Minggu, 30 Januari 2011

Wika Super Try Out!! part 2

Minggu, 30 Januari 2011
Nyampai di Assalam Center...
”Yang kelas IPS, ya Allah...” langsung curhat.
”Aku malah ngejak nonton dorama jepang,” mbak Ratna curhat, dia cewek yang kebagian kelas IPS juga.
”Wah...parah ki,” yang cowok menimpali.
”La bingung mau ngomong apa, jadinya yo nonton dorama wae. Wah, Fitri benar, ada gunanya juga bawa leptop, hehehe,” mbak Ratna melanjutkan.
”Wah, adik-adike ngajeni kabeh, seneng aku,” Bagas berceloteh. Dia dapet kelas aksel.
”Iyo, sopan-sopan. Rame ning ra kebangetan,” mas Ikhsan nambahi.
”Waa, sing akhwat, je, sangar,” saya nambahin, ”Tapi asyik, adike jek sopan,”
”Aku ngga bisa mbayangin, gimana sibuknya mereka-mereka di SMA4,” mbak Lina curhat.
”Waaaa.... ndak ada foto-foto kita yang sedang berjuang di sini...” yuppi, di Assalam ngga ada satu pun pubdok yang kesini, hiks, :c

Kami seperti terdampar di sini, huaaa... :~ jano biasa wae sih. Di sini ceweknya ada enam, disana ada enam juga, tapi disana krunya lebih banyak, jadinya ya begitu. sebentar sebentar sebentar, ini paragraf yang samasekali ndak ada hubungannya, hahha.

Tiba-tiba, sebuah keributan kecil terjadi, xixixi
”Ratna wi, iki kode sekolah durung diisi kabeh kelasmu,”
”Weh, apa suruh diisi?”
”Iyo, yang dikosongi itu kode area, pilihan ketiga,”
”Waaa...”
”Makane, ojo nonton dorama waeee,”
”Bantu mbunderi ndang, aduh, akeh ki...”
”Ra ono alate kih...”
”Bantu yaaa... ndang, pilis, nganggo bolpen...”
”Aku nggawa pensil, mbaak... tak bantu sithik,”

Fuaah....kami bertiga, saya, mbak Ratna, dan Fitri menghabiskan waktu untuk mbunderi LJK adek-adek dari kelasnya mbak Ratna.

Setelah kurang lebih beberapa kali mengobrol, jam menunjukkan pukul 11 tepat lebih tiga menit (hahaha). Kami pun kembali ke kelas masing-masing.

Belum juga masuk kelas, adek-adeknya sudah menyambut (haaa... GR banget dah) di depan pintu dengan tatapan bengong. Saya diam di tempat sampai ada salah satu adek bilang, “Heh, jangan di pintu dong, mbaknya ngga bisa lewat tuh,”

Si adek-adek akhirnya meluangkan sedikit celah untuk saya masuk.
“Ayo dek, masuk,”
“Mbak, mas-mas yang tadi namanya siapa?”
“Heh?” :f
“Yang naik ke atas itu lo, yang pake jas yang sama kayak mbak-e,”
Geeezzz...
“Mas Mahyan, dek,”
“Wa... bu Mahyani,”  bu Mahyani itu ternyata salah satu gurudi kelas IPS 3 itu...
“Bukan, dek...”
“Waaaa.... namanya mas Mahyaaaannn,” salah satu adek semangat memberitahukan nama mas Mahyan ke seantero kelas. =_=”
“Ada apa to ini, hekh?”
“Mbak mbak, nama lengkapnya siapa? dia fakultas apa? Mbak, ulang tahunnya tanggal berapa? Mbak, dia udah punya pacar belum?”

Waks!

“Haaaa...” saya terbata-bata. Si adek-adek pada ngerumunin saya yang ada di depan kelas sambil terbengong. Pertanyaan macam apa, ini?
Duduk sebentar, si adek sudah diem dan kembali ke tempat. Saya ngitung jumlah muridnya, dan jumlahnya pas! Ngga ada satu pun yang kabur! Hebat hebat hebat

“Mbak, pulangnya jangan jam setengah satu dong, jam duabelas ajah ya?” pas saya naroh tas di kursi guru, tiba-tiba ada adek yang tinggi ngehampiri saya.
“Wa... ndak bisa dek...”
“Korting dong mbak... jam duabelas masa ngga boleh?” si adek ngehampiri lagi. Loh loh loh, saya kok jadi ngerasa ditindas ya? Hahaha, soalnya saya emang lebih pendek dibanding adek-adek yang lain.
“Sebentar, saya mau presentasi dulu ya, kali ini saya mau njelasin tentang ITB, dek,” Saya diam sejenak, lalu nanyain sesuat ke adeknya. “Habis lulus mau ngelanjutin dimana nih?”
“Ke Mesir mbak!”
“Ke UI!!!”
“Saya mau nikah aja,” astaghfirullah.... si adek telah berfikir terlalu jauh.

