Senin, 26 Januari 2015

Cemilan Aci-Aci an dari Bandung (Cilok, Cilor, Cireng, Cimol, beserta resep)

Senin, 26 Januari 2015


Yap, kayaknya hampir ga ada orang bandung yang belum pernah makan jajanan dari bahan aci deh. Aci, atau tepung kanji, banyak digunakan masyarakat bandung untuk membuat jajanan ‘anak sekolah’, yang cara bikinnya mudah, tapi tetap menggoyang lidah. *halah -_-

Yap, saya bisa dibilang dulu pecinta cireng (aci goreng) garis keras. Hampir tiap hari pasti beli cireng entah dua atau tiga biji hoho. Selain murah, rasanya juga enak. Makanya cireng yang dijual ibu-ibu di salman selalu jadi primadona. Etapi, saya ga pernah penasaran gimana cara bikin cireng itu sendiri. Dan saya juga ga tau, ternyata ada jajanan lain turunan dari cireng, yang dibuat dengan bahan yang sama, tapi tampilan yang berbeda.

Okeeh, di post ini ceritanya sih mau share cara bikin cireng, resep lihat dari DAAI TV di youtube, dan juga resep buatan kakak sepupu saya sendiri. Tapi tapi tapi ternyata resepnya bisa dipake untuk bikin jajanan aci-acian yang lain. Hah apa saja kah itu? Hoho. Maka dari itu saya mau ngasih list jajanan yang pake aci, yang udah saya cicipin. Dan di akhir post, saya bagi resepnya :)

1. Cireng
bikinan sendiri, bentuk ga karuan biarkan. yang penting enak :9

Cireng, singkatan dari aci di goreng. Buatnya mudah. Ada cireng murni yang ga pake isi, ada juga yang pake isi. Katanya, yang original itu cireng isi sambel kacang. Tapi seiring berkembangnya zaman, sekarang ada cireng isi keju, ayam, baso, dan cinta sosis. Cara membuat cireng adalah memipihkan adonan kulit, lalu diisi dengan isian yang disukai, lalu dilipat kemudian digoreng.

2. Cimol
cimol dengan bumbu tabur :9 sumber gambar

Kalo ga salah, singkatannya itu aci di emol (?) pokoknya tinggal leb. Nah, untuk aci yang satu ini cara buatnya adalah bahan aci (kulit cireng, resep dibawah) dibentuk bulat-bulat tanpa isi kemudian di goreng sampe terlihat krispi. Oh iya, untuk cimol ini, adonan ditambah dengan baking powder 1sdt biar mengembang dan kalau digoreng tengahnya bisa 'kopong'. Biasanya disajikan dengan bumbu tabur rasa keju dan balado.

3. Cilok
cilok nyaammm :9. udah pernah bikin, tapi gambar di memori engga ada :( sumber gambar

Cilok, singatan dari aci di colok (ragu lagi singkatannya) karena cara makannya harus dicolok pake lidi. Nah, kalo cilok ini dibuatnya sama kayak cimol, yaitu adonan aci dibulat-bulatin. Bedanya, cilok ada yang pake isi dan ada yang engga. Isi cilok bervariasi mulai dari gajih sampe keju. Selain itu, cilok itu di kukus atau di rebus, bukan digoreng. tapi ada varian cilok yang digoreng. satu tusuk ada tiga bulatan. Bedanya sama cimol, kalo cimol tengahnya agak kosong, kalo cilok di tengahnya berisi. cilok ini biasanya disajikan dengan sambal kacang.

kalau lihat resep dibawah, adonan cilok adalah adonan kulitnya, ditambah dengan garam secukupnya karena nantinya direbus, rasa asinnya bisa berkurang. 

