Pages

Sabtu, 02 Mei 2015

(Bisa dibilang) Rekomendasi Film Jepang dengan Cerita Ringan

Sabtu, 02 Mei 2015
Karena sudah lama ‘pensiun’ dari nonton dorama, saya mulai berburu film jepang. Tapi karena lagi enggak pengen mikir, jadinya nyari film-film yang ceritanya ringan. Kebanyakan sih tema school life. Yasudah lah ya, sekalian mengenang masa muda *halah*. Berikut yang akhir-akhir ini saya tonton. Bisa dibilang rekomendasi dari saya, bisa juga dibilang bukan rekomendasi. Mungkin bisa disebut review kali ya? Etapi saya enggak bisa ngereview dengan bagus juga hiks :”””/. Yaudah deh saya tulis seadanya, sepotong kisah *halah* maaf berantakan :””|. Btw, semua film dibawah ini bisa dilihat/download di filmbagus21.com jadi... jangan tanya lagi link downloadnya :””)
*judul diurutkan lewat abjad. Sebagian besar film 2012 keatas

1. Close Range Love
Jadi, ini ceritanya tentang murid yang suka dengan gurunya ,_, tapi gurunya masih mudaaa. Dan yang main si Yamapi. Karena udah lama engga lihat dorama yang ada Yamapi nya, saya pun memutuskan untuk lihat yang satu ini. 
sumber gambar: asianwiki.com
Cerita berawal dari Kururgi Yuni, murid perempuan ranking satu yang memiliki cita-cita kuliah di California. Tapi walaupun ranking satu, nilai bahasa inggris dia jelek banget. Akhirnya, dia diberi tambahan pelajaran oleh guru bahasa inggris, Sakurai Haruka (Yamapi). Iya, namanya cewek banget ya, gurunya -_-. Sakurai sensei ini populer banget di kalangan murid. Nah, awalnya si Kururugi ini engga suka dengan Sakurai-sensei, tapi lama kelamaan jadi suka. Begitulah, ada rintangan menghadang karena kan anggapannya tabu ada murid sama guru yang saling suka ._. ngeliat ini juga agak gimana gitu sih haha. Tapi overall lumayan menghibur lah.

Trivia: Ada drama jepang yang ceritanya murid sama guru perempuan saling suka. Judulnya forbidden love. Tapi.... ceritanya kalo saya nganggep sih terlalu dewasa ,_,

2. Densha Otoko
Udah nonton versi drama nya, jadi pengen nonton versi film nya. Yang main beda. Peran utamanya itu Yamada Takayuki, yang jadi cameo di versi drama nya. Owalah makannya dia jadi cameo di episode 1, orang di versi film dia tokoh utama -__-. Ini kayaknya hampir setiap orang yang suka film jepang tau judul ini. 
sumber gambar: asianwiki.com
Baiklah, ceritanya adalah tentang seorang otaku yang ‘menyelamatkan’ seorang perempuan di dalam kereta saat diganggu oleh pegawai kantoran yang mabuk. Nah, setelah itu, dia dapet paket tanda terimakasih dari si perempuan itu. Karena engga tau harus gimana, dia akhirnya buka forum (sejenis SFTH kaskus kali ya :hammer) terus bikin thread judulnya densha otoko. Nah, dari forum itu dia dapet advice dari para member tentang langkah kedepannya harus gimana.

Trivia: dari versi drama, agak beda walau engga beda-beda banget. Kalo di drama, alurnya jadi laaaammmmbaaaattt banget. Diceritakan juga si perempuan punya cowok. Kalo di film enggak. Terus, di drama si mas otaku ini punya temen sejenis. Kalo di film, dia enggak punya.