Saya nulis fakultas dan sekolah di papan tulis. “Ada yang bingung ato tertarik sama nama yang saya tulis di depan ngga dek?”
“Mbak, mas Mahyan fakultas apa?”
“...mas Mahyan itu FITB dek, ”
”Kalo gitu jelasin yang FITB mbaaakkk...” tiba-tiba ada salah satu adek yang maju ke depan dengan semangatnya ngelingkarin FITB. Buset dahh...
”Ada yang mau nomor hape nya? saya punyaa...” promosi, dan ngasihin HP ke adiknya, si adek jingkrak-jingkrak.
Akhirnya saya njelasin FITB itu apa. ”FITB itu Fakultas Ilmu teknologi Kebumian, cabangnya ada tiga, Oseanografi, Geologi, sama Geofisika Geomatika. Yang masuk Ose harus bisa renang lo, setau saya Oseanografi itu cuma ada dua, di Undip sama di ITB ini,”-->meteorologi lupa disebutin, hahaha

Setelah bla-bla-bla njelasin TPB dan beberapa fakultas yang lawn, kayaknya penjelasan saya jadi ngga karuan. Adeknya juga jadi rame. Terus, tiba-tiba ada yang ngacungin tangan terus tanya.
”Mbak, disana ada kejadian kayak di sinetron nggak?”hoooi... maksudnya apa ni
”Maksudnya apa itu dek?”
”Gini lho, misalnya rebutan cewek terus bentrok...”
”O... ada dek,” seisi kelas tiba-tiba hening.
Sstt... mbak e arep crito...
“Biasanya yang bentrok itu seringnya anak tambang sama anak sipil, mungkin karena kebanyakan anak tambang ngincer anak lingkungan yang katanya cantik-cantik,”
“Waaaa... berarti sipil ngga mau kehilangan,”si adek ada yang nyaut.

Sumpah, sebenarnya saya ndak tau cerita ini benar atao salah, hahaha.

”Mbak, kalo yang banyak cowok gantengnya yang mana, mbak?” waks! Pertanyaan macam apa, ituh?
”Waaa ndak tau dek, saya bukan tipe orang begitu, hehehe,” si adek terlihat kecewa.
”...tapi... katanya, katanya looo... ndak tau benar apa salah, kebanyakan sih anak minyak, tambang, ...”
“Mbak, kakak saya anak pertambangan loo...”
Looh... malah promosi kakaknya.
”Dek, saya kok presentasi jadi ngga mutu begini. Ada yang mau tanya ngga? Ato nyuruh saya cerita?”
”Cerita mbaaakkk... tentang OSPEK nya!!!” Si adek semangat banget.
”Wa, saya belum di ospek dek, kan tadi saya suda bilang,”
”La terus ngapain mbak?”
”Kita pas semester pertama itu cuma kayak pengenalan kampus begitu, nanti kalo semester tiga baru ospek beneran,”
”Kira-kira gimana, mbak?”
”Saya denger dari taplok saya sih katanya kalo yang banyak ngelanggar peraturan, bisa-bisa di sms jam satu malem dan harus datang ke kampus, dek, ketemu sama seniornya itu,”
”Waaa... ngga diapa-apain tu mbak sama seniornya?”
”Ya nggak lah dek, paling cuma suruh push up, haha,” ...bercanda..”kenapa kalian dari tadi tanya tentang ospek?”
”Soalnya kami ngga pernah diospek, mbak,”
Betul juga, si adek ini kan langsung enam tahun, ya? Jadinya ngga ada tuh senior senioran dibentak bentak.
”La terus kalo MOS gimana dek?”
“Cuma taushiyah bareng bareng di masjid, terus ESQ paling,”

Kelas kembali ribut, dan banyak yang keluar. Hiks, apa saya membosankan? Betul sekali...