4. Cilor
mang-mang cilor, belum pernah bikin yang ini. sumber gambar

Cilor itu singkatan dari aci telor (lagi-lagi ragu singkatannya). Nah, cilor ini cara buatnya adalah aci dibuletin kecil-kecil kemudian dikukus, lalu digoreng (kalau yang dijual mang-mang gerobak, acinya ditusukin ke bambu gitu). tapi sebelum digoreng, dicelupkan dulu ke telor kocok. jangan lupa, di telur nya diberi garam sedikit dan merica bila suka. Ini panganan favorit saya menggantikan mother of aci: cireng myohoho

terahir, saya post video tutorial bikin cireng (yang bisa juga dimodif jadi panganan diatas, tinggal cara masak dan bentuknya aja yang beda) dari DAAI TV


Dan ini adalah resep yang kakak saya bikin. Agak beda yang di tutorial youtube. Ngeganti air pake santen, yang ternyata bikin lebih enak :9. selamat mencobaa :D

RESEP CIRENG ISI SOSIS PEDUAS :3
Bahan:
Adonan Kulit
- 500 gm tepung kanji
- 150 gm tepung terigu
- 200 ml santan cair
- 1 saset penyedap rasa (royco, masako, kaldu block, dll)
- Daun bawang sesuai selera, potong kecil-kecil (tidak juga tidak apa apa xD)
- siung bawang putih, potong kecil-kecil
- Merica/lada hitam bubuk secukupnya
Isian
- 4 batang sosis potong kecil-kecil
- 1 siung bawang Bombay potong tipis-tipis
- 2 siung bawang putih potong halus
- 4 buah cabai rawit (sesuai selera)
- 4 sdm saus sambal, larutkan kedalam air (8 sdm)
- 1 sdt garam
- 1 sdt gula pasir
- Minyak untuk menumis

Cara Membuat Cireng Sosis Peduas
- Campur semua bahan kulit kecuali santan, setelah dicampur rata bagi menjadi 2 bagian kedalam wadah yang berbeda pula. Adoan 1 untuk adonan kering dan yang satunya lagi untuk adonan biang (adonan basah ala cireng).
- Panaskan santan hingga mendidih, setelah mendidih masukan adonan biang. Aduk hingga mengental (adonan biang sudah jadi).
- Masukan adonan biang ke dalam adonan kering, uleni sampai kalis, diamkan.
- Tumis bawang Bombay, bawang putih dan cabai rawit hingga wangi. Masukan sosis, tumis hingga berubah warna.
- Masukan saus sambal, garam, gula, masak sampai airnya habis. Tiriskan.
- Bentuk adonan cireng menjadi bulatan-bulatan kecil samapai habis. Pipihkan, isi dengan sosis pedas yg telah dibuat. Bentuk sesuai selera.
- Goreng, hingga coklat ke emasa

TIPS:
- Jika malas memeras kelapa parut, tersedia santan kental/bubuk instan tinggal dicampur air dan dididihkan.
- Isi bisa diganti sesuai selera, resep ini hanya untuk menjadi patokan saja.
- Semua takaran menggunakan Gelas takar bukan timbangan makanan.
- Goreng cireng dengan menggunakan api kecil, agar saat digoreng tidak meletus-letus.

original recipe from Shofiyatu al Mukarromah

8 komentar:

  1. Aww, nice info sist. Makasih lho, ane juga baru banget tau cara bikinnya nih. ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama ^^ terimakasih sudah berkunjung hoho

      Hapus
  2. cireng sama cilok udah, cimol yang belom pernah bikin nih
    tfs yaa..

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama, terimakasih kembali sudah mampir :)

      Hapus
  3. waah,, trims bngt ya boleh dicoba nih cireng isi sosis nya,,



    http://bungaasi.com/botol-susu-tommee-tippee/

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama, terimakasih kembali hoho :D

      Hapus
  4. waah,, trims bngt ya boleh dicoba nih cireng isi sosis nya,,

    BalasHapus
  5. Tinggl cilor yang belum nyoba nih kayanya ok tuh thanx

    BalasHapus

mau bertukar pikiran?:D

アイサ の ノート © 2014