Kamis, 21 November 2013

Selamat Datang di Kota Solo :D

Kamis, 21 November 2013
                     
“Asalnya dari mana?” tidak sedikit yang bertanya dari mana saya berasal saat pertamakali duduk di bangku kuliah. Baru kali itu saya berada dalam satu ruangan bersama orang-orang yang berasal dari berbagai daerah.
“Dari Solo,” saya menjawab sambil tersenyum. Ya, saya berasal dari Solo atau bisa juga disebut Surakarta. Saya dari kecil tinggal di Solo, dan tiga tahun lalu hijrah ke Bandung untuk menempuh pendidikan sebagai mahasiswa di sebuah Institut yang cukup terkenal.
“Sama kota Malang deket ngga?” dan teman saya ada yang bertanya sebegitu polosnya. Apakah Solo se-tidak-terkenal-itu???
”Engga, jauh. Malang itu di Jawa Timur, kalo Solo di Jawa Tengah,”

Baiklah. Ada yang belum tahu letak dimana Solo? Solo terletak di Jawa Tengah, bukan Jawa Timur. Dari Semarang kira-kira 80km, dari Jogja kira-kira 60km. Kira-kira lho ya, saya ngga tahu tepatnya berapa hehe.

(1) peta Solo atau Surakarta

”Aku pengen ke Solo deh. Kalo aku ke Solo, kamu jadi tour guide nya ya,” pas saya menceritakan tentang bagaimana Solo itu, ada beberapa teman yang pengen pergi ke kota tempat saya hidup ini :””””D

Dalam kurun waktu tiga tahun ini, ada beberapa teman saya yang berkunjung ke Solo dan saya menjadi tour guide nya. Tour guide payah tapinya, karena saya ini super ansos dan jarang keluar rumah jadi ngga tahu tempat mana saja yang asyik. Bahkan ya, pertama kali masuk ke kraton Solo itu gegara nganterin teman saya yang dari Jombang. Payah bangeeet jadi orang Solo ga tau Solo~~~ -_-. Tapi untung ada teman saya yang berkunjung. Kalo ngga, mungkin sampe detik ini saya belum juga ke museum keraton Solo.

Yak, mungkin saya akan to the point ke rumusan masalah. Sebagai orang Solo tentunya ada hal-hal menarik yang saya rasakan, kesan kesan, ataupun apalah yang melekat dihati tentang Solo karena sudah hidup di sini selama bertahun-tahun. Saya ingin berbagi beberapa hal yang berkaitan dengan Solo, kesan saya terhadap Solo, mengapa saya cinta dengan Solo, dan berjuta-juta hal tentang Solo yang mungkin bisa membuat pembaca sekalian turut merasakan apa yang saya rasa #apasih. Baiklah, check this out! Monggo dicek apa-apa saja kesan saya (dan beberapa orang) tentang Solo :)

1. Orang-Orang nya Ramah
Saya merasa bahwa orang-orang di sini ramah dan sopan. Orang Solo cenderung ga to the point dan kebanyakan basa-basi. Istilahnya kalo ngomong jadi ngalor ngidul. Ada sedikit-banyak culture shock saat pertama kali tiba di Bandung. Reaksi orang lain terhadap orang lain (antar manusia) bisa dibilang jauh berbeda. Saya yang hidup di lingkungan super ramah dan kekeluargaannya tinggi, berubah drastis ke wilayah yang tidak seperti itu. Ini mungkin gegara saya orangnya terlalu tertutup, atau bisa juga karena saya hidup di area mahasiswa-mahasiswa. Sama-sama muda, yang kerjaannya kupu-kupu alias kuliah pulang kuliah pulang. Pulangnya malam-malam, dan interaksi sesama di lingkungan terbatas. Hiks. Kangen Solo kalo udah nyangkut yang beginian…