3. Enoshima prism
Eto... ceritanya adalah... tentang tiga orang sahabat, dua cowok, satu cewek. Satu diantara mereka, Saku, meninggal karena jantungnya lemah. Di hari peringatan kematian Saku yang ke dua, Shota pergi ke rumah Saku dan menemukan jam tangan yang ternyata itu... time machine. Iyak. Film ini tentang perjalanan waktu. Shota bisa kembali di hari sebelum Saku meninggal. Nah, si Shota ini kepikiran buat merubah masa lalu, mencegah kematian Saku yang meninggal karena kelelahan berlari. Begitulah. Tapi kalau merubah masa lalu, bagaimana dengan masa depan? gitu deh :p ceritanya emang sebatas itu aja. Makanya walau temanya perjalanan waktu, ini film enggak berat. Tapi... menurut saya... agak enggak bisa diterima akal endingnya ,_, yah namanya juga sains fiksi ,_,
 
sumber gambar: asianwiki.com
Trivia: ada dua film tentang time travel yang sudah saya tonton: summer time machine blues, dan toki wo kakeru shojo (a girl who leapt through the time). Dua dua nya baguus. Kalau STMB, itu kembali ke masa lalu Cuma buat.... cari remot AC -__-. Kalo yang TWKS, ceritanya baguus. Film ini yang paling berbobot dibanding dua diantaranya hoho.

4. I Have to Buy New Shoes
Saya memutuskan untuk menonton film ini karena dua alasan: sutradaranya Shunji Iwai, dan pemeran utamanya Mukai Osamu haha :p. Ceritanya adalah tentang Sen (Mukai Osamu) yang pergi ke Paris bareng dengan adiknya, Suzume, tapi malah ditinggal pergi adiknya. Sialnya, ia lupa nama hotel yang sudah dipesan karena namanya kepanjangan. Tapi beruntung, dia bertemu dengan orang jepang yang tinggal dan bekerja di sana, namanya Aoi. Aoi enggak sengaja menginjak paspor Sen yang terjatuh. Paspornya sobek, dan hak sepatu Aoi patah. Dari situ, mereka jadi mulai kontak-kontak satu sama lain. Sen kemudian check in ke hotel nya, lalu pergi makan bareng Aoi. Nah, Aoi mabuk dan Sen lupa lagi sama nama hotelnya -__- akhirnya mau gak mau jadi nginep di apartemen Aoi. Ceritanya sederhana sih, tapi bagus. Sasuga Shunji Iwai-san :”)
 
sumber gambar: asianwiki.com
Trivia: ada tiga film Shunji Iwai yang sudah saya tonton. Film ini, hana to arisu, dan all about lily chou chou. No comment buat dua film itu. Saya sukaa bangeet. Walaupun saya selalu agak keganggu dengan style kamera engga stabil nya itu. Tapi film yang dibuat makna nya bagus-bagus. *nb: ternyata rainbow song juga garapan bung yang satu ini ,_,

5. L-dk
Kalau yang doyan sama shojou manga, bisa deh lihat ini :””D. Yak seperti cerita cerita manga yang lain, yaitu kalo enggak tentang cowok populer ya tentang cowok culun. Kalo yang ini tentang yang populer dan ganteng *uhuk *oke. Jadi ceritanya Aoi (lagi ,__,) punya teman namanya Moe. Nah, Moe ini suka dengan Shuusei yang notabene cowok populer. Nah, karena Moe ditolak dengan oleh si Shuusei ini (ngatain Moe), Aoi engga terima. Akhirnya disamperin lah si Shuusei ini di depan tangga. Karena suatu hal, Aoi refleks mendorong Shuuei dan kemudian jadi jatuh. Aoi harus mengantar Shuusei pulang ke rumahnya, dengan menggendongnya -_-. Dan ternyata... Shuusei itu tinggal sebelahan dengan Aoi di flat yang sama. Shuusei baru pindah seminggu. Cerita berlanjut lagi, karena kesalahan Aoi, flat Shuusei jadi engga bisa ditinggali. Alhasil, shuusei pindah ke flat Aoi selama satu bulan sampai flat Shuusei selesai diperbaiki. Endingnya bisa banget ditebak. Iya. Begitu. Yak tepat yang dipikiran kalian.
 
sumber gambar: asianwiki.com
Trivia: cerita sejenis bisa ditemui di Kyou Koi wa Hajimemashou, Koukou Debut, juga Sukitte Ii na You. Sama-sama cowok populer, dengan cewek yang enggak populer ,_, tapi ya masih tetep lumayan ditonton buat hiburan. Nah tapi kekurangan L-dk ini kurang suka yang jadi Aoi nya, kurang cocok entah kenapa gesturnya kaku ._.

