Minggu, 10 Juli 2011

Diklat Divisi Pertama: TAPLOK??? AUUUU

Minggu, 10 Juli 2011

Kamis, 30 Juni 2011

Setelah menunggu waktu tidur yang mendebarkan karena nunggu pengumuman *penjurusan* divisi, akhirnya pagi-pagi saya SMS Haipa suruh ngeliatin karena saya ga punya kuota internet (ga modal, haha). Dan saya masuk TAPLOK, divisi paling keren dan berpeluang banyak buat *ngeksis* hahaha. Sempet ngerasa takut masuk pilihan kedua saya, divisi medik, karena saya bolong diklat pertama-tama dan kuota taplok sudah penuh, huhu, atut. Dan sekarang masuk taplok, seneng banget, mungkin ngalahin adek-adek yang liat pengumuman keterima di ITB, deh, haha.Ga segitunya kali ya?

Okeh, hari ini diklat perdana taplok di LapCin (Lapangan cintaaa©) pukul 9.15. di seberang lapangan ada keamanan yang juga diklat, dan kontraaaasss banget. Di sana mereka teriak-teriak, “SIAP! SIAP!” di sini kami cuma GaJe-GaJe-an aje. Saya yang masih terobsesi dengan DanLap dan pengen serius jadi ga mood di taplok dan ngeliatin anak keamanan yang push-up di lapangan sebelah, hehehe.

“Caplooookkkk????” *caplok= calon taplok
“Azeeeeekkkkk,” *gaya nyetir motor sambil pose kuda-kuda
“Siapa kalian???”
“Kolpac 2010!” *caplok dibalik jadi kolpac.
“Kolpac 2010???”
“Azeeeekkkk...” *tangan gerak-gerak ke kanan kiri, yoi.
“Azeeeekk???”
“HUHUHU!!!” *tangan dua ngepal naek turun di depan.

Nah, itu kata-kata yang kami pelajari hari ini. Haha.

Setelah beberapa lama ’pemanasan’, kami membuat kelompok baru. Dari depan nguler ke belakang berhitung satu sampai duapuluh, terus saya dapet angka sembilan, angka single terperfect, haha.

Si kakak pendiklat, lupa siapa, maju ke depan. ”Ini waktunya serius ya, sekarang penamaan kelompok,” udah tegang ini penamaan kelompok. Ada satu kakak dari samping maju ke depan ngasih buku ke kakak yang standby tadi. Terus tiba-tiba air muka si kakak berubah, mau ketawa tapi kaya’ ditahan begitu. Hadeh, tambah ga enak aja nih perasaan.

”Tenang! Serius!” terus si kakak ngeliat bukunya terus nutup mata terus ngeliat lagi. Belum sempet dibacain nama-nama nya kami sudah ketawa keras. Akhirnya kami terdiam karena disuruh diam.

”Kelompok satu, kami namai.... Briptu Norman!”
Huahahahaaaaa...
”Serius hoi! Kalian ini diklat!” diem lagi dah.
”Kelompok dua, Ulat bulu! Kelompok empat.... Anang Syahrini!” kami ngga bisa berhenti ketawa. Nama-nama yang dikasih itu semua katanya trending topic di twitter, hahaha. Ini nih nama kelompok yang saya ingat: Udin Sedunia, tabok Selena (kejem yak?), Dinikahin Justin (kelompok ane nih), Ariel Peterporn, Melinda Dee, 7icons, Nurdin Halid turun, Premium Haram!, Sm*sh blash, Benji cenat-cenut, Astuti-tuti-tuti, dan yang paling aneh itu: Loe—gue—END! Hahaha masa’ ada nama kelompok seperti ini sih??? Hahaha

Setelah penamaan kelompok yang super aneh, kami semua dimobilisasi menuju tempat-tempat tertentu untuk Lingkar Wacana. Kami kebagian tempat di Selasar Planologi dengan pendamping kak Henry Arsitektur’09 (nambah ngeksis ini kakak, haha)

Dalam lingkar wacana ini kami membahas  Jobdesk Taplok dan Peraturan Divisi taplok. Ehm-ini serius dulu yak. Saya akan membahas materi yang disampaikan hari ini.

Hari in dijelaskan dua matreri di atas. Lingkar wacana pertama ada di selasar plano, membahas jobdesk taplok, sedangkan materi kedua disampaikan di selasar CC barat. Jobdesk taplok disebutkan sebagai: penata-tertib kelompok, pengayom kelompok, penyampai materi informal, serta pengevaluasi ketersampaian materi terhadap mahasiswa baru. Taplok sendiri berfungsi untuk menjaga dan mengondisikan kelompoknya, dengan fungsi tambahannya sebagai: figur PROKM 2011, sumber ingormasi, penyampai materi, serta penerima feedback. Sebagai taplok, kami dituntut untuk bisa berkomitmen, leksibel, kreatif, kritis, dewasa, solutif, dan komunikatif. Taplok harus tahu dimana ia serius dan dimana ia harus bercanda. Taplok adalah teman dan kakak-kakak pertama yang mengayomi saat PROKM berlangsung.

Dalam wacana kedua, kami membahas peraturan divisi taplok. Peraturannya ini nih:
            Pakaian    : Sepatu tertutup, tidak pakai celana pendek dan robek (kecuali dreskod), perempuan tidak boleh memakai rok diatas lutut dan legging, pakai jamal, selalu memakai pita kuning di area kampus, pakai dreskod.
            Wajib bawa: sepat dan ransel, nametag, air minum dengan botol reileable diisi penuh, buku kelompok, alat tulis, ponco, dan opsional: obat pribadi, makanan ringan, dan alat ibadah.
            Datang tepat waktu
            Perizinan : bila dengan surat harus ada tanggal, alasan, tanda tangan/cap, foto tempat kejadian. Izin yang boleh : sakit dan surat dari lembaga.
            Peserta wajib memenuhi quorrum (quota forum) setiap harinya
            Peserta wajib mengumpulkan tugas saat diklat setelahnya, selebihnya tidak diterima.

Lingkar wacana kedua telah kami bahas bersama di selasar CC Barat dan memnuat persetujuan dengan panitia diklat.

Hari ini kami mendapat tugas merivew materi yang telah diberikan tadi di buku kelompok. Kami juga harus meminta tandatangan sesama caplok serta pendiklat. Juga, kami diharuskan membuat kerajinan tangan sesuai dengan kepribadian masing-masing dengan deadline diklat selanjutnya (yaitu besok, huaaa bikin apa, coba?)

Nah, hari ini kami membahas itu. Oke, sampai jumpa di diklat selanjutnya ^___^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

mau bertukar pikiran?:D

アイサ の ノート © 2014