Selasa, 02 November 2010

Beasiswa ITB???

Selasa, 02 November 2010
Assalamualaikum teman-teman…

Hahaha. Lama ga posting ni blog dengan hal-hal yang berguna. Biasanya cuma spamming, hehehe. Jarang nulis nih, sibuk ini itu. (sudah sudah) ehm, kali ini saya mau ngasi info tentang ITB. Si Fathin or Ida temen SMP pengen masuk ITB (karena pengaruhku, hahaha) tapi ambil jalur beasiswa. Dia pengennya astronomi atawa teknik fisika. Tapi aku nyaraninnya masuk metalurgi (hahahaha, isinya cowok semua tuh). Sebenere dia sukanya biologi, tapi kan di ITB, SITH ga masuk daftar beasiswa minat. Kalo tetep pengen itu, disaranin masuk lewat jalur beasiswa bidik misi dah. Si Ida ini pinter lo, masuk SMA N 4 program IMERSI, dan sampe detik ini dia selalu peringkat satu pararel. Ckckck. Hahaha, coba saya. Kalkulus hancur gara-gara trigonomeri terkutuk. Jaaah... 

Ehm. Kembal ke topik awal.
ITB itu punyan dua jalur masuk umum: USM daerah sama USM terpusat. Kalok dulu sih USM daerah diadain maret kalo ga salah. Kalo USM pusat itu deket-deket setelah pengumuman UM UGM laah. Coba tebak, berapa harga formulir USM??? 850 ribu kawan kawan!!! Huaaaa

(saya kali ini ngomongin jalur biasa)
Soal formulir itu pernah di sindir sama bang One di TVONE lho, hehe. “formulir kok mahal amaaaat”

Iya nih ITB, (jaaaah).. tapi sindiran itu ga tentu benarnya kok. Itu nyindir karena mungkin bermaksud untuk “membela” kaum yang agak tidak mampu buat ngikutin tu seleksi masuk, padahal...

ITB juga menyediakan formulir gratiss kok bagi yang ga mampu, dan juga segudang beasiswa untuk ekonomi lemah. Sampe ada kalimat gini “HARAM bagi kalian yang ga mau masuk ITB karena terhalang BIAYA”

Bener banget tuh. Ini nih saya kasi tau,
Beasiswa ITB itu bermacam-macam. ((kasarnya, 1 dari 4 anak ITB itu dapet beasiswa). Mulai dari BIUS (Beasiswa ITB Untuk Semua, dari ikatan alumni ITB. dapat 500ribu perbulan tapi belum termasuk uang buat ngontrak plus gratis uang kuliah), BIDIKMISI (jatah buat ITB 400 an. Pas awal-awal masuk kuliah baru keisi 90-an, alhasil sebagian gede anak BIUS-maaf, link masih buat pendaftaran tahun lalu- dialihkan ke bidikmisi), BEASISWA EKONOMI (jatahnya 90), beasiswa MINAT (khusus jurusan jarang dan dibutuhkan= Oseanografi, Astronomi, Metalurgi, Teknik Fisika) sampe PENINGKATAN POTENSI AKADEMIK. Masih ada juga beasiswa SKS, biaya hidup dari 250ribu-800rb sebulan, beasiswa kemitraan perusahaan(ada temennya si Nadiyatur dapet dari Chevron ato TOTAL gitu, ampe 25 juta setaon). sebenernmya ada beasiswa PELOPOR, itu dari pemda (yang dari pemda jabar, hamper semua juga, dialihin ke bidikmisi, tapi setelah cair dialihin lagi ke PELOPOR).
Banyak kan beasiswanyaaaaa… sok atuh, daftar di ITB… hahaha.

USM ITB yang daerah itu diadain di Magelang kalo di Jawa Tengah. Kalo USM Terpusat itu di bandung ITB nyah itu, hahaha. Makannya, lolosin aja tuh yang USM daerah.

Kalo lulus lewat USM daerah untuk yang lewat beasiswa sama kemitraan perusahaan, waspadai yang namanya program BRIDGING. Itu pokoknya simulasi kuliah selama kurang lebih 1 setengah bulan. Anak yang beasiswa itu ga bayar, tapi yang kemitraan perusahaan itu bayar (6 jeti, buuukk. Sudah biasa, orang kaya, hhaa). Buat yang anak beasiswa itu, dapet uang lho, sebesar 700ribu per bulannya, itu ternyata diambil dari jatah uang beasiswa bulan berikutnya. Huhuhu. Sedih T.T. temen saya banyak yang protes. Udah cairnya telat, ini juga dipotong 1,4 juta. Huaaa. Taon ini turun bulan September awal. Jadi siap-siap bawa uang dulu buat kesehariannya. Kalo perlu ngutang sama kakak angkatan, hehehe.

Oiya, yang USM daerah program beasiswa itu, nentuin jurusannya kalo uda ikut bridging. Jadi bridging itu juga akan diambil nilaina buat bersaing sama anak-anak lainnya. Tapi misalnya nilai kalian uda mencukupi buat masuk ke jurusan tersebut, ga usah ikut bridging lagi. Misal ni si Kery, dia lolos USM daerah jalur beasiswa pelopor, tapi dia ga ikut bridging, soalnya nilainya uda mencukupi buat masuk fakultas SITH.

Kalo cerita SNMPTN mah beda lagi, hahaha. Panjang mah ceritanya. Sebenernya peluang paling gede tu masuk lewat jalur ini. Soalnya perbandingan USM daerah : USM terpusat : SNMPTN itu 30%:30%:40%. Kaaannn.. tapi teteeeep aja pendapat orang tu gini, “Rahma hebat ya, masuk lewat jalur SNMPTN”
Jailaaaahh.. hebatan mereka, lagi, lewat jalur khusus yang menguras biaya tersebut.

Biaya BPM (istilah kasarnya sumbangan sukarela):
-buat USM daerah: MINIMAL 55 juta, tapi buat SBM, MINIMAL 80 juta.
-buat USM terpusat: MINIMAL 25 juta, tapi barangsiapa yang mendaftar di USM daerah dan belum keterima, maka MINIMALnya juga 55 juta. Ini yang bukan beasiswa loo
-buat SNMPTN: MINIMAL 0 juta. Hahahaaaa...saya ngisi yang itu. Soalnya ITB bilang gini, ”biaya BPM samasekali tidak mempengaruhi hasil test”. Yuuuppp betul sekali. ITB konsisten sama kata-kata ini. (ga kaya UGM sama UNAIR, huuu.. katanya katanya lhooo... kalo pengen masuk KU Unair, bawa aja tuh, mobil ambulans, trus sumbangin ke sana, pasti keterima. Haaaa/ kalo UGM, isi aja sumbangannya 500 juta, keterima dahh. Ceritanya si temen yang anaknya biasa aja, isiin sumbangan 500 juta, eh, keterima. Padahal temen yang pinteeeeerr banget pun ga keterima. Trus ada temen lagi. Cuma iseng iseng isi 250 juta, eh, keterima, tapi akhirnya dilepas karena ga punya uang sebanyak itu.)

Kalo untuk anak beasiswa, GRATIS biaya formulir, GRATIS uang kuliah selama 4 tahun penuh, GRATIS biaya hidup sebesar 700 ribu per bulan. Jailaaaahh... enak boooo

Kalo yang minat ntar saya sercing sercing dulluw. Okeyh. Sampe di siini duluww.. hahahaha. Seee yooouuuu... muaaaachhh


*pertanyaan? Komentar? Klik pos komentar yak… insya.allah saya bales dah. huaahhaahhaa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

mau bertukar pikiran?:D

アイサ の ノート © 2014