6. Silver spoon
Film ini adaptasi dari manga dengan nama yang sama. Latar film ini adalah di Hokkaido. Ceritanya adalah tentang seorang murid laki-laki bernama Hachiken yang masuk ke sekolah asrama karena gak suka tinggal dengan orang tuanya. Tapi... sekolah yang dipilih ini bukan sekolah biasa, tapi sekolah perternakan dan pertanian gitu ,_, sebagian besar siswanya adalah anak dari petani dan peternak sapi, babi, atau kuda. 
sumber gambar: asianwiki.com
Sebenarnya ceritanya Cuma seputar kehidupan di asrama dan keseharian murid-murid sekolah itu sih. Mulai giliran membersihkan kandang, sampai kegiatan klub yang diikuti. Walau datar-datar aja, tapi film ini baguuus. Dari film ini bisa belajar banyak tentang kehidupan peternak, dari kegiatan yang mereka lakukan, sampai dengan resiko yang harus dihadapi. Film ini rekomended (y)

Trivia: enggak ada trivia */plaak. Haha, sebetulnya saya nonton ini jadi ingat drama jepang yang sudah lama saya tonton, judulnya moyashimon. Jadi, ceritanya tentang mahasiswa yang kuliah di jurusan pertanian gitu. Dan dia bisa ngeliat mikroba ._. udah. Haha.

7. The Liar and His Lover
Yak, munngkin ini bisa masuk ke kategori film jepang dengan tema musik. Pertama Cuma iseng nonton ini, eh ternyata pemain utamanya si mas sato takeru -_-. Mas Sato di sini berperan sebagai Aki, seorang pencipta lagu dan basis dari band Crude Play tapi menolak untuk debut karena suatu hal. Jadinya, dia engga masuk ke Band tapi jadi pencipta lagu nya. Wujud Aki ini belum diketahui publik. 
sumber gambar: asianwiki.com
Dan suatu hari, saat Aki bergumam menyanyi di pinggir sungai, ada seorang perempuan, Riko, yang melihatnya dan terpaku oleh sajak yang digumamkan Aki. Nah, kemudian mereka berdua berkenalan. Aki enggak mengatakan bahwa dia adalah Aki. Dia memperkenalkan diri dengan nama yang lain, dan juga sebagai pengangguran. Dari situ, cerita dimulai deh. Btw, cerita nya bagus yang ini (y) dan ostnya~~~ sukaaa bagus baguuus hoho.

Trivia: engga ada trivia juga haha. Oh iya, kalo mau tau list movie jepang tema musik, bisa diklik link ini. itu list rekomendasi saya hoho.


Yak, udah ya. Review nya segitu aja. Saya bahkan sudah asal-asalan menulis review yang asal-asalan ini. haaaaaa~~~~ *tariknapas* yaudah deh, saya ucapkan selamat menonton aja ya hoho. Bai bai :* 

*aaaak ini hari minus berapa cobaaaaaaa* *abaikan* 

6 komentar:

  1. waaa jadi pingin nontooon dorama lagiii
    ini caari filmnya btw dimanaaa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. di filmbagus21.com hoho. tapi pakai keyword di google aja biar lebih gampang, tapi dicantumin nama situsnya. kalau buka langsung, iklannya agak mengganggu ehehe :"D

      Hapus
  2. waah selere drama kita samaa 😆 ada recommend lain ga? yg ini udah nonton semua hihi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wahaha, okeee nanti ditambahin yak. makasih kunjungannya :D

      Hapus
  3. eem, ni ada beberapa rekomendasi film roman jepang yg lain (barang kali ada yg belum ditonton)

    - love letter 1995
    - taiyou no uta 2006
    - thermae romae 2012
    - hidamari no kanojo 2013
    - i give my first love to you 2009
    - kimi ni todoke/ from me to you 2010
    - koizora 2007
    ..

    BalasHapus
  4. kimi ni todoke rekomended deh, yg main haruma miura "eren"
    terus ada Sky of love/KOizora yg main juga haru-chan
    Blue Spring Ride juga keren, cowonya Masahito Hagaside
    terus ada Heavenly forest, sedih banget yg ini ..
    heheheee

    BalasHapus

mau bertukar pikiran?:D

アイサ の ノート © 2014