Selasa, 08 Oktober 2013

Apa Sekarang Kau Merasa Bahagia?

Selasa, 08 Oktober 2013
Dalam sebuah diskusi kecil, aku dan tiga jiwa lainnya membahas tentang kebahagiaan. Sebuah kata bermakna yang menimbulkan banyak tanya.

“Hal apa yang bisa membuatmu bahagia?”

Dan satu pertanyaan sederhana itu sukses membuatku bungkam. Klasik, tapi selalu saja merasa kesulitan bila ada yang mempertanyakan hal ini. Setiap dari kami diharuskan menjawab apa hal yang bisa membuat kami bahagia.

Hal apa ya? Apa yang bisa membuatku bahagia?

Satu dari kami menjawab bahwa dia akan bahagia kalau lulus tepat waktu. Satu lainnya menjawab bahwa dia akan bahagia bila dapat membahagiakan orang tuanya. Aku sendiri menjawab akan bahagia bila menjadi editor yang hebat.

Dari ketiga jawaban itu muncul berbagai renungan. Disebutkan bahwa kebahagiaan yang sejati itu adalah kebahagiaan yang tidak akan pernah pudar seiring berkembangnya zaman. Dan katanya juga, bahagia itu seperti jatuh cinta. Ketika kau berbahagia dengan sesuatu, maka sesuatu itu memperlakukan apapun yang buruk kepadamu, kau akan tetap bahagia.

Menekuni profesi yang diinginkan juga bisa termasuk bahagia. Bahagia walau selalu dikejar deadline, bahagia walau masih sering dimarahi dan disuruh ini itu, bahagia karena kita melakukan hal yang dicintai.

Tapi disini, aku sendiri tidak sepenuhnya ingin menjadi editor.

Membohongi diri sendiri untuk mendapat makna bahagia.

Hey, kenapa hal ini menjadi agak kompleks? Bukankah bahagia itu sederhana? Ya. Aku menganggapnya sebagai hal yang sederhana. Saking sederhananya sampai-sampai tidak bisa mendeskripsikan hal tersebut. Bahagia adalah bahagia, tidak ada kata atau kalimat lain yang tepat menjelaskannya.

Dan hey, lalu apakah yang bisa membuatmu bahagia?

Apa, ya? Oh ya, mungkin hal yang bisa membuatku bahagia adalah menemukan hal yang bisa membuatku bahagia :)

2 komentar:

  1. suka kalimat terakhirnya: bahagia adalah menemukan hal yang bisa membuat bahagia, sepertinya memang begitu :) hehe Selamat pagi ^^

    BalasHapus
  2. selamat malam :D
    ahaha :D bahagia memang susah untuk diungkapkan (eh apa iya? :D)

    BalasHapus

mau bertukar pikiran?:D

アイサ の ノート © 2014