Pages

Sabtu, 12 Februari 2011

Donor Darah, Kenapa enggak?

Sabtu, 12 Februari 2011
 Hoi hoi oi... ada yang uda pernah donor darah beluuum???

Mau pamer, kemarin, 11 Februari 2011, saya melakukan donor darah di masjid Salman tercinta, hehe. ini sebenarnya kali kedua saya daptar jadi peserta donor darah, pas pertama dulu itu, saya ditolak karena  Hb saya kurang dikit, T.T. dulu itu kadarnya 11,8 padahal target minimal 12, hehe. 

kenapa kepikiran donor? 

dulu sih karna diajak sama si Cholid en Dafi, terus ternyata saya gagal di tahap Hb, Cholid gagal di tahap penimbangan hahaha, si Dafi gagal di tahap terakhir, karena ternyata dia belum bleh donor lagi. 
sekarang pengen donor karena hati saya tergerak, ceileeeh...

eh, donor darah ada manfaatnya loo, ini dia...(tk fr:http://www.mig33indo.com/thread-5792.html)

1. Mengetahui Golongan Darah Tanpa di Pungut Biaya (udah tau sih saya AB rhesus +)
2.Secara teratur memeriksakan kesehatan (tiap kali menjadi donor/tiap 3 bulan sekali) meliputi : tekanan darah, nadi, suhu, tinggi badan, berat badan, hemoglobine, penyakit dalam, penyakit hepatitis A dan C, Penyakit HIV/AIDS
3. Mengurangi kelebihan zat besi dalam tubuh
4. Pendonor yang secara teratur mendonorkan darah (setiap 3 Bulan) akan menurunkan Resiko Terkena penyakit Jantung terutama pada laki-laki sebesar 30% (British Journal Heart) seperti serangan jantung koroner dan stroke karena memungkinkan terjadinya pergantian sel darah baru. Badan merasa sehat.
5. Nafsu makan bertambah Happy bisa jadi gemuk (jahaaat aku tidak berharap T.T)
6. Menanamkan jiwa sosial

Manfaat bagi penerima darah :
1. Sekali menjadi Donor dapat menolong/menyelamatkan 3 orang pasien yang berbeda.
2. Menyelamatkan jiwa seseorang secara langsung

hehehe.
pas duduk jadi donor, krik krik krik... lihat jarumnya.. krik krik krik... diameternya sekitar 2 milimeter.. krik krik krik... Sempet takut juga, terus gara gara ibunya pas mau nusukin jarum bilang bismillah, saya jadi tenang, fuhh...

horrayyyy donor pertama saya berhasil! >_<

oiya, ini syarat donor niyyy
1. Sehat hari ini
2. Tidak sedang berpuasa atao menstruasi
3. Hb minimal 12
4. Berat minimal 48 kg
5. Usia dari 17-60 tahun
6. Tidur minimal 5 jam, tidak begadang
7. Sudah makan (hehehe)
8. Minimal rentang waktu donor terakhir adalah 3 bulan


ayo ayo ayo... jadi pendonooor!! ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

mau bertukar pikiran?:D

アイサ の ノート © 2014