, jadinya kayak diatas kalo udah selesai 


kemudian yang bagian atas digunting sampai kepisah sama yang lain. satu sisi aja lho ya. yang sisi lainnya jangan di gunting dulu. jadinya pokoknya kayak diatas. 


nah, sisi yang lain/yang bawah kan masih menyatu. dibuka lipatannya, dan akan telihat seperti diatas. nah, step pertama dari yang terakhir ini adalah menggunting seperti di atas. iya, ngguntingnya miring kayak gitu. dan kemudian step kedua adalah digunting menurut garis yang saya bikin diatas. ga jelas, eh? yaudah saya kasih gambar yang bagusan dikit dari situs sebelah -_-


jelas kaaan maksudnyaaa~~ iyaaa poto saya emang jelek hiks :"""


dan kemudiaaaan step paling menyenangkan dimulai! yaitu menarik kain yang sudah dipotong tadi. jadinya kayak diatas muehehe. dan benang siap dipakai!!!


saya mau bikin keset, tapi ternyata sesuai dugaan saya, benangnya kurang :""""""""(. ya itu karena motongnya pake insting doang ga pake diukur-ukur segala myahaha. dan atau mungkin karena bahannya memang kurang #plaak

yak sudah berikut postingan saya tentang prinsip 3R Recycle dalam kehidupan crafting yang sedang saya ingin terapkan ini hoho. selamat mencoba, dan selamat berkarya ^ ^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

mau bertukar pikiran?:D

アイサ の ノート © 2014