2. Budayanya
Saya suka bagaimana masih banyak budaya yang dilestarikan di Solo. Saya suka ada bus trans solo yang bermotif batik, suka dengan pementasan rutin di Balekambang, suka dengan peraturan yang mewajibkan PNS memakai kebaya di hari tertentu. Saya juga suka dengan ornamen wayang raksasa yang dipasang di sebuah mall yang menyatu dengan apartemen pertama di Solo. Sukaaa~~.
(2) bus batik Trans
(3) solo paragon dengan wayang super gedhe nya

Di Solo juga banyak tempat wisata yang bisa dikunjungi walau agak susah kalau tidak memakai kendaraan pribadi. Maklum, trayek angkutan umum masih sedikit jumlahnya. Untuk referensi tempat, bisa dilihat di sini: Tempat wisata: http://tentangsolo.web.id/category/tempat-wisata


3. Banyak Festival Seru!
Super duper banyak festival yang ada di Solo yang membuat saya berkesan. Ada yang rutin dilaksanakan setiap minggu seperti car free day, ada juga festival tahunan yang super ditunggu-tunggu oleh banyak orang. Beberapa diantaranya adalah Sekaten, SIPA (Solo International Performing Art), SBC (Solo Batik Carnival), dan masih banyak lagi.
(4) Solo Batik Carnival

4. Tidak Macet
Setidaknya sebelum saya hijrah ke Bandung, Solo masih diam-diam saja. Macet kalau sedang musim liburan dan mudik. Banyak mobil plat B berkeliaran di sepanjang jalan. Ini salah satu hal yang membuat saya betah di Solo. Ga ada itu namanya traffic jam berpuluh-puluh menit bahkan berjam-jam. Ya mungkin karena jumlah kendaraan yang memang tidak banyak atau bagaimana saya tidak tahu.

5. Makanannya murah dan enak
Ini juga salah satu aspek penting dalam kehidupan sehari-hari: harga! Benar sekali, harga di sini murah-murah. Sekali lagi, pas saya nyampai di Bandung agak shock dengan harga makanan di sini. Ga shock banget juga sih, intinya makanan di Solo lebih murah hehe. Dan yang pasti, rasanya lebih cocok di lidah mwehehe. Maklum, orang Jawa. Makanan favorit saya tentunya nasi liwet dooong~~ ga ada yang lebih enak dari nasi liwet solo. Di manapun kalo ada yang jual nasi liwet solo, pasti rasanya beda kalo bukan di Solo. 

(5) nasi liwet, tetap yang favorit :)
Dulu hampir setiap pagi saya sarapan nasi liwet. Dan saya juga ingat, sebelum ikut tes tulis UGM saya dan ayah mampir di pinggir jalan buat makan nasi liwet :””””). Dulu sekitar lima atau enam ribu rupiah udah sama ayam. Super murah!
(6) ini yang namanya cabuk rambak 

(7) srabi~~ srabi~~ 
Makanan lain selain nasi liwet yang saya rekomendasikan adalah cabuk rambak. Kya~~ rasanya jadul tapi enyaak~~ rasanya mau nangis deh kalau sekarang ada yang jualan itu di sini. Di Solo, penjual cabuk rambak bisa ditemukan di pinggir GOR Manahan. Dan jangan lupa, srabi Solo itu enyak lhooo~~ *srabi Notosuman ada cabangnya di Bandung, saya lihat ada di KiosK dan Riau Junction.

Mungkin segini dulu beberapa kesan dan hal-hal mengenai Solo. Selamat datang di Solo, selamat beraktivitas! :D

Oh iya, artikel ini dibuat untuk mengikuti lomba "Kesan Tentang Solo" dengan tema "Kesan". dan lagi-lagi saya ga menang ahahaha :""""""D

  Kontes Tulisan Tentang Solo

6 komentar:

  1. ayoo ke Solooo hehe :D terimakasih kunjungannya :)

    BalasHapus
  2. aq dadi kngen solo ma,,,pengin pulkam,hhhehe

    BalasHapus
  3. kyaaa~~ terimakasih sudah berkunjung ke blog saya :D

    BalasHapus

mau bertukar pikiran?:D

アイサ の ノート © 2014