Minggu, 07 Desember 2014

JLPT oh JLPT

Minggu, 07 Desember 2014
Hai, lama tak jumpa! Gimana kabarnya? *ini apaan sih -__-.

Ah baiklah, kalo kalimat pembukanya seperti ini, itu tandanya saya lagi pengen ngerandom. Bener-bener ingin ngerandom. Boleh, kan? Boleh lah yah oho :”””)

Ehm, jadi saya mau bercerita tentang tes bahasa jepang atau JLPT. Kalau bahasa inggris semacam toefl atau ielts gitu lah. Tapi kalo JLPT, ada level-levelannya (kayak kripik pedes aja haha). Level paling mudah itu N5, dan yang paling susah N1. Bedanya lagi sama toefl dan ielts, JLPT ini ada nilai minimum buat lulus.

Saya suka bahasa jepang mulai dari kapan ya? Mungkin sejak pertama kali denger lagu ‘amayadori’ sama ‘kokoro no tomo’, yap, sekitaran kelas empat SD kalo ga salah. Seingat saya, kata pertama yang saya tau artinya itu ‘anata’ yang berarti ‘anda’. Skip skip, nah, saya pun akhirnya tau kalo ada yang namanya ujian bahasa jepang, yang sertifikat kelulusannya itu bisa buat bantu ngelamar orang jepang kerja, atau daftar beasiswa ke Jepang. Kalo buat kerja sama dapet beasiswa di jepang, diharuskannya N2, tapi ada beberapa yang minta N3 aja.

Tahun 2012 akhir kalo engga salah, saya tau ada tes JLPT itu dua kali setahun yaitu bulan juni/juli (?) dan desember. Pas tahun itu, saya belum belajar bahasa jepang, Cuma ngapalin kanji doang. jadi, dari HP itu ada aplikasi kanji recall 1-6. Sebenarnya itu aplikasi buat anak SD karena itu isinya emang kanji yang diharuskan dihafalkan anak SD kelas 1 sampe 6. Jadi karena baru bermodalkan apalan kanji dan katakana dan hiragana, saya engga ikut deh itu tes JLPT.

Tahun 2013 saya berencana ambil N5 di bulan Desember. Kenapa Desember? Karena kalau Juni/Juli, tes JLPT nya Cuma diselenggarakan di enam kota doang (eh bener engga?) dan di Bandung engga diselenggarakan jadi harus ke Jakarta. Nah, saya akhirnya beli deh buku panduan ‘sukses N5’ eyaa haha. Selain itu, juga download minna no nihongo ,__, aatidaaak uhuk, karena engga ada yang jual versi cetak nya sih ,_,. Oh ya, selain buku N5, saya juga sekalian beli buku N4 nya, karena pas diskon*eh. tapi pada akhirnya tahun 2013 saya juga enggak ikut tesnya. Karena apa, teman-temaan??? Saya kurang apdet :””””(. Jadi pendaftarannya ternyata udah ditutup pemirsah, yaah, okeee siap lah menunggu satu tahun lagi.

Daaan tahun ini 2014, akhirnyaaaa saya berhasil mendaftar!!! Ya walau di hari terakhir, haha. Dan tau engga, kalo saya itu dapat formulir terakhir nya. Terharu kan? :””).  Saya daftar di OBKG (Osaka Bunka Kokusai Gakkou) di Dago, mas yang jaga ramah banget lho! *promosi. Saat itu saya ngisi formulirnya lamaaa banget. Formulirnya itu lapis lima, tapi yang ditulis Cuma yang di depan karena tulisannya nanti jiplak ke belakang. Nah, setelah sekiranya selesai, pulanglah saya ke kosan. Pas nyampe kosan, leyeh leyeh karena dago panas banget, ngelietin booklet, ternyata ada satu yang kelupaan: LUPA TANDATANGAN!!! Padahal kalo engga tanda tangan, formulirnya jadi engga sah. Aarrggh akhirnya saya pun berangkat lagi ke OBKG buat tanda tangan :””. Dan mungkin karena itu masnya jadi apal sama saya karena pas saya mau ambil formulirnya satu bulan kemudian masnya masih ingat nama saya ._. oh iya btw saya ambilnya N4 bukan N5. Kata temen saya, sayang banget kalo Cuma ambil N5 apalagi dengan penantianmu yang seperti itu, haha. Oke. Akhirnya saya ambil N4 deh. Mulailah saya bergerilya belajar N4. Ngapalin kanji baru, kosakata, ganti wallpaper laptop pake kanji, lebih giat nonton drama*eh. tahun ini tesnya tanggal 7 desember. saya tes di Universitas Kristen Maranatha.
booklet, fomulir C, dan kartu ujian

