Senin, 16 September 2013

(merasakan rasa) Percaya

Senin, 16 September 2013
Bayang-bayang. Aku tidak heran, banyak orang yang tertipu dan terpikat oleh hal ini. Dia bisa dilihat, tetapi tidak bisa disentuh ataupun dirasakan. Banyak orang terpikat oleh bayang-bayang, dimana dia hanya melihat indahnya, dan mengira bahwa apa yang ia lihat adalah hal yang sesungguhnya. Bayang-bayang seolah bersahabat dengan kita. Padahal bila saja kalian tahu, bayang-bayang bisa saja berupa fatamorgana.



Apa yang kau lihat itu tidaklah selalu benar. Memang benar, pertama melihatnya mungkin kau akan merasa bahwa ‘ini’lah yang terbaik. Tapi tahukah kalian? Derajat bayang-bayang itu sangat rendah. Dia tukang tipu. Tukang tipu yang tak akan bisa kau hapuskan. Berkali-kali kau mencoba membunuhnya, itu tidak akan berhasil. Bayang-bayang hanyalah benda mati, dan kau tidak bisa membunuh sesuatu yang memang tidak hidup.

Angin. Tak terlihat tetapi kau bisa merasakannya. Nyatanya, bila kau merasakan sesuatu, matamu pun tak akan mengganggu. Nyaman. Dan tak ada yang bisa merayumu lagi. Yang kau perlukan hanya satu: rasa percaya walau kau secara kasat mata tak dapat melihatnya.

Aku ingin kalian tidak mengenal apa itu bayang-bayang. Dari dulu, mungkin kalian hanya melihat wujud yang tidak sebenarnya. Kalian benar-benar telah tertipu. Aku hanya mengutarakan apa yang kuketahui. Berhati-hatilah dengan bayang-bayang. Mereka tidak akan berhenti mengganggumu bila kau sendiri tidak menyadari bahwa kau sedang tertipu. Aku ingin kalian mengenal angin. Kalian tahu, kan? Angin tak pernah berbohong. Saat dia benar-benar ada, dia akan memberimu sinyal agar kau tahu bahwa dia memang benar-benar ada. Kadang sinyalnya tidak terlalu besar, jadi kau bisa saja tak merasa.

Pilihlah sendiri bagaimana kalian merealisasikan rasa percaya. Angin, atau bayang-bayang? Apa kalian hanya akan melihat kebohongan demi kebohongan indah tetapi itu tak nyata, ataukah tanpa kata tetapi bisa terasa?


Rasa Percaya. Merasakan rasa percaya. Benar-benar hal yang abstrak. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

mau bertukar pikiran?:D

アイサ の ノート © 2014