Minggu, 29 Januari 2012

SNMPTN 2012: Pasti bisa kok :)

Minggu, 29 Januari 2012
jleb jleb jlebbbb gambarnya jleb jleb jleb pas iseng ngelihat snmptn.ac.id

ngelihat pendaftarnya ngeri juga yaaakkkk dibanding SNMPTN 2010 yang seingat saya FTSL peminatnya 'cuma' 1900-an dan yang diterima 120. iya sih lebih sedikit pendaftarnya memang pas tahun saya (2010), kan masih ada USM-USM. eh, sebenarnya lebih jleb jleb jleb lagi ngelihat pendaftar di UGM, yang kedokteran umum yang daftar 6000-an... dan UGM menempati urutan pertama sebagai universitas dengan pendaftar terbanyak tahun 2011 loo... ini daftar 10 perguruan tinggi yang paling diminati (2011): 
Tapi ini yang SNMPTN undangan yaakk (dan itb ngga masuk daftar :x)
1. Universitas Gadjah Mada, 34.922 pendaftar
2. Universitas Indonesia, 32.363 pendaftar
3. Universitas Padjadjaran, 27.292 pendaftar
4. Universitas Diponegoro, 23.010 pendaftar
5. Universitas Brawijaya, 21.560 pendaftar
6. Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, 19.258 pendaftar
7. Universitas Negeri Yogyakarta, 19.254 pendaftar
8. Institut Pertanian Bogot, 17.203 pendaftar
9. Universitas Negeri Surabaya, 16.655 pendaftar
10. Univesitas Negeri Semarang,16.258 pendaftar

nahaaaa katanya (dan kayaknya) pertempuran SNMPTN 2012 kali ini bisa aja lebih kejam deh. baca ini dan resapi. 

Tapi, tapi, tapi, kakakaaaaakkk saya mau lolos SNMPTN 2012 T-T

tenaaaaannggggggggg pasti ada jalan kok :D 

ini kata-kata favorit kakak saya: kalo mau sukses ya harus pake DUIT, Doa, Usaha, Iman, dan Taqwa.
Terkadang kakak saya yang alay itu #eh keren juga :D

oke, mau berbagi pengalaman?

yasudah deh saya mau berbagi pengalaman, walau waktu saya bisa dibilang lebih gampang daripada tahun sekarang. ehm, mulai dengerin yaakk

Tips buat lolos SNMPTN ya penjabaran dari duit itu sendiri. ini sedkit tips…


Sebelum SNMPTN:
♥ belajar, belajar, dan belajar
Pokoknya harus belajar. Lebih tekankan sama latihan soal saja, karena kalo baca materi, beeeuuuhhhh banyak banget. atur waktu belajarnya, jangan semalem ato dua malem aja buat mahamin materi. (trik khusus: buat TPA (Tes Potensi Akademik), JANGAN BELAJAR INI dalam rentang seminggu sebelum tes dimulai. Kalo saya menganggap si TPA ini sebagai kesenangan. jadi misalnya kebanyakan latihan ini di hari-hari dekat SNMPTN, malah jadi bosen dan ga mood pas ngerjain :D)
♥ pilih jurusan yang tepat
Nah, ini nih harus selektif  hoho. bisa dilihat di snmptn.ac.id berapa peminat, terus kuota tahun sebelumnya, dan lihat juga passin grade per prodi universitas (ini bisa dilihat di masing-masing lembaga les). misalnya kalau latihan soal (bisa didonload di situs latihan SNMPTN misalnya di sebarin bank soal) dan jangan lupa menitin waktunya. dan oh iya, pass in grade (PIG) tiap tahun itu perkiraan untuk masuk ke sebuah universitas itu dengan memperhitungkan jumlah soal yang dijawab#begitulah~. nah, si PIG tiap tahun kemungkinan besar naik dan turun. tambahin kurangin 5% PIGnya buat perkiraan rentang PIG itu untuk latihan :) #eh salah sub, biarin, hehe
♥ doa, doa, dan doa
Kalo masi bingung nentuin jurusan, ato merasa ga sanggup, pake cara ini. Doaaa dan minta petunjuk kepadaNya. Jangan sampai salah milih jurusan yaa... ini cara yang dipakai kalau sudah pasrah dengan usaha maksimal.

Saat SNMPTN
♥ doa
♥ jangan ragu
♥ nyantai ajaaa tapi tetap seriuus

Selesai mengerjakan SNMPTN
♥ tentunya berdoa dan berpasrah kepadaNya, pokoknya kita sudah berusaha, tinggal Dia yang menentukan, yakan? :D

Okeeeee segitu aja tips dan cerita dari saya. Tetap sehat, tetap semangat supaya bisa lolos SNMPTN dan tersenyum bersama, apalagi yang keterima di ITB #eaaahhh.. haha :D

1 komentar:

  1. itu gambarnya kalau ga jelas *emang ga jelas sih:|* bisa diklik kanan, terus buka di tab baru #haha, mungkin uda pada ngerti ya, maaf :)

    BalasHapus

mau bertukar pikiran?:D

アイサ の ノート © 2014