Selasa, 19 Agustus 2014

Sup Jagung #ala anak kos

Selasa, 19 Agustus 2014

Entah kenapa lagi pengen banget bikin sup jagung. Akhirnya setelah searching-searching, dapet juga resep sup jagung yang diinginkan. Seperti biasa, karena keterbatasan alat dan bahan, saya modifikasi bahan sup jagungnya menjadi lebih gampang—menurut saya loh. Baiklah, berikut bahan-bahan yang diperlukan:

Bahan:
1.    Jagung manis 1 buah, dipipil
2.    Air  700ml untuk merebus jagung dan sebagai kuah
3.    Wortel ukuran sedang ½ buah, iris kotak-kotak kecil
4.    Nori/rumput laut kering 2 lembar, gunting ukuran kira-kira 1 cm x 5 cm *kira-kira aja*
*sebenarnya saya pengen banget pake bayam buat pengganti buncis di resep aslinya, tapi ga beli bayam karna belanjanya kesorean. kalau pakai bayam, ambil segenggam terus di iris memanjang.
5.    Sosis 1 buah, iris tipis tipis.
6.    Telur satu buah, kocok lepas.
7.    Minyak untuk menumis
8.    Maizena 1 sdt, larutkan dalam sedikit air

Bumbu diperlukan:
1.    Bawang putih 2 siung, geprek, terus cincang.
2.    Bawang Bombay ½  buah, cincang.
3.    Kaldu bubuk ayam/ikan/daging 1 sdt (r*yco atau m*sako)
4.    Merica bubuk 1 sdt.
5.    Garam 3 jumput *kira-kira aja*

Cara memasak:
1.    Rebus jagung manis sampai matang, angkat. Airnya jangan dibuang.
2.    Panaskan minyak, tumis bawang putih dan bawang Bombay sampai wangi. Setelah itu tambahkan wortel, tumis sampai wortel matang *jangan terlalu lembek.
3.    Masukkan tumisan ke dalam rebusan  jagung manis, tambahkan kaldu bubuk aam, merica, dan garam lalu aduk rata. Biarkan mendidih, lalu masukkan sosis.
4.    masukkan telur yang telah dikocok di dalam sop sambil di aduk agar telur terurai.
5.    Terakhir, masukkan rumput laut kering atau bayam, dan tambahkan maizena yang sudah dilarutkan. Aduk kembali.
6.    Tutup panci selama 5-10 menit, kemudian matikan api.
7.    Jadi deh <3 o:p="">
#abaikantampilannya


Naaah begitulah resep sop jagung saya, ini bisa buat dua sampai tiga porsi lho :D. bumbu yang dipakai bisa divariasikan sesuai selera sih. Kalo saya pas nya segitu :D. selamat mencobaaa~~~

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

mau bertukar pikiran?:D

アイサ の ノート © 2014