Minggu, 28 Desember 2014

Berburu Benang di Bandung

Minggu, 28 Desember 2014

Karena ada mega-proyek (halah), saya berencana beli benang yang cukup banyak. Nah,  denger-denger, kalau mau beli benang itu ya di jalan ABC biar murah. Hah? ABC? Yang mau ke mesjid? Kayaknya sih saya pernah lewat, tapi ga begitu ingat. Kemudian saya searching di Internet, nah ternyata nama tokonya toko Aneka benang. Di online shop nya matok harga yang murah, bahkan lebih murah dari tobucil dan crayon’s (ini pasti lah). Kemudian, saya pun memantapkan hati buat ke toko aneka. Sebelum itu, saya bikin list dulu apa yang mau di beli karena di sana seingat saya bukan ambil sendiri gitu tapi diambilin sama yang punya (dan ternyata benar). Oke, toko aneka benang ini pasti engga asing di telinga ibu-ibu yang menggeluti perbenangan (hlah). Di sini emang muraaaaah bageeeeeet harganyaaaaa (kalap). Yap, harganya cukup jauh di bawah harga tobucil, dan tentunya crayon’s.

toko benang aneka (sumber)


Letak  toko aneka benang ini di pertigaan jalan ABC dan jalan Banceuy. Kalau dari dago, naik angkot dago-stasiun turun di jalan Banceuy. Ntar di pertigaan kedua di sebelah utara jalan itu lokasi toko aneka benang (jl. ABC no.67). kalau bingung lewat jalan Banceuy, turun di pertigaan yang mau ke pasar baru, terus jalan di jalan otista, sampai nemu jalan ABC. Belok ke situ sampe mentok ke pertigaan. Tokonya ada di sebelah kiri.

Kalau mau beli benang katun lokal, katun sembur, wool, arclyc, dan nylon, saya sarankan beli di sini karena murah dan lumayan bagus kualitasnya. Untuk katun lokal aja, segulungnya Cuma 7500 :””””D di online shop 9000 padahal. Gimana engga kalap? Di sini juga alat buat ngerajut nya lengkap banget. Tapi sebaik-baiknya sesuatu, pasti ada kekurangannya (apasih ini -_-). Di sana Cuma jualan jenis benang yang saya sebutkan di atas. Kalau mau beli benang buat knit (benang yang besar), tobucil lah juaranya.

Tobucil terletak di jalan Aceh no.56.  Ditempuh naik angkot panghegar-dipatiukur. Letaknya agak nyempil gitu jadi yang baru pertama ke sana tanpa orang yang pernah, pasti agak kesusahan. Naik angkot panghegar-DU lewat perempatan BIP, terus, nah kalo udah belok (lewat POS Indonesia), siap-siap lah untuk turun. Lihat di sebelah kanan, ada stadion. Nah kalo stadionnya udah habis, di depan ada perempatan lampu merah, turun di situ. Di depan adalah jalan aceh. Belok ke kiri, dan menyebrang. Toko ada di sebelah selatan jalan. Sebuah ‘rumah’ yang super rindang dengan pagar. Masuk aja, tokonya nyempil di dalam sebelah kanan.
 
tobucil (sumber)
Kalo di tobucil, benang katun lokal harganya 10ribu. Walau lebih mahal dari toko ABC, saya ngerasain benangnya agak beda. Diameternya lebih gedhe yang di tobucil. Kalo benang ABC pake hook no.3, benang tobucil pake hook no.4. nah, kalau mau kerajinan knit, beli benangnya di sini murah-murah. Satu gulung sama, 10ribu. Sering juga ada benang diskonan. Segulungnya 5ribu doang, itu benang yang ditaruh di boks di bawah. Biasanya kalo ada yang lucu-lucu, saya bisa kalap haha. Di tobucil cukup lengkap isinya. Mulai dari katun lokal, katun sembur, katun bali, (kadang ada) arclyc, dan benang knit lokal beraneka rupa. Alat-alat di sini juga lengkap.

Nah, yang terakhir adalah toko crayon’s craft. Ini toko benang pertama yang saya tau. Ada di dua tempat, di Gramedia Merdeka dan Jalan Aceh no. 15. Saya engga pernah beli ke yang jalan Aceh hoho. Kalo di crayon merdeka, harga benang katunnya 17,9ribu :””D jauh banget ya? Tapi engga tau sih itu benang katun lokal apa impor. Tapi teksturnya mirip sama  benang tobucil. Di crayon’s Aceh ini selain jual benang juga jual kerajinan tangan lain. Sebenarnya kalau beli di crayon’s itu buat cari benang impor. Di sana lumayan lengkap dijualnya. Tapi untuk mahasiswa seperti saya, cukup dengan benang lokal saja :”””D
 
toko crayon's craft (sumber)

Itu sih tiga toko benang yang pernah saya datangi. Kalau yang lain, bisa ke Dunia Baru di Jalan Otista. Kalau ke jalan ABC kan dari pasar Baru belok kiri, nah kalo ke Dunia Baru, jalan terus. Tokonya ada di sebelah kiri jalan (liat di google maps nyahaha). Itu sih rekomendasi di blog yang saya baca dari hp myahaha. Hokeee selamat berburu benang, selamat berkaryaa ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

mau bertukar pikiran?:D

アイサ の ノート © 2014