Minggu, 10 Juli 2011

Diklat Divisi Kedua: Tipe Kepribadian

Minggu, 10 Juli 2011

Jum’at, 1 Juli 2011
Ya Allaaaahhh ini sudah bulan Juliiiiii *hectic*

Dan ini adalah diklat kedua divisi. Dan hari ini masih saja ga jelas karena kak Bimon KL yang jadi MC (hahaha, maap ya kak). Hari ini, setelah gaje-gaje-an seperti biasa, kami dimobilisasi lagi untuk lingkar wacana. Dan kami kebagian di selasar planologi lagi, hehe.

Hari ini mempelajari tipe-tipe kepribadian orang-orang, yang dulu juga disampaikan materinya saat INKM tahun lalu di GKU Timur. Jadi begini, ada empat tipe kepribadian, yaitu D (Dominant atau coleris), I (Influencer atau Sanguinis), S (Steady atau Plegmatis), dan C (Compliant atau melankolis). Saya kalau dites biasanya CS.

Kenapa kami diberi materi seperti ini? Karena, sebagai taplok, kami harus mengerti karakter adek-adek kita nanti dan menentukan bentuk komunikasi paling tepat pada mereka, ceileeehhh...

Sifat-sifat masing-masing tipe ada sebagai berikut:
        Dominan   : Keras kepala, pemimpin yang baik, pintar mengorganisir, tidak mau kalah, unggul dalam keadaan terdesak, cepat marah.
        Influencer  : Rasa humor yang tajam, paling tidak bisa tepat waktu, penghibur yang baik, populer, kurang peka terhadap sekitar.
        Steady       : Cinta damai, tidak suka perubahan, jago lobying, suka mendengarkan orang lain, malas (tidak bergairah), minder, pendiam.
        Compliant : Rajin, teratur, terorganisir, memperhatikan detail, pendendam, lebih mudah stress karena menyimpan masalah sendiri.

Begitulah kira-kira mungkin gambaran sederhana tentang empat tipe kepribadian ini.

Kali ini kelompok sembilan dipegang oleh kak Henry lagi, tapi kami ditinggal kemudian diserahkan ke kak Ica MA’09. dan di sini keadaan mulai kacau karena si kakak ngasih kuis yang kunci jawabannya hampir salah semua.
”Ah si kakak, pasti beli kunci jawabannya di Sunken Court, potokopian PSIK nih,”
Hahaha, dan kami dua kelompok (Sembilan dan Sepuluh) yang digabung dengan satu kakak pembimbing sukses mem-bully si kakak sampai kakaknya stress. Maaf ya kak..

Dan saat simulasi taplok-taplokan, kelompok saya dengan enaknya cuma materi kurang dari lima menit, selebihnya ice breaking, maen nyamuk-nyamukan lah, mobil tabrakan, lah, haha. Kelompok sembilan unyu sekaliii..

Sebelum ada game ini, kami diharuskan mempresentasikan kerajinan tangan besertra maknanya, serta menulis esai tentang kepribadian kami. Tentang kekurangan kelebihan, dan mengapa kami bisa memiliki itu semua.

Hari ini kami mendapat tugas besar. Bikin yel-yel angkatan! Tugas individualnya suruh nulis posisi-posisi PBB, review harian seperti biasa, quotes harian, tugas survei ITB dan Tubagus Dago serta buat petanya (per kelompok), tanda tangan caplok, non caplok dan pendiklat. Diklat selanjutnya hari Senin, 4 Juli 2011.

2 komentar:

  1. eh, mbak punya aplikasi buat mengetahui tipe pribadi apa yang ada di diri sendiri ?

    BalasHapus
  2. wah aku dulu searching internet. tesnya online. banyak kok kalau cari di google :D

    BalasHapus

mau bertukar pikiran?:D

アイサ の ノート © 2014