Akhirnya saya narik kursi guru ndeketin adek-adeknya. Bikin forum kecil begitulah. Yang lain pada keluar. Saya curhat sama sekitar sepuluh orang-an.
”Mbak, cari temen di sana gimana mbak?”
”Saya juga dulu ngga kenal siapa siapa dek, untung ada WiKa, jadi semacam fasilitator begitu, nyariin kosan lah, nyambut lah, mberi tumpangan lah, jadi tenang saja, ada WiKa semua pasti beres,” sekalian promosi WiKa, tadi belum sempet cerita.
”Disana enak ngga mbak?”
”Begitulah..” diem... ”Dek, kalian kok tanya-tanya pacar seeh? Saya aja ngga kepikiran,”
”Wah, mbaknya ini,” si adek kayaknya pengen cerita,
”Dek, enak nggak hidup di asrama,”
”Ada enaknya ada ngga enaknya mbak,” si adek curhat, temen-temennya juga sahut-sahutan curhat. Saya ndengerin sesekali nimpalin.

Curhatan yang lumayan menyentuh, hiks. :c. Si adek cerita mulai dari kenapa bisa sekolah di Assalam padahal dia asalnya dari Aceh, terus pembagian kamar, cerita peraturan-peraturan yang melarang ini itu, sampai adanya penindasan oleh kakak kelas.
”Di asrama ngga boleh bawa hp, leptop, karena dulu ada yang ketahuan SMS an Ikhwan Akhwat, mbak,”
”Disini tuh mulai kelas 11 kita mulai ngabaikan peraturan, masa bodoh dah,”
”Disini ada kamar mandi khusus, yang ngga boleh di masukin sama anak selain kelas 12. sudah terjadi berlarut-larut dari dulu tuh mbak, walopun kamarmandinya kosong, ngga bakalan ada adik kelas yang berani masuk ke sana,” kejamm....
”Kita udah enam taon disini, pengen cepet-cepet keluar...”
Saya narik nafas lumayan panjang.”Disini Ikhwan Akhwat ngga pernah ketemu, ya?”
”Iya mbak, paling kalo ke masjid, ato ke koperasi ketemunya,”
”Kalian boleh keluar ngga sih, buat beli apa...gitu,”
”Jadwalnya dua minggu sekali, itu harus dengan ijin yang jelas. Itu yang legal, yang ilegal bisa setiap hari keuar masuk, hehe,”
Amazing, kalo saya pasti ngga akan tahan, tuh. Keren keren keren, jadi sedikit tau gimana rasanya jadi anak pondok.
”Kalian ngerasa terkekang ngga dek sama peraturan yang ini itu?”
”Dulunya sih mbak, tapi sekarang alhamdulillah nggak, karena bisa ngelanggar peraturan, haa,”

Llooohh... kok jadi curhat beginii???

Benar sekali, ini sesi curhat. Ini bagian psikologis yang kadang kadang perlu buat anak pondok, sesekali curhat dengan orang yang barusaja dikenal beberapa jam yang lalu.

Heh, tinggal 5 mt ki, piye?
Sebuah SMS dari Fitri masuk. Eh.. bener, ternyata sudah jam duabelas lebih duapuluh lima.
“Dek, ini sudah jam setengah satu ternyata. Kalian mau ke asrama silakan,”
Kelas jadi agak gaduh. Ternyata sebagian juga bikin forum-forum kecil, hohoho.
”Mbak, masnya tadi lewat, mbaakk,”
Apaan sih?
Owalah... mas Mahyan lewat di depan kelas.
Iseng...
”Dek, tak panggilin yaa..” wkwkwk
”Mbaaaakkk jangan dong, maluuu,”
”Maaass,” ngawe-awe mas Mahyan, dan si Mas malah bengong dengan tatapan tak bersalah, menghampiri saya yang cekikikan di depan kelas.
”Opo?”
”Kui lo mas, ono sing nggoleki kowe,” xixixi... :v Saya nunjuk ke adiknya, si adek sembunyi di belakan temennya, malu.
Mas Mahyan cuma senyum, terus keluar kelas.
”Mbake wi, juahat... tego...”
”Mbaakkk... tanyain FB nyaaa...”
”Hahahaaaa....”

