Jumat, 04 Juli 2014

Ramadhan yang Selalu Istimewa

Jumat, 04 Juli 2014
Dari dulu hingga sekarang, Ramadhan selalu istimewa. Yah walau ada perbedaan makna sedikit sih dari istimewa nya Ramadhan yang dulu dan sekarang. Mungkin ini juga dialami oleh masing-masing dari kalian. Istimewanya Ramadhan berubah seiring berkembangnya pikiran.

Dulu waktu saya kecil, Ramadhan itu istimewa. Kenapa istimewa? Karena yaaa malamnya ada sholat tarawih. Di sholat itu, kita bisa mengobrol dengan tetangga sebaya yang kalau hari biasa pun jarang bertemu. Maklum, saya dulu sekolah SD libur hari Jumat. Jadi ketika Sabtu malam pada keluar main, saya di rumah belajar. Jadi momen tarawih mala mini super sekali. Masa bodoh dengan khotbah, yang penting ketemu ngobrol gossip mehehe #plaak. kalo ga ngobrol ya ketiduran *eh. Selain itu, setelah tarawih selesai ada yang namanya pembagian ‘jaburan’ yaitu makanan kecil khusus anak-anak yang ikut tarawih. Kata ibuk, jaburan itu punya tujuan buat narik anak-anak buat tarawih di masjiid. Yah tujan utama buat tarawih emang pertaama-tama buat cari jaburan sih, tapi selanjunya diharapkan pergi tarawih dengan tujuan yang benar. Haha, dan sekarang saya tau rasanya gimana orang dewasa terganggu sama anak-anak yang rame saat tarawih di shaf paling belakang. Aaah ane dulu juga kayak mereka :”””D. cepat tumbuh lah nak, dan temukan istimewanya Ramadhan selain itu.
sumber : nyunyu.com
Masih mengingat masa kecil. Saya dulu baru puasa full kelas 4 SD kalo gasalah. Nah, itu karena di iming-imingi uang dari ibuk limapuluh ribu kalo bisa puasa full sebulan. Dulu uang THR saya dari ibuk 20ribu, terus naik jadi 50ribu kalo bisa puasa full ahaha. Jadilah itu dikuatin puasa. Dulu pernah pas kelas tiga diajak makan di kamar mandi sama teman sekelas karena temen saya laper. Ini keingat sampe sekarang. Dan itu saya ga bilang sama ibuk ahaha :”””D. yap, Ramadhan istimewa karena pas selesai akan ada lebaran, dan di lebaran itu kita akan panen uang ahahahahahaha *smirk* *sekarang juga masih ngeharapin itu*
Dan bagaimana sekarang??
Beda beda dikit lah. Momen bulan Ramadhan ini pasti ada aja kegiatan buka bersama. Nah, di sini jadi ketem sama temen teman lama. Undangan buber dari alumni SD, alumni SMP, alumni SMA, temen sejurusan, temen alumni SMA yang kuliah di univ yang sama, dan lain lain. Di sini bisa ngobrol-ngobrol lagi, ketemu dengan yang udah lama ga ketemu, kangen-kangenan*eh. Ya seperti itulah. Secara ga langsung, Ramadhan jadi bulan yang penuh kehangatan, yang membantu merekatkan kembali ikatan silaturahmi eaaaa.
Saya juga sudah sadar, kita harus diem kalau tarawih hahaha. Banyak ilmu didapat, walau ceramah di rumah tiap tahun pasti isinya sama -___-. Ketemu dengan tetangga karena kan saya ga pulang lama hehehe. Begitulah.
Kalau di kampus sendiri, Ramadhan menjadi bulan yang dinanti pake banget. Di Masjid Salman ada buka gratis tiap hari *loh* dan saya ga ketinggalan *loh*. Tarawih juga enak banget. Termotivasi oleh teman teman yang ngejar target, misalnya ramadhan ini mau nambah berapa hafalannya, mau hattam berapa kali, dan seperti itu. kenapa ngejar target? yaa karena di bulan ini amalan akan dilipat gandakan, jadi rugi kalo ga ngamal banyak banyak di bulan ini. Dari kampus ini saya jadi makinsemangat pas Ramadhan .pertamakali nya saya punya target Ramadhan juga pas masuk kampus. Dan saya jadi ngerti, bahwa Ramadhan itu memang benar-benar istimewa, istimewa dihati cieeeeehh.

Ah  semoga tahun depan, tahun depannya lagi, depan depan nya lagi, saya masih bisa bertemu dengan Ramadhan yang super kece ini. Insyaa Allah. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

mau bertukar pikiran?:D

アイサ の ノート © 2014