tempat ujiannya. tahun kemarin biayanya85rb, tahun ini naik jadi 95rb

Ah tapi mungkin Allah punya rencana lain yang lebih indah. Semangat buat ikut tes N4 ternyata engga didukung oleh tubuh yang bagus. Saya sakit dari hari jumat. Demam, meriang, badan pegal-pegal, pusing banget, menggigil, akhirnya Cuma tiduran di kosan doang. beneran Cuma tiduran. Berdiri pun Cuma pas mau ke kamar mandi. Hari sabtu masih belum membaik juga. Tapi malamnya saya sudah enakan. Tapi paginya, tiba-tiba kumat lagi. Ah tidaaaak. Dan pas mau berdiri, malah limbung. Akhirnya saya relakan buat engga ikut tes tahun ini. Lagi. Sedih? Banget. Sakitnya itu engga Cuma disini, tapi dimana-mana. Aaarrrgghh udah nungguin dua tahun loh ini, tiba-tiba sakit di hari H nya. Kenapa harus hari iniiiii?? Yasudahlah, mungkin takdir saya itu ngabil tahun depan kali ya? Langsung N3 sih  bwahaha ngayal banget -_-. Tapi kalo N4 saya agak yakin lolos sih, N3 belum tau *yaiyalah belum nyentuh samasekali. Ehm oke, hikmah dari semua ini adalah, jaga kesehatan! Dan percayalah, Allah punya rencana lebih indah. Rencana apakah itu? ewewewww tunggu saja :””” saya juga belum tau. Berharap saja yang baik :”””3


Sekian curcol saya kali ini. Bye bye!

8 komentar:

  1. hei kak, udah mahir bahasa jepang ya kak?^^ pgn sharing nih:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. waah saya masih cupu bahasa jepangnya haha. baru mau ambil N4 itu pun engga jadi :"""

      boleeeh boleeh hoho.

      Hapus
  2. Sis, kalau mau beli buku buat bljr N4 atau N3 dimana y?? d gramedia ada ga y?? hehe..
    ありがとう,姉さん~!! :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo lagi beruntung, pasti ada hoho. kalau engga ada di gramed, bisa cari di togamas atau rumah buku atau toko buku lainnya :). kalo saya pakainya yang buku terbitan gakushodo yang nyusun tjhin thian shiang. enak pake itu soalnya latihannya banyak. tapi sekarang udah keluar edisi revisi (?) yang pas saya intip isinya, entah kenapa malah makin dikit latihannya (eh, atau sama aja? atau gimana?)

      Hapus
    2. Oohh i see. Mksihh bnyk y sis :D trus btw jd ambil JLPT ny sis?? Ud N brp th? Eke msh beginner nhh :')

      Hapus
    3. belum jadi ambil haha. mau ambil desember insyaa Allah N4 tapi kalo mood belajar ya langsung N3 :3 *plaak. soalnya agak sayang juga udah belajar (sok) serius hampir dua tahun buat nungguin JLPT dan cuma ambil N4 aja hiks. semangaat belajarnyaaa :D/

      Hapus
  3. Kak ada referensi buku buat belajar bahasa jepang tingkat pemula ga? Makasih hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa pakai buku terbitan gakushodo. coba yang level n5 dulu. kalau mau lebih basic bisa pakai buku minna no nihongo. biasanya kalau di tempat les jadi textbook wajib. (ada juga versi pdf 'gratisan' di internet :"""D)

      Hapus

mau bertukar pikiran?:D

アイサ の ノート © 2014