Senin, 10 Desember 2012

Roadshow Watertap HMTL ITB

Senin, 10 Desember 2012

Beberapa waktu yang lalu saya mengikuti acara HMTL yaitu roadshow watertap. Ini sebenarnya proker keprofesian, tapi  anggota dari departemen lain boleh ikutan, bahkan dianjurkan. Nah, masa himpunan dibagi-bagi, tiap kelompok kecil kebagian dua himpunan. Saya kebagian Himpunan Mahasiswa Meteorologi (HMME) dan Himpunan Mahasiswa Geodesi (IMG). Roadshow di dua himpunan ini punya cerita sendiri-sendiri :D

Tujuan roadshow watertap sendiri ini adalah untuk menyadarkan masa kampus bahwa sebenarnya watertap ini diperlukan, dan kita butuh ini~~ dan di roadshow ini dibagikan kuesioner yang diisi, nantinya direkap, dilihatkan ke rektorat, ini lho aspirasi mahasiswa tentang watertap, bahwa sebenarnya mahasiswa itu butuh yang namanya watertap :D. Pengennya nanti watertap bisa diperbaiki dan bisa digunakan lagi.

salah satu teaser roadshow watertap :3
Oke, mari kita bahas satu-satu. Watertap itu sendiri merupakan sumbangan dari alumni ’70, jumlah watertapnya juga 70, tersebar di seluruh ITB. Bagi yang belum tahu apa itu watertap, watertap adalah sarana tempat dimana air keluar tapi bisa langsung diminum. Asik kan kalau misalnya di kampus ada sarana ini, ga usah beli minum kemasan, tinggal bawa botol minum, lalu diisi deh ~~~
watertap, gambar diambil dari majalah ganesha

Watertap ini jadi primadona. Dulu pas ayah saya ngambil S2 di ITB sekitar tahun 2004, watertap ini masih berfungsi dengan baik. Saya terakhir make watertap ini pas diklat PROKM, dan itupun hanya beberapa yang nyala yaitu di dekat LFM dan di 9009. yang angkatan 2011 maupun 2012 ga jarang yang pas lewat si watertap ini bilang, ”Ini apaan sih? Ini buat apasih?” oke, itu watertap, saudara-saudara. Dan beberapa orang sudah mengganti nama menjadi airtap, karena yang keluar itu air atau udara, bukan water alias air. Hoho. Kalau HMTL sendiri sih nyebutnya monumen berbungkus karung, karena beberapa waktu yang lalu memang watertap ini ditutup dengan karung.

Oke, back to roadshow. Roadshow ini yang diterangkan ya apa yang saya tulis diatas, gimana riwayat watertap, apakah pernah make, ada ngga sih manfaatnya si watertap bagi kehidupan mahasiswa? Dan apa dampak lingkungannya?

Oke, hampir semua dari responden menyatakan watertap sangat berguna. Mengurangi sampah botol plastik, dan tentunya menghemat uang saku, hehe. Mereka sangat setuju bila watertap diperbaiki.

Oh ya, tapi apakah watertap membawa dampak yang sepenuhnya baik?

Ini hanya isu, saya ngga tau benar atau tidaknya. Konon beberapa watertap dirusak secara sengaja, jeng jeng jeng jeng~~~

Dirusak secara sengaja itu merupakan suatu bentuk protes dari pedagang minuman yang omsetnya turun akibat adanya watertap ini. Kerusakan yang dilakukan bervariasi, mulai dari diberi tepung sampai dikasi permen karet. Oh ya, watertap disini dulunya ngga berfungsi sebagai buat minum doang, tapi beberapa juga mengaku pernah make watertap buat cuci tangan dan wudhu. Olala~~

Oke, ini sekilas tentang watertap. Testimoni masa himpunan keren-keren, mulai dari terbantu banget ada watertap sampai ngusulin watertap yang lebih canggih. Apa itu?
”Mbak, ini watertapnya cuma air putih, ya? Coba kalau watertapnya berasa. Kalau dipencet keluar coca cola~~,”
Yakali mas mas -_____-” haha. Kalau gitu nanti pasti banyak hal yang perlu ditinjau lagi. Bisa-bisa nanti pabrik coca cola resmi bangkrut#eh.

Oke, sekian.

Lihat juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

mau bertukar pikiran?:D

アイサ の ノート © 2014