Akhirnya saya pamitan juga sama adek-adeknya, mereka pada keluar kelas dengan tertib, dan ke asrama. Saya ke Assalam Center buat kumpul plus evaluasi tryouut tadi. Okeeeiiihh...

Nyampe di Assalam center...
”Mbak, aku rasido setengah hati ning kene, aku bahagia,” curhat sama mbak Astri.
”Iyo dek, aku yo seneng kok ning kene,” Mbak Astri nimpali. ”Padahal kemarin pas dapat kabar kita di Assalam, pada nggak seneng begitu, eh, sekarang malah do seneng,”
”Sebenere tadi ndak njelaske tentang ITB, malah crito-crito ndak jelas begitu,”
”Podho wae, aku yo ngono dhek, adike ndugal, badalaaa...”

Cakap-cakap sebentar, dan menunggu semua panitia ngumpul, terus ke lantai 4 Assalam Center buat pamitan,

”Ratna ki suwe emen ngopo toh?” yang cowok protes. Tinggal nungguin mbak Ratna nih! Mas Andyan sama mas satunya sudah pulang duluan.
”Waa... mas, lupa, katanya tadi mbak Ratna mau ngelanjutin nonton dorama jepangnya,”
”Astagfirullah, Ratna wi pie to iki...”

Setelah menunggu beberapa lama...
”Ratna di SMS wae ki, kesuwen, malah nonton film,”
Akhirnya saya SMS mbak Ratna, suruh cepet-cepet nyelesaiin filmnya. Tak berapa lama kemudian, mbak Ratna datang juga.
”Mau aku ro adik-adike ngentekke dua episod,” mbak Ratna datang dengan muka tak bersalah. ”Do ngenteni sopo toh?”
”Yo ngenteni koe kuwi, dasar, tidak memberi contoh yang baik ke adik-adike,”
”La piye meneh, mau aku njelaske mung nganti jam rolas punjul sitik, terus nonton film, adike ngguyu kabeh, lhawong filme lucu kok,” mbak Ratna malah curhat. Dasar ms curcol, hehe... curhat dimana-mana, bahkan adike di kelas juga dicurhatin, haha...

Hm... ceritane mbak Ratna ndak penting. Sekarang, kembali ke masalah awal. Sekarang, panitia TO wika Assalam nyampe di assalam center lantai 4, basecamp kita, getoh.
”Waa... ada makanan,” ada tigabelas dus snek disitu, beserta air mineral.
”Nggo sopo weh, opo nggo awak dewe?”
”Jangan-jangan engko dinggo rapat, bar wis dimaem ngko digoleki,”
”Padahal mau isuk ra ono, kok saiki ono, toh?” mbak Astri mengomentari snek yang tiba-tiba muncul.
”Kita pamitane piye iki?”

Ehm...
”Kata bapake mau, suruh anggap kantor sendiri, terus jarene bapake raiso ngeterke pas awakdewe bali, dadi rasah pamitan,” mas Mahyan angkat bicara

”Weh.. kantor sendiri, ayo nyetel tipi...” mas Ikhsan ngambil remot, tapi ngga nyalain TV.
”Piye ki... dimaem pora?”

Malah ribut, snek itu buat siapaaa????

Hasilnya adalah....
Kami makan sneknya, dan pulang, ke SMA 4, hahhaaa...

Motoran ke SMA 4, nyampe disana sudah sepi. Kami langsung ke Aula, ada acara potret-potret panitia. Huaaahhaa....

“Mbak, mau rame pora?” saya nanya mbak Karima.
“Rame banget dek, bingung aku,”
“Maemane opo mbak?”
”Arem-arem, roti, karo opo, mau, aku lali, wong aku wae ra kumanan, dek,”

Huaaa... sepertinya kok di SMA 4 melas sekali ya? Hohoho, jadi merasa beruntung di Assalam, hehhe.
“Kesel banget dek,”
“Iyo, mbak, aku mau kesel crito...”

Huaaah... hari yang melelahkan ini, hampir berakhir. WiKa Super TryOut ini ditutup sama makan-makan di bebek bu Bibit. Sebenarnya saya masih mau cerita lagi, tapi kok kayaknya postingannya kepanjangan, ya? Ehhehe... maap, mohon maklum...

Yasuda, saya akhiri sampai sini... :angel

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

mau bertukar pikiran?:D

アイサ の ノート © 2014